Menu

11 Jul 2020, 17:00 WIB

Cari Guru Berkualitas, Nadiem Makarim Buat Program Guru Penggerak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim. | Sumber Foto:.

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan akan mencari bibit-bibit guru berkualitas yang memiliki jiwa kepemimpinan dan mentoring lewat program Guru Penggerak. Dilansir dari tempo.co, mereka yang terpilih akan disiapkan untuk menjadi kepala sekolah, pengawas sekolah, dan pengajar di sekolah pelatihan guru di masa depan.

"Kami akan melakukan proses nasional, identifikasi, seleksi, rekrutmen nasional, dengan skala besar untuk memilih bibit pemimpin masa depan sistem pendidikan kita," katanya dalam program Ini Budi: Reformasi Pendidikan Mas Menteri di Masa Pandemi yang ditayangkan di akun YouTube Tempodotco, Sabtu, 11 Juli 2020.

Nadiem menganalogikan guru penggerak ini seperti pasukan elite Korps Kopassus di TNI AD. Guru penggerak, kata dia, adalah mereka yang tidak hanya baik di kelas melainkan memiliki hasrat untuk melakukan perubahan di luar kelas. Mereka juga harus memiliki kemauan untuk membimbing dan memimpin guru lain di sekitarnya. "Jadi kami akan mencari baik dari guru swasta, PNS, atau guru honorer bibit-bibit terbaik," ucap dia.

Nadiem menjelaskan untuk meningkatkan kualitas guru Indonesia tidak bisa lagi menggunakan cara lama yang hanya mengumpulkan mereka di satu tempat, diberikan seminar, lalu kembali ke rumah masing-masing. Satu-satunya cara untuk mengangkat kualitas guru adalah harus ada sosok pemimpin yang bisa membimbing dan menginspirasi di sekolah.

Konsekuensi dari program ini adalah konsep kepala sekolah yang selama ini dikenal akan berubah. "Konsep baru kami adalah kepala sekolah yang bukan kepala logistik atau operasi tapi kepala peningkatan kualitas mutu guru. Dia adalah super mentor di masing-masing sekolah," tuturnya.

Nadiem Makarim menargetkan di akhir periode Kabinet Indonesia Maju program ini bisa menghasilkan ratusan ribu guru penggerak di Indonesia.

sumber: tempo.co

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Rasa gatal pada organ intim perempuam mungkin bisa jadi disebabkan oleh pasangan laki-laki mereka. Bakteri vaginosis, infeksi yang sangat umum yang mempengaruhi hampir satu dari tiga (29...

SUKABUMIUPDATE.com - Soal dugaan klaster Covid-19 , juru Bicara Patra Jasa Rina Martha membenarkan adanya penghentian sementara pembangunan Graha Pertamina.  Mengutip Tempo.co, penghentian dilakukan karena ada prosedur protokol kesehatan yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Kapal Rusia MV Rhosus memulai pelayarannya membawa 2.750 ton amonium nitrat dari pelabuhan di Batumi, Georgia dengan tujuan akhir Mozambik di satu hari tahun 2013. Mengutip Tempo.co, kapten...

SUKABUMIUPDATE.com - Penyanyi Widi Mulia tak nampak saat Dwi Sasono diserahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (6/8/2020). Menurut pengacara aktor 40 tahun ini, personel B3 tersebut sibuk dengan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya