SMK Animasi RUS Siapkan Karya Perdana

Rabu 16 November 2016, 02:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Sejak tahun lalu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Raden Umar Said Kudus, Jawa Tengah membuka jurusan animasi.

SMK yang semula adalah sekolah percetakan itu sekarang mempunyai studio animasi yang canggih yang tidak kalah oleh studio animasi besar sekelas Pixar.

"Sekolah animasi ini didirikan pada Juli 2015. Siswa yang diterima 26 orang dari 26 yang mendaftar," ujar Program Director Djarum Foundation Primadi H Serad di Kudus, Selasa (15/11).

Ia mengatakan, sekolah tersebut adalah salah satu dari SMK binaan program Djarum Bakti Pendidikan yang sejak 2012 membuat program pengembangan sekolah vokasi (kejuruan).

Primadi mengatakan, saat mendaftar masuk ke sekolah tersebut, sebagian dari siswa tidak mempunyai pengalaman menggunakan perangkat komputer dan tidak mempunyai jiwa seni. "Di sini kita kasih komputer terbaik yang pernah ada untuk animasi, seperti yang dipakai oleh Pixar," katanya. Untuk tahun kedua (2016), jurusan animasi menerima sekitar 70 siswa yang terbagi dalam dua kelas.

Sekolah yang baru dua tahun berdiri itu saat ini sedang menggarap proyek film animasi pendek yang diharapkan bisa selesai pada Februari 2017.

Film berjudul "Pasoa dan Sang Pemberani" berdurasi sekitar 22 menit tersebut rencananya akan ditayangkan di bioskop blitz megaplex, ujar salah seorang pengajar di jurusan animasi, Riska Herdika Yutari.

Guru lulusan Universitas Indraprasta PGRI Jakarta itu menyebutkan, para siswa jurusan animasi menghabiskan sebagian besar jam belajar mereka di studio.

"Sehari-hari mereka mendapat mata pelajaran umum pada pukul 07.00 hingga 10.00 WIB setelah itu mereka belajar animasi di studio," katanya Rabu (16/11).

Apalagi saat ini mereka sedang mengejar penyelesaian film yang ditargetkan selesai awal tahun depan.

"Saat ini, produksinya sudah hampir 50 persen," ujar Elsa Alfira, siswi kelas 11 yang ikut mengerjakan film tersebut di bagian efek dan animasi gerak.

Ia mengatakan, ada sekitar 20an siswa sekolah tersebut yang terlibat mengerjakan fiim aninasi ini dibantu oleh guru dan disupervisi oleh para profesional dari Bali Animasi Solusi Ekakarya.

Sekolah swasta tersebut membebankan biaya SPP sebesar Rp200 ribu per bulan untuk jurusan nonanimasi, dan Rp300 ribu untuk jurusan animasi.

Sekolah kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan Animasi adalah salah satu program pengembangan sekokah kejuruan yang dilakukan Djarum Foundation melalui program Djarum Bakti Pendidikan.

Program tersebut adalah mengembangkan beberapa program keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri sehingga SMK menghasilkan lulusan yang siap pakai.

"Yang dilakukan adalah memastikan kurikulum yg terpakai oleh industri, melatih guru sesuai kurikulum, menyiapkan infrastruktur, memberi beasiswa, dan mengundang industri untuk terlibat," katanya.

Selain membina sekolah kejuruan animasi di SMK RUS, terdapat 10 SMK lainnya yang dibina dalam program pengembangan sekolah kejuruan itu, termasuk jurusan kuliner, fashion dan pelayaran.

Salah satunya adalah Sekolah Kuliner Dapur Nusantara BNI (Kudapan BNI) yang terdapat di SMK Negeri 1 Kudus dan sekolah fashion di SMK NU Banat yang mengkhususkan disain busana muslim.

Menurut Primadi, Sekolah Kuliner Dapur Nusantara adalah satu-satunya SMK jurusan tata boga yang khusus mengajarkan masakan-masakan tradisonal Indonesia. Untuk memberi pengalaman internasional, para siswa diberi kesempatan untuk mengajar memasak masakan Indonesia kepada seribu anak-anak pada penyelenggaraan Frankfurt Book Fair.

Sementara siswa-siswa jurusan fashion di SMK NU Banat, pernah mencicipi panggung peragaan busana Asians Fashion Spotlight di Hong Kong dan mencari pasar untuk produk mereka.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992