Para Perempuan Pemenang Pilkades Serentak 2019 di Kabupaten Sukabumi

Rabu 20 November 2019, 10:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com –Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 di Kabupaten Sukabumi menghasilkan 240 pejabat kepala desa terpilih. Dari jumlah ini, 9 diantaranya adalah para srikandi atau figur perempuan yang mampu membuktikan diri sebagai pemenang dalam memikat dukungan warga untuk menuju kursi kepala desa. 

Dari rekap hasil perolehan suara calon kepala desa Pilkades Serentak tahun 2019 yang dikeluarkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, pada hari Minggu 17 November 2019 silam, 240 kades dinyatakan terpilih. Dari 240 orang ini ada incumbent dan muka baru, mayoritas laki-laki, hanya ada 9 perempuan yang berhasil membuktikan diri sebagai pengumpul dukunga terbanyak untuk menjadi kades terpilih.

Di Desa Cikadu Kecamatan Palabuhanratu calon nomor urut 4 Neng Elva Yulianti terpilih dengan raihan suara terbanyak yaitu 1394. Selain Neng Elva ada calon perempuan lainnya dalam Pilkades Cikadu yaitu Tuti Maryati nomor urut 2, yang hanya mampu meraup 185 suara, sedangkan pesaing terkuat Neng Elva adalah calon nomor urut 1 Hasim dengan 1299 suara.

Perempuan lainnya yang berhasil memenangkan suara terbanyak dalam pilkades serentak 2019 di Kabupaten Sukabumi yaitu Desi Safari calon nomor urut 1 di Desa Ridogalih Kecamatan Cikakak. Dengan raihan 909 suara Desi berhasil menumbangkan calon incumbent Dudun Supriadi (nomor urut 3) yang hanya mengantongi 486 suara. 

Selanjut Pilkades Mekarnangka Kecamatan Cikidang yang menempatkan Maryati (nomor urut 1) sebagai peraih dukungan terbanyak yaitu 757 suara. Perempuan ini berhasil mengalahkan dua pesainganya, Hada Rustandar (667 suara) dan Ajie Fachrojie (543 suara).

Yati Haryati calon nomor urut 4 adalah kades terpilih dalam Pilkades 2019 di Desa Kertaraharja Kecamatan Cikembar. Yati berhasil mengalahkan empat calon lainnya dengan raihan dukungan cukup telak, 1156 suara.

Perempuan lainnya yang berhasil menjadi pemenang dalam pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi adalah Yulianti dan Dini Rahmawati, keduanya bertarung di pemilihan kepala desa di wilayah Kecamatan Parungkuda. Yulianti (nomor urut 4) jadi pemenang dalam Pilkades Kompa dengan 1303 suara, mengalahkan empat calon lainnya.

BACA JUGA: Pilkades Purwasedar Sukabumi Dibawa ke Jalur Hukum? Panitia: Kami Sesuai Aturan

Sedangkan Dini Rahmawati (nomor urut 4) masih cukup tangguh untuk dikalahkan oleh tiga calon kades Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda. Dengan 1258 suara, Dini adalah calon incumbent yang kembali terpilih untuk masa bhakti selanjutnya.

Figur lainnya yang masih cukup tangguh dalam ajang perebutan kursi kepala desa tahun adalah Rina Nuraeni (nomor urut 1) di Pilkades Makasari Kecamatan Kalapanunggal. Rina mengumpulkan dukungan 2285 suara, cukup jauh dibandingkan raihan suara empat calon lainnya di Desa Makasari. 

Heni Mulyani, perempuan yang satu ini juga mampu meraih kemenangan di Pilkades Cikujang Kecamatan Gunungguruh. Dengan nomor urut 3, Heni adalah mantan kades (bukan incumbent) yang kembali merebut kursi Kepala Desa Cikujang yang pernah ditinggalkan dalam pilkades periode sebelumnya. Dengan 1229 suara, Ia mengalahkan calon incumbent dan dua calon lainnya di Pilkades Cikujang 2019.

BACA JUGA: Pilkades Berujung Perselisihan? Analis Kebijakan Publik Sukabumi: Ada Dua Jalan Penyelesaian

Srikandi lainnya yang mampu mendapatkan kepercayaan mayoritas warga untuk menjadi Kepala Desa Semplak Kecamatan Sukalarang periode 2019 – 2025 adalah Nura Widarnangti. Calon nomor urut 2 ini mampu mengalahkan empat pesaingnya di Pilkdes Semplak dengan raihan 982 suara.

Inilah sembilan srikandi yang berhasil menjadi kades terpilih dalam ajang pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi tahun 2019. Mereka akan segera mengikuti pembekalan sebagai pejabat baru pemerintah daerah sebelum dilantik.

“Ada pembekalan dulu sebagai pemula dan selanjutnya langsung pelantikan kades terpilih 2019,” singkat Dedi Kusnadi, Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa (Adpemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Rabu (20/11/2019). 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih20 April 2024, 14:41 WIB

Punya 10 Kursi! PKS-PAN Satu Fraksi di DPRD Sukabumi, Siap Seperahu untuk Pilkada 2024

Dalam pilkada serentak 2024, diperlukan persyaratan minimal 20 persen kursi parlemen untuk mencalonkan bupati/wakil bupati.
Pertemuan PKS dan PAN di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi