Menu

24 Jun 2019, 20:13 WIB

Peran Trilogi Nusa Putra Dalam Membangun Sikap Toleransi di Era Distruktif

Rektor Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi, Kurniawan memebrikan meteri kuliah umum mahasiswa di Bumi Perkemahan Mandiri Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi, melaksanakan kuliah umum tentang kenusa putraan di Bumi Perkemahan Mandiri Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. 

BACA JUGA: 35 Anak Yatim Dapat Santunan Dari Hima SI Universitas Nusa Putra Sukabumi

Kuliah umum yang digelar pada, Minggu (23/6/2019) tersebut mengusung tema, pesan Trilogi Nusa Putra dalam membangun sikap toleransi di era distruktif. Dihadiri oleh dosen dan seluruh mahasiswa Universitas Nusa Putra angkatan 2015-2016. 

Acara dimulai dan dibuka oleh wakil rektor satu bidang akademik pada pukul 08.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dua materi hingga pukul 13.30 WIB, berlangsung khidmat dan meriah. Materi yang diberikan pun sangat berkualitas dan berguna bagi mahasiswa.

Pemateri yang mengisi acara kuliah umum ini berasal dari pihak kampus sendiri, yaitu Rektor Universitas Nusa Putra, Kurniawan dengan materi Trilogi Nusa Putra dan Wakil Rektor tiga bidang kemahasiswaan, Muhammad Muslih yang menjelaskan tentang sejarah Nusa Putra. 

Rektor Universitas Nusa Putra, Kurniawan mengatakan dengan penuh kesadaran Nusa Putra hadir untuk mengukuhkan kalimat pengasih dan penyayang, agar selalu hadir dalam relung hati insan Nusa Putra, dalam tiga kontek trilogi Nusa Putra.

BACA JUGA: M Badru Zaman, Mahasiswa Universitas Nusa Putra Dilantik Sebagai Ketua KMM Jabar

"Cinta kasih ilahian, cinta kasih orang tua dan cinta kasih sesama, untuk mencapai kesempurnaan ahklak sebagai manusia," katanya dalam materi yang disampaikan.

Wakil Rektor Tiga Bidang Kemahasiswaan, Muhammad Muslih menjelaskan pada saat ini Universitas Nusa Putra memiliki empat fakultas dengan 10 program studi sarjana (S1) dan dua program studi diploma tiga (D3). 

"Saat ini jumlah mahasiswa yang belajar di Nusa Putra telah mencapai 2.000 dan memiliki alumni yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan berbagai Negara," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Satu Bidang Akademik, Anggi mengungkapkan dalam era yang distruktif ini, sebagai mahasiswa Nusa Putra tidak boleh merasa yang paling benar, justru sebaliknya, sebagai mahasiswa Nusa Putra yang memiliki parentum, concervis, dan amor deus. "Kita harus saling menghargai  sebagai manusia," paparnya dalam sambutan.

BACA JUGA: Terakreditasi B, D3 Teknik Elektro Universitas Nusa Putra Sukabumi Makin Berkualitas dan Kompetitif

Salah satu peserta, Qurrota Ayuni mahasiswi sistem informasi memaparkan ini seperti pembekalan sekaligus pengingat kembali tentang nilai-nilai yang diajarkan oleh Nusa Putra. Terutama trilogi, karena pada dasarnya trilogi tersebut adalah pedoman baik yang dapat menuntun kita pada jalan kebaikan. 

"Selain itu seru sih, bisa ketemu lagi sama temen-temen satu kelompok waktu KKN," singkatnya.

Selepas pemberian materi, acara dilanjutkan dengan outbond dan dipandu langsung oleh pihak Bumi Mandiri hingga pukul 16.00 WIB. 

Mahasiswa yang mengikuti outbond terlihat senang dan bereuforia melepas penat setelah fokus mengikuti materi. Acara ini bertujuan untuk menimbulkan sikap toleransi di mahasiswa dengan cerminan dari trilogi Nusa Putra ini merupakan sebuah langkah dari Nusa Putra, untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin muda selanjut yang akan memasuki era 4.0. 

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

Oleh: Milah Nurhasanah  (Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra Sukabumi) Corona atau Covid-19 adalah virus yang pertama kali di temukan di kota Wuhan, China pada Desember 2019, tidak perlu waktu lama...

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah lebih dari dua minggu dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) karena terjangkit Virus Corona jenis baru atau COVID-19, kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

SUKABUMIUPDATE.com - Polsek Jampang Tengah menyita ratusan botol minuman keras (miras) yang dijual di tempat berkedok warung jamu di wilayah Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi. 202 botol miras tersebut disita dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah penelitian menunjukkan 8 persen pasien COVID-19 di Wuhan, Cina, menderita sakit kepala. Dilansir dari tempo.co, ini menunjukkan sakit kepala merupakan salah satu gejala yang diderita oleh...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya