Jadwal dan Protokol Baru Kelulusan dan Penilaian Akhir Sekolah di Kabupaten Sukabumi

Jumat 29 Mei 2020, 05:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menetapkan jadwal dan protokol baru pengumuman kelulusan dan penilaian akhir tahun pada satuan pendidikan sekolah. Aturan ini diedarkan ke seluruh sekolah mulai dari PAUD/SPS/ TK, SD, SMP, SKB, PKBM dan Satuan Pendidikan Non Formal Lainnya, Jumat (29/5/2020).

Dalam surat bernomor 420/5590 /Sekret tersebut dijelaskan tentang perkembangan kondisi terkini penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi dan kalender pendidikan tahun pelajaran 2019/2020 maka perlu dilaksanakan penyesuaian kegiatan pengumuman kelulusan dan penilaian akhir tahun pada satuan pendidikan.

Dinas pendidikan Kabupaten Sukabumi kemudian mengatur tata cara khusus. Terkait pelaksanaan pengumuman kelulusan, pelaksanaan ujian sekolah, kriteria kelulusan, dan mekanisme rapat kelulusan merujuk pada Surat Kepala Dinas Pendidikan nomor 420/2138/Sekret tanggal 30 Maret 2020 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi.

Serta Peraturan Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 5 tahun 2020 bahwa tanggal kelulusan adalah sebagai berikut; kelulusan SD dan Program Paket A ditetapkan tanggal 15 Juni 2020; Kelulusan SMP dan Program Paket B ditetapkan tanggal 5 Juni 2020; Kelulusan Program Paket C ditetapkan tanggal 2 Mei 2020.

Kelulusan dituangkan melalui surat keterangan lulus yang ditandatangani oleh kepala sekolah atau pejabat lain yang ditunjuk oleh pejabat berwenang. Surat keterangan lulus mencantumkan rata-rata nilai ujian sekolah/ratarata nilai ujian pendidikan kesetaraan.

Pengumuman kelulusan oleh satuan pendidikan harus mempertimbangkan kondisi: waktu, fasilitas dan akses domisili peserta didik masing-masing. Pengumuman kelulusan dapat dilakukan dengan menggunakan alternatif; Daring (online); melalui surel (email), pengumuman di web sekolah, Whatsapp (WA), media online lainnya; Luring (offline); melaui pos, mengumpulkan orangtua, guru mengantarkan pengumuman ke beberapa titik kumpul tertentu dengan tetap memperhatikan protocol pencegahan Covid-19.

“Peserta didik dilarang melaksanakan kegiatan perayaan kelulusan,” menjadi aturan baru yang tertera dalam surat dinas pendidikan.

Kemudian terkait Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT), dalam bentuk tes yang mengumpulkan peserta didik tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. PAT dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmenjarak jauh lainnya.

PAT dalam bentuk tulis masih dapat dilaksanakan, dengan ketentuan sebagai berikut; peserta didik tidak dikumpulkan di sekolah atau tempat lain, tetapi dilaksanakan melalui daring/jarak jauh dan dikerjakan di rumah masingmasing atau melalui media sosial/media lain yang dapat dijangkau/diakses semua peserta didik.

Teknis pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya ke pihak sekolah sesuai dengan kondisi sekolah dan peserta didik. Lalu PAT dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh.

Dinas pendidikan juga menyusun perkiraan tanggal pelaksanaan kegiatan akademik dalam rangka PAT, titi mangsa rapor dan libur akhir tahun pelajaran. KBM Jarak Jauh 2-6 Juni 2020; PAT jenjang SD 8 – 12 Juni 2020 Kelas I – V; PAT jenjang SMP 8 – 13 Juni 2020 Kelas VII – VIII; Titi mangsa rapor 19 Juni 2020; Pembagian rapor 19/20 Juni 2020; Libur akhir tahun pelajaran 22 Juni – 11 Juli 2020

BACA JUGA: Masa Belajar di Rumah SD SMP Sederajat di Kabupaten Sukabumi Diperpanjang

Mekanisme kenaikan kelas harus merujuk pada KTSP masing-masing satuan pendidikan. Pembagian rapor oleh satuan pendidikan harus mempertimbangkan kondisi: waktu, fasilitas dan akses domisili peserta didik masing-masing.

Pembagian rapor dapat dilakukan dengan menggunakan alternative Daring (online) melalui surel (email), pengumuman di web sekolah, Whatsapp (WA), media online lainnya. Luring (offline) melaui pos, mengumpulkan Orangtua, Guru mengantarkan rapor ke beberapa titik kumpul tertentu dengan tetap memperhatikan protap pencegahan Covid-19.

Dinas pendidikian juga melarang satuan pendidikan mengadakan kegiataan perpisahan dan kenaikan kelas. Surat ini ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Mohammad Solihin yang ditembuskan sebagai laporan kepada Bupati Sukabumi, Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, serta Dewan Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari