//
Menu

10 Nov 2020, 18:36 WIB

Tetap Produktif Selama Pandemi, Anak-anak Belajar di Balai Riung Mandalawangi Sukabumi

Kegiatan belajar di Balai Riung Mandalawangi Kampung Sukamaja, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 tak menjadi halangan untuk anak-anak di Kampung Sukamaja RT 04/09 Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi untuk tetap belajar dan bermain.

Anak-anak yang rerata berusia Paud itu hampir setiap hari belajar memanfaatkan salah satu tempat yang bernama Balai Riung Mandalawangi.

Di tempat itu, anak-anak belajar baca, tulis dan berhitung. Sedikitnya ada 15 anak yang setiap hari belajar mulai dari pukul 15.30 WIB sampai 17.30 WIB.

Anak-anak belajar di bawah asuhan Lia Nurul Ikhsan (25 tahun) salah satu pengajar. Kepada sukabumiupdate.com, Lia mengatakan kegiatan ini sudah berjalan sekitar 3 bulan.

BACA JUGA: Seberangi Sungai Cikaso, Siswa SMP 4 Satap Cibitung Sukabumi Belajar di Atas Perahu

"Gagasan ini muncul ketika melihat anak-anak yang usia Paud dan SD menghabiskan waktu dengan bermain, karena sekolah libur dampak Covid-19. Akhirnya musyawarah dengan pemilik Balai Riung Mandalawangi, Ustadz Soleh dan beliau merespon baik," kata Lia saat diwawancarai, Selasa (10/11/2020).

Ia melanjutkan, kegiatan di Balai Riung Mandalawangi tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, fasilitas internet atau WiFi gratis yang tersedia bisa dimanfaatkan anak-anak SD, SMP dan SMA untuk belajar daring.

"Anak usia SD dari kelas I-VI sebanyak 20 orang, ditambah anak-anak SMP dan SMA yang belajar online atau daring. Tetap pakai protokol kesehatan dan juga mengkampanyekan 3M," lanjutnya.

Kegiatan belajar di Balai Riung Mandalawangi Kampung Sukamaja, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu pemilik Balai Riung Mandalawangi, Ustadz Soleh mempersilahkan anak-anak belajar di tempatnya lantaran peduli terhadap anak bangsa yang sudah lama tak masuk sekolah.

"Daripada mereka banyak main dan menghabiskan kuota menjadi beban orangtuanya, dipersilahkan untuk belajar di sini. Bukan hanya belajar baca, tulis, menghitung saja, di sini juga ada kegiatan olahraga berupa pencak silat, serta permainan tradisional," terangnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Keluhan nyeri dada tak bisa diremehkan. Apalagi jika nyeri itu terasa sampai tembus ke bagian punggung. Banyak penyakit yang memicu nyeri dada dan bisa juga disebabkan komplikasi....

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak jenis makanan yang tidak sehat dan orang tidak bisa menahan diri untuk tidak memilikinya. Ini terjadi karena kecanduan makanan. Dilansir dari Tempo.co, ini terutama terjadi pada...

SUKABUMIUPDATE.com - Tinggal serumah dengan orang yang positif Covid-19 bisa membuat khawatir dan stres. Meskipun penting untuk merawat yang sakit, orang juga perlu menjaga kesehatan sendiri karena mungkin saja...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan asrama haji akan menjadi tempat untuk karantina jemaah umrah sebelum berangkat. Ia menyebut lamanya karantina maksimal tiga hari. "Karena memang kita sudah sepakat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya