Menu

14 Agu 2017, 10:50 WIB

Pergi ke Sekolah, Pelajar Asal Kampung Cikaroya Kabupaten Sukabumi Tempuh Dua Kilometer

Jalan setapak yang setiap pagi dilintasi pelajar SD. | Sumber Foto:Garis Nurbogarullah

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap pagi sekitar pukul 05.30 WIB, sekitar 20 orang pelajar Sekolah Dasar (SD) dari Kampung Cikaroya, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menempuh jalan setapak yang dipenuhi ilalang, dengan struktur jalan naik turun bukit untuk untuk sampai ke sekolah. Jarak dari kampung ke sekolah tujuan mencapai kurang leih dua kilometer.

"Kasihan mereka, subuh sudah harus siap berangkat ke sekolah dan pukul 14.00 WIB baru sampai ke rumah," kata Abah Emon (60 tahun) sesepuh kampung Cikaroya kepada sukabumiupdate.com, Senin (14/8/2017).

BACA JUGA: Akses Sulit, Tengkulak Tawar Murah Hasil Pertanian Warga Kampung Cikaroya Kabupaten Sukabumi

Tambah Emon, jika turun hujan, mereka terpaksa tidak berangkat kesekolah karena jalannya lincin. "Ya terpaksa anak-anak bolos sekolah karena akses jalanya becek penuh lumpur apalagi melewati jalan yang terjal dan rumput ilalang," jelasnya.

Abah Emon ini menambahkan beruntung Bhabikamtibmas Desa Bencoy, Dikri Nurhakim membangun perpustakaan sehingga anak-anak jika tidak sekolah bisa belajar diperpustakaan.

"Alhamdulilkah ada pak Dikri sering nengok kesini bahkan membawakan buku-buku bacaan,"tandasnya.

BACA JUGA: Kampung Cikaroya Kabupaten Sukabumi Minim Penerangan

Sementara seorang anak Kampung Cikaroya, Suherman (14 tahun) mengatakan, sudah biasa berangkat sekolah dengan anak-anak lainya dan jika hujan kompakan tidak masuk.

"Cape tapi saya juga ingin sekolah. Hanya sat hujan turun kami kompaka tidak sekolah, karena takut tergelincir di jalan yang licin, "singkatnya.

Reporter : GARIS NURBOGARULLAH
Redaktur : RONY M SAMOSIR
Sumber : Garis Nurbogarullah
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - MotoGP Ceko yang digelar kemarin (9/8/2020) boleh jadi berlangsung dengan cukup banyak kejutan. Dilansir dari Suara.com, kejutan itu dimulai dari kemenangan dari tim KTM, kembalinya Johann Zarco...

SUKABUMIUPDATE.com - Pada kondisi tertentu, perasaan rendah diri atau insecure kerap menghantui pikiran. Hal ini dapat menghambat orang untuk maju. Tapi alih-alih mengembangkan diri agar perasaan insecure berkurang, terkadang...

SUKABUMIUPDATE.com - Gelandang asal Wales, Aaron Ramsey, dipersilakan pergi dari Juventus. Sebab, eks pemain Arsenal ini tidak masuk dalam rencana pelatih anyar klub Kota Turin, Andrea Pirlo. Ramsey bergabung dengan...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono membagikan video resepsi drive thru di wilayahnya. Ia menyebut konsep resepsi drive thru bisa menjadi solusi pesta pernikahan di tengah...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya