Menu

02 Mei 2020, 21:45 WIB

Hardiknas 2020, Guru dan Siswa di Kabupaten Sukabumi, Pemenang Content Creativ Covid-19

Foto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan para pemenang lomba Video Covid-19, di Pendopo Sukabumi. | Sumber Foto:ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com - Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pemerintah Kabupaten Sukabumi, menyelenggarakan lomba video edukasi untuk mendorong kreatifitas murid serta guru selama berada di rumah. Tema  yang diangkat dalam lomba itu yakni "Belajar dari Covid-19 diam di rumah tetap berkreasi dan berinovasi untuk Sukabumi lebih baik".

BACA JUGA: Ini Cara Pengumuman Kelulusan Siswa Sekolah di Kabupaten Sukabumi Saat Pandemi Covid-19

Dilansir dari lama media sosial (Medsos) Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Hardiknas tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana kali ini tidak ada upacara bendera peringatan Hardiknas. Hal itu untuk menghindari penyebaran wabah covid-19 yang tengah melanda.

"Sesuai surat Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) RI, Hardiknas tahun 2020 dilaksanakan tanpa penyelenggaraan upacara bendera yang umumnya wajib diselenggarakan dan lebih kepada kegiatan membangkitkan semangat belajar dimasa covid-19," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Muhammad Solihin, Sabtu (2/5/2020).

Kegiatan yang dimulai sejak 22-28 April 2020 itu diikuti oleh ratusan peserta baik dari tenaga pendidikan ataupun dari peserta didik, dari mulai siswa PAUD hingga guru SMP dengan enam kategori. Mulai dari lomba edukasi video covid- 19 kategori siswa PAUD, SD, SMP, Guru PAUD, SD, dan SMP. Untuk masing masing 3 pemenang.

Penyerahan uang pembinaan dan piagam serta piala lomba, sambung Solihin, diberikan langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami. "Lomba tersebut diadakan untuk memunculkan kreatifitas siswa dan guru. Apalagi ditengah pandemi covid-19 yang melanda Indonesia," tandasnya. 

BACA JUGA: Hardiknas 2020 Ditengah Covid-19, Ini Pesan Kadisdik Kabupaten Sukabumi

Dalam kesempatan itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, Indonesia masuk dalam penanganan covid-19. Sehingga ada kebijakan pemerintah meliburkan sekolah yang cukup lama. Maka dari itu Hardiknas 2020 dibuatlah lomba untuk menghilangkan kejenuhan serta dapat meningkatkan edukasi dengan ide dan kreatifitas selama di rumah dengan alat yang dimiliki.

"Siswa harus dididik sedari dini bagaimana mendorong ide dan gagasan mereka, sehingga potensi yang dimiliki bisa tergali dengan optimal. Selain itu, mereka juga bisa mengedukasi masyarakat dan anak lainnya agar berkreatifitas. Sehingga mereka tidak lari ke hal negatif," ungkapnya.

Sementara itu, Juara 1 Tingkat Guru Paud Siti Nurul Fitria Rahman dari TK IT Al-Fariqi Kecamatan Sukabumi mengaku, beryukur bisa meraih juara dalam lomba tersebut. Dirinya mengaku pembuatan video edukasi tersebut menggunakan konsep wayang. Sehingga berbeda dengan konsep pada umumnya. "Isi ceritanya sama, cuman konsepnya mengedukasi lewat wayang. Semisal corona itu apa," terangnya.

Lomba yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi tersebut dianggap sangat inovatif. "Keren banget Kabupaten Sukabumi. Lomba ini semoga bisa dicontoh yang lain. Bermanfaat juga bagi guru dan anak anak. Mereka bisa berkreasi di rumah," pungkasnya.

BACA JUGA: Siswa Belajar di Rumah UN Juga Ditunda, SE Gubernur Jabar Soal Corona

Berikut daftar pemenang lomba video edukasi Covid-19 Hardiknas tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2020, antara lain. Juara 1 lomba edukasi video covid19 kategori Siswa PAUD, Nadhira Cinta Fathiyyaturamah dari TK IT Al Fariqi Kecamata Sukabumi. 

Juara 2 lomba edukasi video covid19 kategori Siswa PAUD, Muhammad Yusuf Bahtiar Ubaidillah dari TK Riyadul Istiqomah Kecamatan Nagrak. Juara III lomba edukasi video covid19 kategori Siswa PAUD, Yasmin Shofia Anawar dari TK Mutiara Kecamatan Palabuhanratu.

Kemudian untuk kategori Sekolah Dasar (SD), juara 1 diraih oleh Mi'raj Lazuardi Salim dari SDN 2 Pakuhaji, Kecamatan Parungkuda, Juara II Hasna Mufida Marwad dari SDN 1 Selabintana Kecamatan Sukabumi dan Juara III Putra Andreansyah SDN 6 Kecamatan Gunungguruh.

Sedangkan kategori Sekolah Menengah Pertama (SMP) Juara I diraih oleh M Nasip Abiyasa SMPN 1 Parungkuda, Juara II Zoel Rifki Al-Asatiri SMPN 1 Cibadak, dan Juara III diraih oleh Siti Fatimah Azzahara SMP N 1 Cisaat.

Sementara untuk lomba edukasi video covid-19 katogori guru PAUD antara lain, diraih Siti Nurul Fitria Rahman dari TK IT Al-Fariq Kecamatan Sukabumi, Juara II Tina Hastini Utami dari TK Riyadhul Istiqomah Kecamatan Nagrak, dan Juara III diraih oleh Ani Maryani TK Sejahtera VI Kecamatan Palabuharatu.

Untuk kategori Guru SD antara lain Juara I diraih oleh Fikri Ahmad Fafani dari SD IT Al-Husna Cicurug, Juara II diraih Ade Supriyadi SDN Pangestu Sukalarang, dan Juara III diraih oleh Hesti Daryadi SDN Pendeuy Sukabumi. 

Terakhir pemenang lomba edukasi video covid-19 kategori SMP antara lain, Juara I diraih Ratna Muda Ningrum dari SMP N 1 Cisaa, Juara II diraih oleh Faris Indrajaya daro SMP Daarul Falaah Cisaat dan terakhir Juara III diraih oleh Abdul Aziz Rahman dari SMPN 2 Kadudampit. 

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya