Menu

Senin, 14 Agustus 2017, 10:50 WIB

Pergi ke Sekolah, Pelajar Asal Kampung Cikaroya Kabupaten Sukabumi Tempuh Dua Kilometer

Jalan setapak yang setiap pagi dilintasi pelajar SD. | Sumber Foto:Garis Nurbogarullah

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap pagi sekitar pukul 05.30 WIB, sekitar 20 orang pelajar Sekolah Dasar (SD) dari Kampung Cikaroya, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menempuh jalan setapak yang dipenuhi ilalang, dengan struktur jalan naik turun bukit untuk untuk sampai ke sekolah. Jarak dari kampung ke sekolah tujuan mencapai kurang leih dua kilometer.

"Kasihan mereka, subuh sudah harus siap berangkat ke sekolah dan pukul 14.00 WIB baru sampai ke rumah," kata Abah Emon (60 tahun) sesepuh kampung Cikaroya kepada sukabumiupdate.com, Senin (14/8/2017).

BACA JUGA: Akses Sulit, Tengkulak Tawar Murah Hasil Pertanian Warga Kampung Cikaroya Kabupaten Sukabumi

Tambah Emon, jika turun hujan, mereka terpaksa tidak berangkat kesekolah karena jalannya lincin. "Ya terpaksa anak-anak bolos sekolah karena akses jalanya becek penuh lumpur apalagi melewati jalan yang terjal dan rumput ilalang," jelasnya.

Abah Emon ini menambahkan beruntung Bhabikamtibmas Desa Bencoy, Dikri Nurhakim membangun perpustakaan sehingga anak-anak jika tidak sekolah bisa belajar diperpustakaan.

"Alhamdulilkah ada pak Dikri sering nengok kesini bahkan membawakan buku-buku bacaan,"tandasnya.

BACA JUGA: Kampung Cikaroya Kabupaten Sukabumi Minim Penerangan

Sementara seorang anak Kampung Cikaroya, Suherman (14 tahun) mengatakan, sudah biasa berangkat sekolah dengan anak-anak lainya dan jika hujan kompakan tidak masuk.

"Cape tapi saya juga ingin sekolah. Hanya sat hujan turun kami kompaka tidak sekolah, karena takut tergelincir di jalan yang licin, "singkatnya.

Reporter : GARIS NURBOGARULLAH
Redaktur : RONY M SAMOSIR
Sumber : Garis Nurbogarullah
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu tren modifikasi sepeda motor adalah penggunaan ban berukuran kecil dengan pelek besar atau juga disebut sebagai Hellaflush. Sebelumnya, Hellaflush merupakan aliran modifikasi pada mobil. Namun modifikasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Cidadap (FKMC) Kecamatan Simpenan mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Jumat (22/11/2019). Mereka yang datang merupakan tim sukses...

SUKABUMIUPDATE.com - UPT Pengendalian Penduduk (Dalduk) Jampang Kulon, sosialisasi dan memberikan pembinaan tentang kesehatan, lingkungan dan peran penting keluarga kepada masyarakat, di Kampung KB Cibenda Desa Cikarang, Kecamatan Jampang...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengungkapkan, pelakasanaan pilkada langsung di Indonesia turut menyebabkan 826 pasangan suami istri atau pasutri bercerai, terutama di daerah Jawa. "Data terakhir itu...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya