Menu

29 Nov 2019, 14:15 WIB

Kemarau Panjang, Pemdes Cikangkung dan BPBD Sukabumi Distribusikan Air Bersih

Truk tangki BPBD kabupaten Sukabumi distribusikan air bersih di Kedusunan Cibuluh Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:RAGIL GILANG

SUKABUMIUPDATE.com - Dampak kemarau panjang yang terjadi di wilayah Sukabumi, mengakibatkan sumber air bersih warga mengalami kekeringan. Bahkan aliran sungai yang menjadi tumpuan terakhir warga pun mengalami hal yang sama.  

BACA JUGA: Pemdes Cikangkung Sukabumi Upayakan Rehab Rumah Wa Eroh pada Tahun Depan

Seperti yang terjadi di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Selama tujuh bulan terakhir ini sumber air bersih maupun sumur warga mengalami kekeringan.  

Untuk mengatasi persoalan itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Cikangkung bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Sukabumi, berupaya mendistribusikan air bersih dengan menggunakan tangki 5000 liter. 

"Ini yang kedua kalinya Pemdes Cikangkung mendistribusikan air bersih kepada warga. Pertama bulan kemarin sebanyak sembilan tangki," ujar Kepala Desa Cikangkung, Gunawan kepada sukabumiupdate.com, Jumat (29/11/2019).

BACA JUGA: Pemdes Cikangkung Sukabumi Angkat Potensi Mubaligh di Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah

Gunawan menjelaskan, dampak kemarau panjang tahun ini membuat sumber air, maupun sumur warga yang ada di Desa Cikangkung mengalami kekeringan. Termasuk sungai-sungai yang sering dimanfaatkan warga.

"Selama tiga bulan terakhir warga masih bisa memanfaatkan aliran Sungai Cibalengbeng dan membuat sumur dadakan di lokasi sungai maupun di pesawahan. Sementara ini memang masih bisa diambil airnya, kendati harus antri dan sabar menunggu," katanya.

"Mudah-mudahan warga yang tidak kebagian bulan kemarin, bisa mendapatkan air bersih. Baru empat tangki dan rencana sampai malam, biar semua kebagian. Kami juga berharap segera turun hujan," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Habiskan weekend di rumah aja, nonton film Drama Korea seharian jadi kegiatan paling diminati selama pandemi.  Dilansir dari suara.com, nah daripada garing, bikin camilan Gabin Vla Tape di...

SUKABUMIUPDATE.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri memberikan penjelasan mengapa Liga 1 dan 2 harus dilanjutkan di tengah pandemi COVID-19. Beberapa poin disebutkan oleh mantan pelatih timnas Indonesia U-19...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy optimistis target yang dicanangkan Presiden Joko Widodo agar pengujian spesimen virus corona dengan metode polymerase chain reaction (PCR)...

  SUKABUMIUPDATE.com - Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Sukabumi akan mengirimkan surat ke Labkesda Jawa Barat (Jabar) dan Dinkes Provinsi Jabar terkait revisi jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Sukabumi. Sebelumnya, update kasus...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya