Menu

14 Okt 2019, 15:13 WIB

Satpol PP Bina 120 Linmas Waluran Sukabumi, Usia 60 Tahun Bisa Diberhentikan

Sosialisasi Satpol PP Kecamatan Waluran di Desa Waluran, Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan anggota Perlindungan Masyarakat (Limas) mendapatkan pembinaan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Sukabumi, di Aula Desa Waluran, Kecamatan Waluran, Senin (14/10/2019).

BACA JUGA: Anggota Satpol PP Ciracap Korban Kecelakaan Dimakamkan, Sudah 15 Tahun Honorer

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Kecamatan Waluran Kiki Avillian menjelaskan, anggota Linmas yang mendapatkan bimbingan ini merupakan Limas dari enam desa di Kecamatan Waluran.

"Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, dengan menyambangi langsung setiap desa dan beberapa narasumber, baik dari  kepala desa, koramil dan pihak kepolisian," ujar Kiki kepada sukabumiupdate.com.    

Materi hari ini, kata Kiki sosialisasi mengenai Permendagri Satuan Limas dan Satpol-PP. Dengan pemaparan itu, kata dia diharapkan 120 Limas di Kecamatan Waluran ini dapat mengetahui apa saja isi dari Permendagri tersebut. 

"Kami berinisiatif untuk mengadakan pembinaan terhadap Sat Linmas, bekerjasama dengan pihak desa, TNI dan kepolisian," jelasnya.

BACA JUGA: Sopir Truk Cat Bemper Hilangkan Jejak Kecelakaan yang Tewaskan Anggota Satpol PP Ciracap 

Ia menjelaskan, sesuai Permendagri, Linmas itu bisa diangkat pada umur 18 tahun dan diberhentikan di usia 60 tahun, ada syarat fisik dan percakapan. Hal ini mengingat masih ada anggota Linmas, yang sudah berusia 60 tahun, bahkan lebih. 

"Linmas pun berhak memperoleh penghasilan, pelatihan dan keterampilan kebencanaan. Inilah yang kami sosialisasikan kepada rekan rekan Linmas, agar mereka mengetahui hal-hal dasar, yang selama ini belum tersampaikan, contoh kecil saja masalah KTA, masih banyak yang belum mempunyai KTA," ujarnya.

"Terkait kesejahteraan akan kami dorong, sementara ini memang masih dari sumber APBDes, melalu insentif," pungkasnya. 

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melantik Raden Gani Muhammad sebagai Penjabat Sementara (PJS) Bupati Sukabumi, selama kampanye Pilkada serentak 2020. Gani merupakan Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jawa...

SUKABUMIUPDATE.com - Bawaslu Kabupaten Sukabumi menegaskan bahwa jalan protokol di Kabupaten Sukabumi harus bersih dari seluruh Alat Peraga Sosialisasi (APS) pada hari ini, Jumat (25/9/2020). Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Hariyanto...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menanggapi teknologi tes Covid-19 melalui napas bernama GeNose. Teknologi ini dikembangkan tim peneliti dari Universitas Gadjah...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah aplikasi percakapan buatan lokal hadir di sistem operasi Android, iOS, Linux, Windows, dan macOS. Mengambil momen menyongsong Hari Sumpah Pemuda pa 28 Oktober mendatang, aplikasi Palapa...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya