Menu

Sabtu, 19 Agustus 2017, 16:18 WIB

ITB Kalah dari UGM, Ini Kata Rektor

Kampus ITB. | Sumber Foto:itb.ac.id

SUKABUMIUPDATE.com - Kementeiran Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengumumkan pemeringkatan perguruan tinggi. ITB yang tahun lalu berada di posisi 1, kini turun peringkat. “ITB kini rangking 2 nasional. Pertama UGM. Bagus kan UGM jadi benchmark,” kata Rektor Institut Teknologi Bandung Kadarsah Suryadi di kampusnya, di Bandung, Jumat, 18 Agustus 2017.

Kadarsah mengaku belum mengetahui  parameter yang dimenangkan UGM. “Kita belum lihat, karena kriterianya baru ini. Beda dengan tahun lalu. Ini kriteria baru yang diterapkan oleh Kementerian. (Parameternya banyak) saya gak hafal,” kata dia.

Kendati demikian, Kadarsah mengapresiasi pemeringkatan perguruan tinggi nasional yang diumumkan Kementeiran Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi, Kamis, 17 Agustus 2017. “Baru kemarin diumumkan. Kita harus apresiasi. UGM sekarang jadi benchmark. Kan giliran, boleh. Salut, Ahhamdulillah. Kita harus maju bersama,” kata dia.

Kadarsah mengatakan, kampusnya menerima hasil pemeringkatan itu. “Alhamdulillah itu adalah fakta, harus terima fakta apapun. Karena kata ‘De Masif’ ada 4 rumus: hidup ini anugerah, syukuri apa yang ada, jalani hidup ini, lakukan yang terbaik,” kata dia.

Menurut Kadarsah, pemeringkatan itu bukan tujuan. “Rangking itu alat untuk mengukur tingkat kesehatan sebuah universitas, jadi jangan sekali-kali kita jadikan rangking sebagai tujuan. Karena ketika check-up di rumah sakit atau laboratorium kan yang diperiksa itu kesehatan badan kita bukan rangking berapa sehatnya. Jadi untuk diri kita sendiri supaya tahu di mana kurang sehatnya, di situ kita perbaiki,” kata dia.

Kamis, 17 Agustus 2017, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengumumkan hasil klasterisasi perguruan tinggi di Indonesia tahun 2017. Disebutkan, klasterisasi dialkan untuk memetakan perguruan tinggi di Indonesia guna meningkatkan mutu. “Klasterisasi atau perankingan perguruan tinggi ini ke depan diharapkan dapat menjadikan perguruan tinggi Indonesia semakin berkualitas,” kata Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhamad Nasir.

Hasil pemeringkatan itu di antaranya ditujukan pada pemeringkatan pada perguruan tinggi yang masuk Klaseter 1:
Universitas Gadjah Mada
Institut Teknologi Bandung (ITB )
Institut Pertanian Bogor
Universitas Indonesia
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Universitas Diponegoro
Universitas Airlangga
Universitas Brawijaya
Universitas Hasanuddin
Universitas Negeri Yogyakarta
Universitas Sebelas Maret
Universitas Andalas
Universitas Pendidikan Indonesia
Universitas Padjajaran

Sumber: Tempo

Sumber : itb.ac.id
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Google memperingati hari ulang tahun Olga Ladyzhenskaya yang ke-97 tahun melalui doodle di halaman utama pencarian. Doodle tersebut bernuansa kuning pekat dengan simbol matematika mengenai persamaan diferensial...

SUKABUMIUPDATE.COM - Universitas Gadjah Mada mengadakan penyuluhan tentang pakan ternak bagi sekitar 200 peternak se-Daerah Istimewa Yogyakarta. "Kami memberikan penyuluhan kepada sekitar 200 peternak dari berbagai daerah di DIY, khususnya...

SUKABUMIUPDATE.COM - Belasan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN), Jumat (16/9) kemarin mendatangi kampus STISIP Widyapuri Mandiri di komplek olahraga Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Kedatangan lembaga anti narkotika ini sempat membuat...

SUKABUMIUPDATE.COM - Selasa tepatnya 6 September merupakan hari yang bahagia yang dirasakan oleh penerima beasiswa Nusa Putra Peduli dan Beasiswa Bidik Misi Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra Sukabumi yang mana...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya