Menu

19 Agu 2017, 16:08 WIB

Peserta BPJS Kesehatan di Sukabumi Capai 80 Persen Lebih

Kantor Cabang BPJS Kesehatan Jalan Cikole, Kota Sukabumi. | Sumber Foto:Annisa Rahmatillah

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan salah satu penyelenggara penjamin kesehatan bagi masyarakat. Di Kota Sukabumi sendiri, Kantor Cabang BPJS Kesehatan berada di Jalan Cikole.

Menurut staf administrasi, Edwin Livega, dari  2016 sampai sekarang kenaikan persentase pengguna BPJS 15 persen sampai 20 persen. ”Untuk keseluruhan pengguna BPJS di Sukabumi, sudah lebih 80 persen,” jelasnya kepada sukabumiupdate.com, saat ditemui di sela-sela kesibukannya baru-baru ini.

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi dan BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama

Edwin menjelaskan untuk sistem penggunaan BPJS Kesehatan menggunakan alur berjenjang. “Artinya ketika peserta yang mempunyai kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ingin berobat, harus ke fase tingkat I seperti Puskesmas. Kecuali di keadaan darurat baru bisa langsung ke Rumah Sakit. Alhamdulillah, hampir semua di Sukabumi, sudah bekerjasama dengan BPJS,” terangnya.

“Keunggulan BPJS itu sendiri adalah iurannya yang murah, kemudian untuk seluruh penyakit ditanggung oleh kita, asalkan sesuai dengan indikasi dan prosedur, dan juga tidak ada pembedaan iuran dari segi umur,” sambungnya.

BACA JUGA: Fantastis, Ini Jumlah Uang yang Disetor BPJS Sukabumi ke Rumah Sakit Setiap Bulan

Untuk layanan komplain, kata dirinya, ada call centre di 1500 400, peserta bisa melakukan pengaduan. ”Seperti kita ingin mengetahui info-info kepesertaan, atau komplain masalah yang lain,” sebutnya.

Untuk peserta mandiri ibu yang sedang mengandung, terangnya, wajib mendaftarkan bayi yang ada di dalam kandungan. ”Karena ditakutkan si bayi harus mendapatkan pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

Reporter : ANNISA RAHMATILLAH
Redaktur : RUDI RUSMANA
Sumber : Annisa Rahmatillah
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PAN, Heri Antoni melangsungkan Reses III tahun 2020 di tiga lokasi berbeda, di Daerah Pemilihan (Dapil IV). Lokasi pertama di Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com - Mandalika Racing Team Indonesia yang disiapkan untuk mewakili Tanah Air di ajang Moto2 tahun depan juga bakal merintis akademi pembalap untuk program pembinaan atlet balap sejak dini. "Dunia...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Rendy Rakasiwi melaksanakan reses ketiga tahun 2020 di Desa Ciparay, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi. Dalam resesnya Rendy...

SUKABUMIUPDATE.com - Platform media sosial Facebook memiliki standar komunitas yang ketat. Kendati ada kebebasan berbicara sebagai konsekuensi demokrasi. Standar komunitas ini juga menyeleksi berita-berita yang diunggah pengguna di Facebook. Melansir...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya