Menu

Kamis, 08 Pebruari 2018, 11:22 WIB

Siswa SMAN 1 Surade Sukabumi Berbagi Darah

Kegiatan donor darah yang diikuti siswa kelas XII SMAN 1 Surade Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Demi Pratama, AP

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Palang Merah Remaja Wira SMAN 1 Surade Kabupaten Sukabumi, menggelar kegiatan bakti sosial donor darah yang diikuti siswa kelas XII, Kamis (8/2/2018). Kegiatan ini dilakukan bersama pihak PMI Cabang Kabupaten Sukabumi.

Siswa yang mengikuti kegiatan ini begitu antusias dan secara bergiliran mereka memasuki ruangan yang disediakan Anggota PMR Wira.

BACA JUGA: PMI Kabupaten Sukabumi, Tak Hanya Sekedar Donor Darah

Pembina PMR SMAN 1 Surade Dian Heryani menuturkan kegiatan ini bertujuan menumbuhkan jiwa sosial siswa terhadap sesama dan merasakan pentingnya darah bagi kehidupan. Sebab darah yang mereka donor kan mampu menyelamatkan nyawa orang lain.

"Donor darah  ini dilaksanakan rutin dan sudah berjalan tiga tahun. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari ekstra kulikuler PMR SMAN 1 Surade," ujar Dian kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Komunitas VOG-I Datangi PMI Kota Sukabumi

Dian menambahkan bahwa yang diwajibkan mengikuti kegiatan ini adalah semua siswa kelas XII, karena rata-rata sudah berusia 17 tahun. "Dalam pelaksanaannya anak-anak hanya sebagai peserta donor, tetap pelaksanaan nya oleh TIM dari Unit Transfusi Darah (UTD) Kabupaten Sukabumi," ungkapnya.

Kabid Donor Darah UTD Kabupaten Sukabumi Wahyu Somantri (33 tahun) menjelaskan, target dalam kegiatan donor darah di SMAN 1 Surade ini sebanyak 100 kantong darah dengan catatan yang memenuhi kriteria.

BACA JUGA: PMI Kabupaten Sukabumi Kekurangan Stok Darah

"Sebelum kita adakan kegiatan donor darah terlebih dahulu kami adakan pemeriksaan kesehatan," jelas Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu menuturkan, klasifikasi pendonor minimal berusia 17 tahun kemudian berat badan minimal 45 kg kondisi sehat dengan tekanan darah normal juga angka Hb minimal 12,5 gr persen. Terakhir tidak sedang minum obat selama dua hari terakhir.

"Kami berharap kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat luas karena saat ini UTD PMI Pusat sedang membutuhkan banyak darah mengingat banyaknya terjadi peristiwa bencana," terangnya.

BACA JUGA: Donor Yuk, Kota Sukabumi Kekurangan Darah A dan O

Sementara itu, ketua PMR Wira SMAN 1 Surade Anita Fuji Lestari mengungkapkan donor tersebut adalah pengalaman pertamanya. Namun, hal itu tak menjadi alasan untuk takut karena niatnya ingin menolong sesama.

"Kami sangat bangga ketika kami bisa menolong orang yang membutuhkan, semoga kedepannya kami bisa rutin mendonorkan darah kami, " pungkas Anita.

Reporter : DEMI PRATAMA, AP
Redaktur : ANDRI. S
Sumber : Demi Pratama, AP
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved