227 Penumpang Ikut Mudik Gratis dengan Kapal Laut

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyediakan fasilitas mudik gratis dengan kapal laut dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Setidaknya ada 227 penumpang dan 113 sepeda motor diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan kapal Pelni KM. Dobonsolo kemarin.

"Penumpang yang terdaftar baik secara online dan offline untuk keberangkatan tanggal (17/6) sebanyak 227 orang dan 113 motor," ujar Bay dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/6). Kapal tersebut dinakhodai oleh Tarmin pada pukul 16.00 WIB. Adapun pelepasan bagi pemudik dipimpin oleh Direktur Lalulintas dan Angkutan Laut Dirjen Perhubungan Laut Bay M Hasani. 

Perjalanan mudik gratis tersebut sudah dimulai sejak kemarin, Sabtu (17/6), dan akan dilanjutkan pada 19, 21, dan 23 Juni 2017. Sementara itu, untuk arus balik akan dilaksanakan pada 30 Juni dan dilanjutkan pada 2, 4, dan 6 Juli 2017.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, A Tonny Budiono, pihaknya turut menambahkan satu unit kapal KM Mutiara Sentosa III milik PT Atosim Lampung Pelayaran dengan rute Jakarta menuju Semarang. Kapal tersebut juga melayani arus balik gratis bagi kendaraan bermotor.

Layanan mudik gratis bagi pengendara sepeda motor tersebut rencananya akan berangkat tanggal (22/6) untuk arus mudik dan pada tanggal (29/6) untuk arus balik. "Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut 2017 berlaku untuk pemudik maksimal dua orang dewasa dan satu orang anak kecil," tutur Tonny.

Kapasitas angkut untuk mudik gratis sepeda motor dengan KM Dobonsolo sebesar 10 ribu unit sepeda motor dan 20 ribu orang penumpang. Untuk KM Mutiara Sentosa III, kapasitas yang disiapkan sebanyak 1.000 unit sepeda motor dan 2 ribu orang penumpang.

Tonny juga berharap agar masyarakat memanfaatkan program mudik tersebut. Selain kapal yang disiapkan pemerintah banyak menghadirkan fasilitas dan hiburan yang memadai sehingga pelayaran selama 14 jam tidak akan terasa lama, yang terpenting, program mudik gratis ini memberikan pelayaran mudik yang aman, selamat, tertib, dan nyaman bagi para pengguna sepeda motor. “Dengan mudik bareng akan tercipta guyub rukun," kata Tonny.

Pendaftaran untuk mudik gratis sepeda motor ini masih dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi posko pendaftaran mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok hingga hari keberangkatan. Begitu juga sebaliknya.

Sedangkan untuk arus balik, pendaftaran mudik gratis dapat dilakukan secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id. Sementara pendaftaran secara offline di posko mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah yang dimulai dari tanggal 25 Juni 2017 hingga hari H keberangkatan kapal.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 14:50 WIB

Rotary Club Berikan Donasi Rp 100 Juta untuk Penyintas Tanah Longsor di Cibadak Sukabumi

Rotary Club International ikut memberikan bantuan kepada para penyintas bencana tanah longsor di Kampung Cibatu Hilir, RT 01 RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi
Rotary Club International memberikan bantuan kepada korban longsor Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel03 Mei 2024, 14:25 WIB

Menikmati Lukisan Alam: Meronanya Sunset di Pantai Minajaya Sukabumi

Salah satu daya tariknya adalah hamparan batu karang yang unik dan ombak yang relatif tenang, ditambah saat cuaca bagus menjadi lukisan alam yang indah dengan sunset yang merona.
Sunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Sumber: istimewa/kang baban)
Bola03 Mei 2024, 14:15 WIB

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024 di Laga Play-off

Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.
Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. (Sumber : X/@jokowi).
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang