Universitas Nusa Putra Teken MoU dengan Empat Universitas dari Filipina, Ini Rincian Kerjasamanya!

Rabu 16 Oktober 2019, 09:39 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi jalin kerjasama dengan empat perguruan tinggi (PT) dari Filipina, yaitu ST. Vincent’s College Incorporated (SVCI), Centro Escolar University (CEU), Philippine Council of Deans and Educator In Businnes (PCDEB) dan ST. Joseph College of Sindangan Incorporated (SJCSI) . 

Penandatangananan Memorandum of understunding (MoU) kerjasama dilakukan di acara Internasional Seminar and MoU Signing dengan tema Internet of Things (IOT) Emerging of Leadership and Strategic Management, di Balai Sartika, Bandung (16/10/2019).

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik NPU Sukabumi, Anggy Pradiftha Junfithrana, M.T yang mewakili NPU Sukabumi dalam penandatanganan MoU mengatakan, ada lima point kerjasama yang disepakati bersama oleh para pihak. Pertama, melakukan penelitian bersama di bidang studi yang disepakati para pihak, Kedua, membuat program pertukaran dosen dan mahasiswa untuk penelitian instruksional dan tujuan budaya. 

BACA JUGA: Ada Program Pascasarjana di Universitas Nusa Putra, Cek Jadwal Akademiknya! 

"Penelitiannya mencakup semua disiplin ilmu yang ditawarkan oleh masing-masing institusi," ujar Anggy kepada Sukabumiupdate.com Rabu (16/10/2019) seusai penandatanganan MoU.

Kerjasama selanjutnya, kata Anggy mengeksplorasi potensi sponsor untuk kegiatan konferensi internasional dan pertukaran akademis sesuai kepentingan bersama. "Pengaturannya nanti sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dapat disepakati bersama oleh para pihak," ucapnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, NPU Sukabumi, Anggy Pradiftha Junfithrana, MT, mewakili NPU Sukabumi dalam penandatanganan MoU dengan empat Perguruan Tinggi dari Filipina.

Yang keempat, kerjasama pertukaran bahan pendidikan, publikasi penelitian dan informasi pengajaran yang bermanfaat bagi para pihak. Dan yang terakhir, masih kata Anggy, mengeksplorasi kemungkinan penawaran program ganda atau gelar bersama dengan syarat dan ketentuan yang dapat disepakati bersama oleh para pihak.

"Kerjasama ini sesuai konsen kami untuk terus meningkatkan kualitas perkuliahan NPU Sukabumi," tukasnya

BACA JUGA: Mengenal Female Engineers Nusa Putra, UKMnya Calon-Calon Insinyur Perempuan

Untuk diketahui, SVCI Filipina merupakan salah satu berguruan tinggi terkemuka dan tua di Filipina, berdiri pada tahun 17 Juni 1917. Saat ini membuka lebih dari 50 jurusan sarjana dan sembilan program pascasarjana dan profesional. SVCI merupakan lembaga pertama di Provinsi Zamboanga del Norte, Filipina yang diberikan otoritas dan pengakuan pemerintah Filipina untuk menawarkan gelar doktor. Alumni dan mahasiswa kampus disebut sebagai orang Vinsensian.

CEU didirikan pada 3 Juni 1907 oleh Dona Librada Avelino dan Dona Carmen de Luna, awalnya untuk pengajaran dan pelatihan pemuda di semua cabang seni dan ilmu pengetahuan.Saat ini, CEU telah memiliki tiga kampus dengan lebih dari 50 program akademik, CEU telah jauh melampaui visi pendirinya.

PCDEB salah satu PT yang dibuat dan diorganisir di bawah hukum republik Filipina, saat ini beralamat di Lyceum, 2F room 215, Muralla, Manila 1002. Sedangkan SJCSI adalah PT yang di dirikan pada tahun 1968 di Zamboanga del Norte, awalnya sebagai sekolah menengah. Merupakan lembaga pertama yang menyelenggarakan perguruan tinggi di daerah Sindangan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)