Menu

30 Agu 2016, 11:12 WIB

Rupiah Naik Tipis Menjadi Rp 13.254

Nilai tukar rupiah dalam transaksi antar bank di Jakarta pada Selasa pagi Rp13.254 per dolar AS. | Sumber Foto:ANTARA

SUKABUMIUPDATE.COM - Nilai tukar rupiah dalam transaksi antar Bank di Jakarta pada Selasa pagi (30/8) bergerak naik enam poin menjadi Rp13.254 per dolar AS.

"Penguatan rupiah bisa kembali berlanjut jika data ekonomi Amerika Serikat gagal mengonfirmasi pernyataan Ketua The Fed Janet Yellen," kata Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta.

Salah satu data ekonomi Amerika Serikat yang dicermati pasar dalam waktu dekat adalah tingkat penyerapan tenaga kerja non-pertanian yang sedianya dirilis akhir pekan ini. Jika naik signifikan, data itu bisa mempertegas pernyataan hawkish Ketua The Fed untuk menaikan suku bunga.

Rangga menambahkan pergerakan rupiah masih dibayangi sentimen pernyataan hawkish Ketua The Fed Janet Yellen untuk menaikan suku bunga. Pengaruh itu diperkirakan hanya bersifat sementara, namun tekanan pelemahan rupiah berpeluang masih ada.

Dari dalam negeri, dia menjelaskan, risiko fiskal termasuk pencapaian amnesti pajak masih menjadi perhatian investor.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara Rully Nova menambahkan bahwa minat investor pasar uang terhadap aset berdenominasi dolar AS masih tinggi sehingga penguatan rupiah akan relatif terbatas.

"Pernyataan Ketua The Fed Janet Yellen cukup mempengaruhi psikologis di kalangan pelaku pasar sehingga fluktuasi mata uang domestik cenderung di kisaran sempit," katanya. 

Sumber : ANTARA
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mulai membuka pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bagi peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2020. Pada tahap pertama...

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Pertanian (Kementan), melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) saat ini sudah memiliki model percontohan Agriculture War Room (AWR). Hal itu nantinya akan digunakan sebagai model...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar mengejutkan datang dari aktor Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari. Ashraf dikabarkan meninggal dunia karena sakit jantung. Dari informasi yang diperoleh Suara.com, Ashraf Sinclair meninggal dunia, Selasa...

SUKABUMIUPDATE.com - Di era digital saat ini, banyak orang yang baru memulai membangun bisnisnya, karena kemudahan yang didapat dan biaya promosi yang tidak terlalu mahal. Kehadiran media sosial membantu...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya