Menu

15 Agu 2016, 18:50 WIB

Senin Sore Rupiah Menguat

ilustrasi | Sumber Foto:istimewa

SUKABUMIUPDATE.COM - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin(15/8)  sore, bergerak menguat sebesar 53 poin menjadi 13.065 dibandingkan posisi sebelumnya sebesar 13.118 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara, Rully Nova, di Jakarta, Senin (15/8), mengatakan bahwa mata uang rupiah menguat terhadap dolar AS mendapat sentimen positif dari dalam negeri setelah sejumlah data-data ekonomi domestik yang dirilis menunjukkan perbaikan.

"Sejumlah data ekonomi domestik yang telah dirilis menunjukkan perekonomian Indonesia cukup kondusif di tengah ekonomi global, terutama negara maju yang masih melambat. Situasi itu menjadi salah satu pemicu investor untuk masuk ke dalam negeri," katanya Rully Nova.

Bank Indonesia mencatat Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada Triwulan II 2016 membukukan surplus, ditopang oleh menurunnya defisit transaksi berjalan dan meningkatnya surplus transaksi modal dan finansial. Surplus NPI tercatat sebesar 2,2 miliar dolar AS setelah pada triwulan sebelumnya mengalami defisit sebesar 0,3 miliar dolar AS.

NPI merupakan indikator yang mengukur transaksi ekonomi antara penduduk Indonesia dan penduduk negara lain yang terdiri atas transaksi berjalan, transaksi modal, dan transaksi finansial.

Di sisi lain, lanjut dia, program amnesti pajak yang sedang berjalan juga cukup berdampak pada laju nilai tukar rupiah. Dana repatriasi diperkirakan mulai mengalir ke dalam negeri sehingga meningkatkan permintaan rupiah.

Dari eksternal, lanjut dia, dolar AS masih dibebani oleh data ekonomi Amerika Serikat yang masih melambat sehingga meredam kenaikan suku bunga bank sentral AS (Fed fund rate) dalam waktu dekat.

Sumber : istimewa
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - James Scott, pria 57 tahun ini menderita kondisi yang menyakitkan akibat kecelakaan di tempat kerjanya 4 tahun lalu. Dilansir dari suara.com, saat itu James kejatuhan 1,5 ton...

SUKABUMIUPDATE.com - Pencarian hari terakhir Barji (35 tahun) korban tenggelam di Sungai Cimandiri pada Kamis (20/2/2020) belum membuahkan hasil. Tim SAR Gabungan melakukan penyisiran dari tempat kejadian hingga Muara...

SUKABUMIUPDATE.com - Dump truk pengangkut batu base course yang mengalami kecelakaan di lokasi proyek double track Kereta Api di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, telah dievakuasi, Kamis (20/2/2020) malam. Pantauan sukabumiupdate.com,...

SUKABUMIUPADTE.com - Satuan Tugas atau Satgas Antimafia Bola Polri bakal melakukan pengawasan sebelum dan saat pertandingan Liga 1 berlangsung untuk mencegah terjadinya kembali kasus pengaturan skor atau match fixing. "Misalnya...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya