Menu

02 Mei 2020, 12:30 WIB

Hardiknas 2020 Ditengah Covid-19, Ini Pesan Kadisdik Kabupaten Sukabumi

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Muhammad Solihin | Sumber Foto:ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Sukabumi setiap tahun, umumnya wajib diselenggarakan upacara bendera dan biasanya diwarnai dengan berbagai kegiatan serta lomba antar sekolah. Namun ditengah Pandemi Covid-19 atau Virus Corona ini, semua kegiatan Hardiknas di tahun 2020 itu ditiadakan. 

BACA JUGA: Masa Belajar di Rumah SD SMP Sederajat di Kabupaten Sukabumi Diperpanjang

"Sesuai surat Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) RI, Hardiknas tahun 2020 dilaksanakan tanpa penyelenggaraan upacara bendera yang umumnya wajib diselenggarakan," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Muhammad Solihin, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (2/5/2020). 

M. Solihin menekankan, Hardiknas 2020 pihaknya lebih kepada kegiatan untuk membangkitkan semangat belajar dimasa covid-19. Baik untuk guru maupun siswa mulai tingkat PAUD (TPA, KB, SPS, TK), SD dan SMP, yaitu lomba video edukasi tentang Covid-19 dengan tema "Diam di rumah, tetap berkreasi dan berinovasi untuk Sukabumi lebih baik".

"Insya Allah pemenangnya akan diumumkan hari ini dengan hadiah lomba berupa uang pembinaan, trophy, dan piagam Bupati Sukabumi," katanya.

BACA JUGA: Siswa Belajar di Rumah UN Juga Ditunda, SE Gubernur Jabar Soal Corona

Di sisi lain, selama pendidikan jarak jauh (PJJ) atau proses belajar mengajar di rumah, M Solihin mengaku terus melakukan evaluasi. Bahkan setiap satuan pendidikan penting membangun komunikasi intensif antara guru dan orangtua agar pembelajaran jarak jauh berjalan efektif dan nyaman untuk semua anak serta memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak.

"Para guru sebaiknya tidak terfokus pada pembelajaran dan penilaian kognitif saja, tetapi harus juga mengembangkan dengan aspek afektif yang berbasis pada pendidikan karakter. Dalam melaksanakan pendidikan jarak jauh (PJJ) para guru belum optimal menggunakan Flatform Rumah Belajar dan Program belajar dari rumah disiarkan di LPP TVRI," tandasnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya