Menu

16 Des 2018, 17:54 WIB

Ketika Ribuan Anak Paud Ikuti Pendidikan Karakter di Bojonggenteng Sukabumi

Anak-anak Paud sedang mengikuti permainan dalam kegiatan Gebyar Pramuka Siaga di lapang sepakbola Pakuwon, Kecamata Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Rawin Soedaryanto

SUKABUMIUPDATE.com - Tawa ceria ribuan anak-anak seketika membuat suasana di lapang sepakbola di Kampung Pakuwon, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi berbeda dari biasanya. Siswa dari 40 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kecamatan Bojonggenteng itu mengikuti kegiatan gebyar pramuka siaga.

Gelaran Gebyar Prasiaga tingka Paud ini diisi dengan sejumlah permainan yang seru. Anak-anak pun antusias mengikutinya meski harus kotor-kotoran.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter untuk anak PAUD. Langkah untuk menjadikan generasi muda sehat, kuat, dan berkarakter," kata Iwan Junaingsih, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Bojonggenteng ditemui sukabumiupdate.com di lokasi acara, Minggu (16/12/2018).

Iwan menambahkan, panitia mengadakan berbagai permainan anak yang tidak hanya mengasah kecerdasan. Namun juga melatih motorik dan ketangkasan anak usia dini.

Permainan-permainan tersebut diantaranya lompat bantan, halang rintang jembatan lumpur, lompat bambu, panahan, menangkap belut, dan lainnya.

"Kegiatan kali ini hanya satu hari yang diikuti hampir 1.250 siswa dari 40 PAUD se-Kecamatan Bojonggenteng," kata Iwan.

Yang terpenting dari kegiatan ini, lanjut Iwan, bukan hanya mengajarkan anak agar mampu berkompetisi. Tapi mengasah kepedulian sosial anak, dan rasa kebersamaan pada anak.

"Kita tanamkan pendidikan berkarakter sejak usia dini. Agar anak bisa percaya diri, bersosialisasi, dan menanamkan kebersamaan," tuturnya.

BACA JUGA: Aplikasi Karya Pelajar SMK Al-Ittihad Purabaya Sukabumi, Final Smart Hackathon 2018

Fawakib Athallah, adalah satu dari peserta Gebyar Prasiaga Kecamatan Bojonggenteng. Siswa Paud Bassamah, Kampung Pamatutan RT 20/08 Desa Bojonggenteng, ini tampak antusias mengikuti satu persatu permainan.

"Seneng banget, tadi nangkep belut dapat banyak, terus jalan di papan yang di bawahnya ada kubangan air," tutur Fafaw, sapaan akrab Fawakib, percaya diri.

Sementara itu, Meily Tri Rahmadani, salah satu pengelola sekolah PAUD Bassamah, menilai kegiatan tersebut sangat bagus untuk semua aspek perkembangan anak. Terutama melatih kedisiplinan.

"Jangan pernah takut untuk kotor dan bermain dengan alam karena akan membuat mereka lebih kreatif. Semoga dengan kegiatan Prasiaga ini akan membentuk anak-anak yang disiplin, terampil, kreatif," harapnya.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Segala yang kedaluwarsa pasti menjadi sorotan. Bukan cuma makanan, ternyata ban mobil juga bisa kedaluwarsa. Ban mobil berusia 5 tahun ke atas, meski masih baru keluaran gudang disebut...

SUKABUMIUPDATE.com - Apa persamaan Zinedine Zidane, Patrick Kluivert, Edwin Van Der Sar, Ruud Gullit, Eidur Gudjohnsen, Paolo Maldini, dan Phil Neville? Mereka adalah mantan pemain hebat dan jejaknya kita...

SUKABUMIUPDATE.com - Anya Geraldine membuat heboh warganet, terutama para gamer Free Fire usai mempostingkan foto cosplay Kapella. Dilansir dari Suara.com, dalam postingan di instagram, nampak Anya Geraldine cosplay Kapella Free...

SUKABUMIUPDATE.com - Kentut, sejak kecil dihina dan dibully teman-temannya karena mempunyai nama yang berbeda. Yaitu Kentut. Dikutip dari Suara.com, Kentut, lahir di Karanganyar, Jawa Tengah. Kini Kentut sudah ganti nama...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya