Menu

Jumat, 29 November 2019, 14:15 WIB

Kemarau Panjang, Pemdes Cikangkung dan BPBD Sukabumi Distribusikan Air Bersih

Truk tangki BPBD kabupaten Sukabumi distribusikan air bersih di Kedusunan Cibuluh Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:RAGIL GILANG

SUKABUMIUPDATE.com - Dampak kemarau panjang yang terjadi di wilayah Sukabumi, mengakibatkan sumber air bersih warga mengalami kekeringan. Bahkan aliran sungai yang menjadi tumpuan terakhir warga pun mengalami hal yang sama.  

BACA JUGA: Pemdes Cikangkung Sukabumi Upayakan Rehab Rumah Wa Eroh pada Tahun Depan

Seperti yang terjadi di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Selama tujuh bulan terakhir ini sumber air bersih maupun sumur warga mengalami kekeringan.  

Untuk mengatasi persoalan itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Cikangkung bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Sukabumi, berupaya mendistribusikan air bersih dengan menggunakan tangki 5000 liter. 

"Ini yang kedua kalinya Pemdes Cikangkung mendistribusikan air bersih kepada warga. Pertama bulan kemarin sebanyak sembilan tangki," ujar Kepala Desa Cikangkung, Gunawan kepada sukabumiupdate.com, Jumat (29/11/2019).

BACA JUGA: Pemdes Cikangkung Sukabumi Angkat Potensi Mubaligh di Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah

Gunawan menjelaskan, dampak kemarau panjang tahun ini membuat sumber air, maupun sumur warga yang ada di Desa Cikangkung mengalami kekeringan. Termasuk sungai-sungai yang sering dimanfaatkan warga.

"Selama tiga bulan terakhir warga masih bisa memanfaatkan aliran Sungai Cibalengbeng dan membuat sumur dadakan di lokasi sungai maupun di pesawahan. Sementara ini memang masih bisa diambil airnya, kendati harus antri dan sabar menunggu," katanya.

"Mudah-mudahan warga yang tidak kebagian bulan kemarin, bisa mendapatkan air bersih. Baru empat tangki dan rencana sampai malam, biar semua kebagian. Kami juga berharap segera turun hujan," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Jangan becanda berlebihan di dalam pesawat. Apalagi menyebut soal bom dan bahan peledak. Seorang pria berinisial TH, penumpang pesawat AirAsia, di Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta, harus menanggung...

SUKABUMIUPDATE.com - Longsor melanda Kampung Cidadap RT 10/02 Desa Muaradua, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jumat (6/12/2019) malam, sekitar pukul 20.30 WIB. Longsor terjadi menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur Sukabumi menyebabkan longsor di sejumlah titik, Jumat (6/12/2019). Bencana tersebut tak hanya terjadi di daerah permukiman saja, tanah yang berada tepat di bawah rel...

SUKABUMIUPDATE.com -  Kepala Polri Jenderal Idham Azis menunjuk Inspektur Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim). Dari salinan Telegram Rahasia yang beredar pada Jumat, 6 Desember...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya