Menu

21 Agu 2018, 21:28 WIB

LPPM UMMI Gelar Workshop Nasional Kekayaan Intelektual dan Drafting Paten

Sejumlah peserta Worksop tengah mendengarkan paparan dari narasumber. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar workshop nasional Kekayaan Intelektual Komunal dan Drafting Paten di Auditorium UMMI, Jalan R. Syamsudian SH, Kota Sukabumi, Kamis (16/8/2018).

Workshop ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan esensial dalam pengelolaan kekayaan intelektual, karena perguruan tinggi merupakan institusi yang menjadi basis aktivitas intelektual.

Workshop nasional yang membahas beberapa tema tersebut diikuti sebanyak 90 peserta dan diselenggarakan selama satu hari, mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Adapun beberapa tema yang dibahas dintaranya Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dan tatacara mengajukan HAKI Hak Cipta dan Merk dengan narasumber dari Direktur Teknologi Informasi Kekayaan Intelektual DJKI Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Ir. Razilu, M.Si.

HAKI merupakan karya inovasi anak bangsa yang bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum bagi pencipta dengan memberikan hak khusus untuk mengkomersialkan karya ciptanya mendorong kegiatan penelitian dan pengembangan untuk penemuan baru di berbagai bidang teknologi memberikan perlindungan hukum dan sekaligus sebagai pendorong kreativitas bagi masyarakat serta meningkatkan produktivitas dan daya saing produk Indonesia.

BACA JUGA: Dosen dan Alumni FKIP UMMI Jadi Instruktur Guinness World Records Poco-Poco Dance 2018

Sedangkan Paten merupakan  hak  eksklusif yang diberikan oleh negara kepada  Inventor  atas  hasil  invensinya  di  bidang  teknologi selama  waktu tertentu  melaksanakan  sendiri  invensinya  tersebut  atau memberikan persetujuannya  kepada  pihak  lain  untuk  melaksanakannya.

Kemudian materi dilanjutkan oleh Salih Muharam, M.Si., Peraih Uber HAKI/ Ketua Divisi Transfer Teknologi Sentral KI LPPM UMMI.

Kegitan workshop tersebut menggunakan model round table dengan mengelompokkan peserta kedalam beberapa grup dengan diskusi dan tanya jawab. Selain dosen UMMI peserta juga datang dari dosen luar kampus UMMI yang berasal dari Sukabumi, Bogor, Cianjur, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, dan Jakarta.

Reporter : HUMAS UMMI
Redaktur : KHAERU SOBRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Investasi besar-besaran akan kembali digelontorkan negara Timur Tengah untuk mengakuisisi klub Liga Primer Inggris. Teranyar, Pengeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman dikabarkan telah menjalin kesepakatan untuk membeli...

SUKABUMIUPDATE.com - Hari kelima proses pencarian Angga Kusuma Wijaya, wisatawan yang hilang misterius di objek wisata pantai daerah Cisolok, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, belum membuahkan hasil. Hingga Selasa (28/1/2020) Tim...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah studi dilakukan tim sports science mengenai kecepatan pukulan Manny Pacquiao. Mereka terkejut dengan hasil penelitiannya. Berdasarkan hasil studi, pukulan ikon tinju dunia itu lebih cepat dari kedipan...

SUKABUMIUPDATE.com - KPU Kabupaten Sukabumi merilis data terbaru calon anggota adhoc PPK yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, Selasa (28/1/2020). Dari 799 pendaftar, hanya 755 peserta yang bisa melanjutkan ke...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya