Menu

15 Peb 2020, 07:31 WIB

Warga Sukabumi Tengah Menyusun Karya Ilmiah, Ini Pentingnya Optimalisasi Microsoft Word

Pelatihan Optimalisasi Microsoft Word yang digelar Research And Literacy Institute (RLI), di Plaza Dakwah Sukabumi, Jalan KH Ahmad Sanusi Nomor 195 Ciseureuh Kota Sukabumi. | Sumber Foto:Oksa BC

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa termasuk di Sukabumi pasti akan dihadapkan dengan skripsi ketika semester akhir perkuliahan. Dalam menyusun skripsi ada banyak hal yang diperhatian selain dari metode penelitian, diantaranya kerapihan dalam menata setiap halaman skripsi. Tak hanya skripsi saja, karya ilmiah lain pun demikian, kerapihan setiap halaman itu diperlukan.

Demi memaksimalkan penyusunan karya tulis ilmiah, Research And Literacy Institute (RLI) menggelar pelatihan Optimalisasi Microsoft Word. Kegiatan dimulai tanggal 14 hingga 16 Februari 2020 pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB. 

BACA JUGA: Ikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional HME Universitas Nusa Putra, Ini Persyaratannya!

"Mahasiswa dan dosen perlu pelatihan ini, karena bisa memaksimalkan penyusunan skripsi, thesis, jurnal, dan karya tulis ilmiah lainnya," ucap Direktur Research And Literacy Institute (RLI) Mulyawan Safwandy Nugraha, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (14/2/2020).

Mulyawan mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menunjang dan mengoptimalkan pembuatan karya tulis ilmiah, sehingga bisa lebih cepat dan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam pembuatannya.

BACA JUGA: Viral Skripsi Disebut Sampah, ini Cara Kelola Stres Hadapi Dosen Pembimbing

Mulyawan memaparkan, pelatihan Optimalisasi Microsoft Word menitikberatkan pada kemudahan-kemudahan yang ada dalam word dalam menyusun karya tulis ilmiah, seperti pembuatan daftar isi, tabel gambar, daftar pustaka secara otomatis termasuk cara mengutip dari buku agar tidak lupa ketika dijadikan daftar isi.

"Demikian pentingnya dalam pelatihan ini, karena seringkali seorang mahasiswa atau dosen sekalipun mengabaikan hal sepele dalam pembuatan karya tulis ilmiah, terutama dalam mengoptimalkan Microsoft Word, padahal itu adalah penting sekali karena sangat membantu dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah dengan efektif," jelas Mulyawan.

BACA JUGA: Tampil di ICCED, Riset Skripsi Mahasiswa NPU Sukabumi Bicara di Level Internasional

Salah seorang narasumber dalam pelatihan tersebut, Isra Yanuar Gitu, memberikan trik dan tips mengoptimalkan Microsoft Word dalam membuat karya tulis ilmiah.

"Peserta yang hadir diacara ini dibatasi sebanyak 50 orang, teridri dari mahasiswa dan dosen. Tentu mereka yang sudah mendaftarkan diri terlebih dahulu," tukasnya.

Reporter : OKSA BC
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi terus berupaya menekan angka perceraian. Adapun program yang tengah dilakukan Pemkot yaitu menggodok aplikasi Curhat Online. Melalui program ini, masyarakat yang memiliki masalah pribadi, keluarga maupun...

SUKABUMIUPDATE.com - Implementasi Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2016 terkait dengan penurunan harga gas industri hingga kini belum terealisasi, harga gas industri yang diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebesar...

SUKABUMIUPDATE.com - Kiper legendaris Spanyol, Real Madrid dan Porto Iker Casillas akan segera pensiun setelah mengumumkan bahwa dirinya mencalonkan diri sebagai presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Dilansir dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Status Facebook sebagai raja media sosial harus berakhir dan berpindah tangan pada 'anak angkatnya' sendiri, yaitu Instagram. Dikutip dari suara.com, Facebook cukup pintar meramal masa depan Instagram dengan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya