Menu

24 Peb 2020, 15:45 WIB

Pemilihan Anggota BPD Waluran Sukabumi Serentak, Cek Hasilnya!

Proses pemilihan anggota BPD Waluran serentak dilakukan di Aula Kantor Desa Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:RAGIL GILANG

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, melaksanakan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2020-2026, di Aula Kantor Desa Waluran, Senin (24/2/2020). 

BACA JUGA: Pemdes Waluran Sukabumi Bagikan Insentif Dana Desa Usai Pengajian Rutin

Sekretaris panitia pemilihan anggota BPD Waluran Asep Unang menjelaskan, pemilihan anggota BPD Waluran dilaksanakan serentak dan diikuti keterwakilan dari setiap dusun.

"Dari Dusun 1 Girilaya sebanyak ada tiga calon, Dusun II Pamoyanan tiga calon, Dusun III Pangkalan tiga calon, Dusun IV Cimulek empat calon, Dusun V Cibeber dua calon, dan keterwakilan dari perempuan sebanyak dua calon. Sementara jumlah hak pilih suara dari lima kedusunan sebanyak 178 orang," ujarnya kepada sukabumiupdate.com. 

Menurut Asep, pemilihan BPD ini baru pertama dilakukan secara serentrak. Kuota anggota BPD Waluran ini, sambung dia sebanyak tujuh orang, dari setiap dusun diambil satu orang dengan suara terbanyak.

"Kecuali dusun IV diambil dua orang, karena jumlah penduduk banyak, keterwakilan perempuan diambil satu orang. Alhamdulillah, masyarakat cukup antusias, dari jumlah hak suara 178 yang tidak hadir hanya 14 orang, tingkat kehadiran mencapai 90 persen," pungkasnya.

BACA JUGA: Selamat! BPD Caringinunggal Sukabumi Resmi Dilantik

Sementara itu Kepala Desa Waluran Dudi Rusdiaman menuturkan, dari hasil pemilihan anggota BPD Waluran, akan segera dilaporkan ke Kecamatan Waluran. Kemudian nanti dilaporkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi.

"Cara dan teknisnya disesuaikan dengan Undang-undang Desa No 6 tahun 2014, Perbup Nomor 15 tahun 2018, dan Permendagri Nomor 110 tahun 2016 tentang BPD. Dulu dipilih di setiap kedusunan, baru hasilnya dibawa ke desa, sekarang tempatnya di desa dan warga setiap kedusunan memilih calon perwakilan setiap dusun," pungkasnya.

Dari hasil pemilihan anggota BPD Waluran, terpilih dari Dusun Girilaya Boyke Sumiarsa, Dusun Pamoyanan Hulaepah, Dusun Pangkalan Ulan Yanter, Dusun Cimulek Dede Gumelar dan Budi Kumaeni , Dusun Cibeber Dede Saprudin, serta perwakilan perempuan Elih.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Di awal pandemi COVID-19, anak-anak disebut sebagai kelompok usia yang relatif tidak rentan terinfeksi virus corona. Melansir dari tempo.co, namun, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengemukakan fakta...

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari suara.com, pandemi virus corona memang tidak hanya membuat orang terinfeksi Covid-19. Tapi juga membuat pasien penyakit lainnya mestir menunda pengobatannya. Selama lebih dari dua bulan sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Selama lebih dari dua bulan di rumah saja, setiap orang tentu mengalami perubahan dari segi kegiatan. Dilansir dari tempo.co, beberapa di antaranya mungkin melakukan dengan berlebihan, namun...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Cianjur tercatat dalam daftar 15 kota/kabupaten di Jawa Barat yang termasuk level 2 atau zona biru pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya