Menu

21 Nov 2019, 20:30 WIB

Perkuat Sektor Perikanan, SMKN 1 Cibadak Peringati Hari Ikan Nasional

Peringatan Hari Ikan Nasional SMKN 1 Cibadak di halaman sekolah, tepatnya Kampung Pasir Sirem, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/11/2019). | Sumber Foto:Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - SMKN 1 Cibadak memperingati Hari Ikan Nasional dengan rangkaian kegiatan. Acara tersebut dilaksanakan di halaman sekolah, tepatnya Kampung Pasir Sirem, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/11/2019). 

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas IKM, DPESDM Kabupaten Sukabumi Gaet SMKN 1 Cibadak

Ketua Panitia, Ujang Hendi mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 November. Giat tersebut sudah diselenggarakan dua kali di SMK tersebut. Rangkaian kegiatan meliputi Cerdas Cermat, Bazar, Lomba Olahan Ikan dan seminar.

"Ini peringatan Hari Ikan Nasional yang kita laksanakan kedua kalinya. Sebelumnya kami melaksanakan pada tahun 2014 lalu," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, di lokasi.

Peringatan Hari Ikan Nasional SMKN 1 Cibadak di halaman sekolah, tepatnya Kampung Pasir Sirem, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (21/11/2019). | Sumber Foto: Syahrul Himawan

Tujuannya, kata Ujang, kegiatan ini untuk memperkuat sumber daya manusia di bidang perikanan, sekaligus memperkuat sektor budidaya perikanan guna menunjang dunia perekonomian sebagai bekal para siswa SMK tersebut. "Ketika perkonomian meningkat, sehingga nilai gizi masyarakat juga meningkat," terangnya.

BACA JUGA: Paskibra SMK Teknika Cisaat, Borong Piala Bergengsi Tingkat Nasional

Di sisi lain, masih kata Ujang, sekolah ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas bahwa di SMKN 1 Cibadak ini mempunyai jurusan perikanan yang mampu menghasilkan sumber daya manusia berkualitas. Sehingga pemerintah dapat melirik alumni SMK tersebut untuk ditempatkan di dinas-dinas atau di perusahaan-perusahaan terkait.

"Diharapkan siswa setelah kegiatan ini lebih peduli lagi pada dunia perikanan. Karena banyak siswa ketika lulus bekerja keluar dari jalur dunia perikanan," tuturnya.

BACA JUGA: Teaching Factory SMKN 4 Kota Sukabumi, Tarif Servis Motor Cuma Rp 5.000

Sementara itu, pembicara seminar, Sahnan Setioko menjelaskan, melalui seminar tersebut diharapkan siswa siap bekerja atau berwirausaha setelah lulus SMK. Ia meminta kepada siswa untuk tidak membuang waktu percuma. Sebaiknya waktu tersebut dipergunakan untuk menambah ilmu.

"Kemudian kita bedah supaya para siswa tidak takut bergerak, takut melangkah, takut menghadapi masalah dan gampang menyerah. Saya memberikan sisi bisnisnya supaya mereka tangguh menghadapi dunia luar," tandasnya.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN/ADV
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata Situ Gunung termasuk jembatan gantung atau suspenion bridge akan kembali dibuka pada tanggal 10 Juli 2020 mendatang. Pembukaan objek wisata yang berada di kawasan TNGGP...

SUKABUMIUPDATE.com - Fakta lain terungkap dari pelaku predator anak asal Kalapanuggal, Kabupaten Sukabumi. Pria berinisial FCR (23 tahun) itu melakukan pencabulan serta sodomi sejak 2018.  "Tersangka FCR atau Bang Jay,...

SUKABUMIUPDATE.com - Jadwal bola pada Senin malam hingga Selasa dinihari, 7 Juli 2020, menampilkan rangkaian pertandingan dari Liga Inggris dan La Liga Spanyol. Dilansir dari tempo.co, dari Liga Inggris ada...

SUKABUMIUPDATE.com - Fotografer muda Sukabumi Iman Firmansyah, mengaku siap merilis buku foto miliknya. Buku bertajuk Treasure Of Sukabumi itu merupakan buku foto pertama di Sukabumi. Melalui buku tersebut, sang fotografer ingin memperkenalkan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya