Hari Pertama Masuk Sekolah MPLS di Sukabumi Libatkan Polisi, TNI dan Dinkes

Senin 15 Juli 2019, 06:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Hari pertama masuk sekolah, 320 siswa baru di SMP Negeri 2 Cicurug, Kabupaten Sukabumi mengikuti Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Sesuai dengan aturan pemerintah, pihak sekolah tidak melakukan perploncoaan bagi siswa baru. 

BACA JUGA: PPDB 2019 di SMP Negeri 1 Bojonggenteng Belum Mencapai Target

Ketua panitia MPLS, Anto Darmayanto mengatakan, mulai terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI, Nomor 18 Tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru, pihak sekolah sama sekali tidak melakukan perploncoan.   

"Kami memang sudah sesuai arahan dari pemerintah, sudah jelas bagaimana MPLS lebih dititik beratkan mengenai lingkungan sekolah, sehingga tidak ada lagi perploncoan, karena semuanya akan dilakukan oleh guru. OSIS hanya membantu saja," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (15/7/2019). 

Menurut Anto, MPLS akan dilaksanakan selama tiga hari dan mengundang dari unsur Kepolisian, TNI serta Kesehatan, untuk memberikan materi terhadap mahasiswa baru di SMP Negeri 2 Cicurug ini.

BACA JUGA: Sekolah Pungli, Disdik Kabupaten Sukabumi Bakal Laporkan ke Inspektorat

"Dari Koramil Cicurug memberikan materi pendidikan karakter bangsa, kedua dari Kepolisian Sektor Cicurug mengenai narkoba dan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) mengenai masa puber," katanya.

Lanjut Anto, sedangkan materi lainnya Jumat dan Sabtu, pengenalan kepramukaan dari guru-guru tentang kurikulum, tatakrama siswa, wawasan Wiyata Mandala, budaya sekolah. 

"Termasuk mengenai upacara pengibaran bendera, supaya pelaksanaan upacara bendera bisa tertib, dan lebih mencintai bangsa Indonesia," tandasnya.

BACA JUGA: Disdik Kabupaten Sukabumi Gelar Lomba Tenaga Kependidikan

Kepala SMP Negeri 2 Cicurug, Teddy Ismail mengungkapkan MPLS tahun ajaran 2019-2020 ini sangat diprioritaskan. Ia juga mengucapkan selamat kepada siswa-siswi baru yang telah melampaui seleksi yang begitu ketat untuk masuk ke SMP Negeri 2 Cicurug. 

"Banyak teman-teman kalian yang tidak bisa diterima di sekolah ini, karena kuotanya terbatas 320. Bahkan pendaftaran melebihi kuota, maka dari itu jangan disia-siakan kesempatan kalian sudah diterima di sini manfaatkan sebaik-baiknya," katanya saat memberikan sambutan upacara. 

Lanjut Teddy, jangan diisi dengan hal yang sifatnya kekanak-kanakan, karena sudah menjadi siswa di SMPN 2 Cicurug. "Dulu di SD masih terkesan anak-anak, hari ini sudah belajar dan manfaatkan waktu untuk belajar," jelasnya.

Teddy menegaskan, pendidikan karakter sebagai salah satu landasan di sekolah. Ia berharap semua siswa-siswi memiliki karakter yang baik dan berakhlak mulia. "Kita mempunyai visi terwujudnya lulusan yang cerdas dan berakhlak mulia, serta meningkatkan prestasi," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Inspirasi25 April 2024, 09:31 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar

Jobseeker Yuk Cek Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Salah Satu Syaratnya adalah Bisa Bahasa Inggris Dasar.
Ilustrasi. Wawancara. Lowongan Kerja Lulusan S1 di Bekasi, Syarat: Bisa Bahasa Inggris Dasar (Sumber : Pexels/EdmondDantes)