Ide Siswa SDN 1 Purwasari Sukabumi, Tempat Cuci Tangan Ini Banyak Dipesan

Selasa 25 Agustus 2020, 10:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tempat cuci tangan atau wastafel menjadi barang yang wajib ada di setiap tempat Pandemi Covid-19 ini. 

Hal ini yang kemudian mendorong murid SDN 1 Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi memiliki ide untuk menciptakan tempat pencucian tangan portabel atau praktis karena bisa dipindah-pindahkan serta tak banyak memakan tempat. Karena desainnya itu, beberapa sekolah memesan tempat cuci tangan ide siswa SDN 1 Purwasari itu. 

BACA JUGA: Masuk Kantor Kecamatan Cibadak Sukabumi, Tangan Wajib Bersih

Tempat cuci tangan itu terdiri dari sebuah ember besar yang memiliki keran air dan corong yang dilengkapi pipa fleksibel. Ember serta corong tersebut ditempatkan dalam sebuah rangka besi. Ketika mencuci tangan maka air bekasnya akan mengalir melalui pipa fleksibel tersebut ke bawah.

Kepala Sekolah SDN 1 Purwasari, Yus Ahmad Winarya mengatakan, ide membuat tempat cuci tangan berawal dari sumber air yang ada di sekolah itu tidak bisa mengalir ke setiap kelas. 

BACA JUGA: Putus Mata Rantai Covid-19, Pemkot Sukabumi Pasang Wastafel di Tempat Keramaian

"Tadinya mau pakai keran dan pipa paralon yang disalurkan ke setiap kelas namun sumber airnya yang gak ada. Terus anak-anak berpikir membuat tempat pencuci tangan menggunakan ember dan pakai keran dibawahnya," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (25/8/2020). 

Ide anak-anak ini kemudian dideskripsikan menjadi sebuah rancangan oleh Yus. Dia pun menemui salah seorang orang tua murid yang bekerja sebagai tukang las untuk membuat tempat cuci tangan tersebut. Yus menuturkan, bahan yang pertama digunakan untuk membuat tempat cuci tangan itu merupakan bahan bekas.

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi akan Sebar 185 Wastafel Portabel Untuk Cegah Corona

"Kebetulan ada orang tua murid yang tukang las dan setelah dibuat ternyata bagus. Tempat cuci tangan ini sangat efektif dan efesien, bentuknya bisa disimpan dimana saja," terangnya.

Saat ini terdapat 12 unit tempat pencuci tangan yang tersebar di setiap sudut sekolah. Yus mengatakan, karena bentuknya yang unik sekolah lain yang berada di Kecamatan Cicurug juga memintanya untuk membuatkan tempat cuci tangan tersebut.

"Dan mulai diproduksi banyak karena SDN Nyangkowek, dan SDN Pasawahan tertarik jadi kita produksi untuk di SD tersebut. Modal dasarnya itu bisa mengeluarkan 150 ribu," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift