Kementerian Perdagangan Ajukan Banding di WTO

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri memperjuangkan keputusan panel Dispute Settlement Body World Trade Organization (WTO) melalui forum Appellate Body WTO terkait sengketa certain fatty alcohols asal Indonesia.

"Indonesia mengajukan banding ke AB-WTO yang akan berfokus pada SEE karena mempunyai arti penting khususnya bagi metodologi penentuan normal value untuk harga ekspor dan harga domestik bagi produsen atau eksportir yang memiliki afiliasi di luar negeri," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan, Sabtu (10/6).

Secara terminologi, SEE menerangkan jika perusahaan induk dan anak perusahaan dikontrol oleh perusahaan induk, kondisi ini dikatakan sebagai satu kesatuan unit ekonomi (SEE).

Certain fatty alcohols merupakan produk kimia turunan dari minyak nabati (sawit). Certain fatty alcohols dapat digunakan sebagai bahan dasar utama surfaktan untuk kebutuhan detergen, produk perawatan tubuh, dan kosmetik.

Indonesia keberatan terhadap putusan panel DSB yang memenangkan Uni Eropa atas penerapan Article 2.3 dan 2.4, serta Article 3.1 dan 3.5 Anti-Dumping Agreement (ADA). Indonesia hanya memenangkan klaim terkait article 6.7 ADA mengenai transparency of investigation report.

Putusan panel tersebut menghasilkan posisi 2:1 untuk UE yang tidak menguntungkan bagi Indonesia.

"SEE digunakan oleh hampir seluruh produsen atau eksportir Indonesia di sektor minyak kelapa sawit. Putusan panel WTO mengenai SEE ini apabila dimenangkan Indonesia, dapat menjadi yurisprudensi untuk kasus serupa di masa mendatang," kata Direktur Pengamanan Perdagangan Pradnyawati.

Pradnyawati menambahkan, Indonesia akan bersikap tegas dalam menghadapi sikap UE dan mengharapkan hasil yang positif dari keputusan AB WTO.

Gugatan Indonesia tersebut berawal dari penyelidikan anti-dumping European Commission (EC) yang dimulai sejak 13 Agustus 2010 berdasarkan permohonan dua industri domestik certain fatty alcohols di UE, yaitu Cognis Gmbh dan Sasol Olefins & Surfactants Gmbh.

Dari hasil investigasinya, UE mengenakan Bea Masuk Anti-Dumping (BMAD) yang efektif berlaku pada 8 November 2011 hingga November 2016 sebesar 45,63 euro/MT-80,34 euro/MT untuk produsen atau eksportir Indonesia.

Setelah keluarnya keputusan UE ini, produsen atau eksportir Indonesia mengajukan banding pada pengadilan lokal (General Court of the EU) dengan hasil satu produsen atau eksportir berhasil dibebaskan dari penerapan BMAD.

Sebelum pengenaan BMAD, impor certain fatty alcohols asal Indonesia di UE mencapai 53,5 juta dolar AS pada 2009 dan meningkat 45,16 persen menjadi 112,6 juta dolar AS pada 2011.

Setelah ada keputusan pengenaan BMAD, nilai impor menurun menjadi 109,2 juta dolar AS pada 2012. Meskipun sempat naik menjadi 119,4 juta dolar AS pada 2013, namun menurun pada tahun berikutnya sebesar 69,1 juta dolar AS dan berakhir di titik 58,9 juta dolar AS pada 2016.

Untuk periode setelah pengenaan BMAD atau pada periode 2012-2016, nilai impor UE dari Indonesia mengalami tren penurunan nilai sebesar 20,42 persen.

Pangsa ekspor fatty alcohols Indonesia ke UE pada 2016 sebesar 13,87 persen atau 71,6 juta dolar AS dari total keseluruhan ekspor certain fatty alcohols Indonesia ke dunia yang mencapai 515,9 juta dolar AS.

 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life30 Maret 2024, 09:30 WIB

Mau Tahu Ciri-ciri Orang yang Iri dengan Pencapaianmu? Simak Disini

Orang yang iri dengan pencapaian seseorang terkadang akan menunjukan sikap yang sangat berdeba.
Ilustrasi. Orang yang iri dengan pencapaian seseorang terkadang akan menunjukan sikap yang sangat berdeba. (Sumber : Freepik/@teksomolika)
Life30 Maret 2024, 09:15 WIB

Jadilah Pendengar yang Baik Salah Satu dari 6 Cara Menjadi Pribadi yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain akan memberikan kepuasan tersendiri.
Ilustrasi - Menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain akan memberikan kepuasan tersendiri. (Sumber : Pixabay.com/@pixabay/anotherpeople).
Life30 Maret 2024, 09:15 WIB

Berutang untuk Gaya Hidup, 6 Kebiasaan yang Membuat Anda Jatuh Miskin di Hari Tua

Kebiasaan yang kerap dilakukan di masa muda tentunya akan berdampak terhadap nasibnya di hari tuanya. Salah satunya nasib miskin atau tidaknya.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang membuat hidup miskin. (Sumber : Pexels/MART PRODUCTION).
Sehat30 Maret 2024, 09:00 WIB

Mengenal Kolesterol LDL: Penyebab dan Bahaya Bagi Kesehatan Jika Dibiarkan

Kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) sering disebut sebagai "kolesterol jahat" karena tingkat yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.
Ilustrasi -  Kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) sering disebut sebagai "kolesterol jahat" karena tingkat yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. (Sumber : Freepik.com/@studioredcup).
Sehat30 Maret 2024, 08:47 WIB

6 Bahaya Kebiasaan Tidur Di Lantai Bagi Kesehatan, Bisa Ancam Paru-paru!

Tidur di lantai memang dipersilahkan. Tapi, keseringan bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh seseorang
Ilustrasi - Bahaya tidur dilantai harus di waspadai dan jangan dianggap sepele. (Sumber : Pixabay.com/@Ghilmansin).
Life30 Maret 2024, 08:45 WIB

Temukan Hobi Baru, 5 Cara untuk Hilangkan Perasaan Bosan Saat Beranjak Dewasa

Terkadang di tengah-tengah perjalanan menuju kedewasaan, kita mungkin merasa terjebak dalam kebosanan yang menghampiri.
Ilustrasi - Terkadang di tengah-tengah perjalanan menuju kedewasaan, kita mungkin merasa terjebak dalam kebosanan yang menghampiri. (Sumber : Pixabay.com/@pixabay/adult).
Life30 Maret 2024, 08:00 WIB

10 Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Hidup Sukses, Lakukan Sekarang!

Kebiasaan baik ini, ketika dilakukan secara konsisten, dapat membantu seseorang mencapai kesuksesan dalam berbagai bidang kehidupan.
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membuat Hidup Sukses, Lakukan Sekarang! (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Food & Travel30 Maret 2024, 07:30 WIB

Suasananya Tenang Banget, Smiling Cinangka Camping Ground Cianjur Viewnya Bikin Betah

Smiling Cinangka Camping Ground menjadi salah satu lokasi camping menarik di Cianjur Selatan
Suasananya Tenang Banget, Smiling Cinangka Camping Ground Cianjur Viewnya Bikin Betah (Sumber : Instagram/@smilingcinangkacampingground)
Sehat30 Maret 2024, 07:00 WIB

8 Daun Herbal yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Meskipun beberapa daun herbal telah menunjukkan potensi dalam menurunkan kadar gula darah dalam penelitian, penelitian masih diperlukan untuk memahami efeknya secara lebih mendalam dan aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Tetap Konsultasi Dokter Ya
Ilustrasi - Daun Jambu Biji. Rekomendasi Daun Herbal yang Bisa Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah | (Sumber : Instagram/@toko_hanum_)
Sehat30 Maret 2024, 06:30 WIB

6 Air Rebusan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Berikut ini beberapa air rebusan yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
Ilustrasi - 6 Air Rebusan Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah (Sumber : Freepik/KamranAydinov)