Menu

20 Nov 2019, 17:52 WIB

Para Perempuan Pemenang Pilkades Serentak 2019 di Kabupaten Sukabumi

Tujuh dari sembilan perempuan (srikandi) yang menjadi pemenang Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Sukabumi | Sumber Foto:sukabumiupdate.com (Boediono)

SUKABUMIUPDATE.com –Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 di Kabupaten Sukabumi menghasilkan 240 pejabat kepala desa terpilih. Dari jumlah ini, 9 diantaranya adalah para srikandi atau figur perempuan yang mampu membuktikan diri sebagai pemenang dalam memikat dukungan warga untuk menuju kursi kepala desa. 

Dari rekap hasil perolehan suara calon kepala desa Pilkades Serentak tahun 2019 yang dikeluarkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, pada hari Minggu 17 November 2019 silam, 240 kades dinyatakan terpilih. Dari 240 orang ini ada incumbent dan muka baru, mayoritas laki-laki, hanya ada 9 perempuan yang berhasil membuktikan diri sebagai pengumpul dukunga terbanyak untuk menjadi kades terpilih.

Di Desa Cikadu Kecamatan Palabuhanratu calon nomor urut 4 Neng Elva Yulianti terpilih dengan raihan suara terbanyak yaitu 1394. Selain Neng Elva ada calon perempuan lainnya dalam Pilkades Cikadu yaitu Tuti Maryati nomor urut 2, yang hanya mampu meraup 185 suara, sedangkan pesaing terkuat Neng Elva adalah calon nomor urut 1 Hasim dengan 1299 suara.

Perempuan lainnya yang berhasil memenangkan suara terbanyak dalam pilkades serentak 2019 di Kabupaten Sukabumi yaitu Desi Safari calon nomor urut 1 di Desa Ridogalih Kecamatan Cikakak. Dengan raihan 909 suara Desi berhasil menumbangkan calon incumbent Dudun Supriadi (nomor urut 3) yang hanya mengantongi 486 suara. 

Selanjut Pilkades Mekarnangka Kecamatan Cikidang yang menempatkan Maryati (nomor urut 1) sebagai peraih dukungan terbanyak yaitu 757 suara. Perempuan ini berhasil mengalahkan dua pesainganya, Hada Rustandar (667 suara) dan Ajie Fachrojie (543 suara).

Yati Haryati calon nomor urut 4 adalah kades terpilih dalam Pilkades 2019 di Desa Kertaraharja Kecamatan Cikembar. Yati berhasil mengalahkan empat calon lainnya dengan raihan dukungan cukup telak, 1156 suara.

Perempuan lainnya yang berhasil menjadi pemenang dalam pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi adalah Yulianti dan Dini Rahmawati, keduanya bertarung di pemilihan kepala desa di wilayah Kecamatan Parungkuda. Yulianti (nomor urut 4) jadi pemenang dalam Pilkades Kompa dengan 1303 suara, mengalahkan empat calon lainnya.

BACA JUGA: Pilkades Purwasedar Sukabumi Dibawa ke Jalur Hukum? Panitia: Kami Sesuai Aturan

Sedangkan Dini Rahmawati (nomor urut 4) masih cukup tangguh untuk dikalahkan oleh tiga calon kades Bojongkokosan Kecamatan Parungkuda. Dengan 1258 suara, Dini adalah calon incumbent yang kembali terpilih untuk masa bhakti selanjutnya.

Figur lainnya yang masih cukup tangguh dalam ajang perebutan kursi kepala desa tahun adalah Rina Nuraeni (nomor urut 1) di Pilkades Makasari Kecamatan Kalapanunggal. Rina mengumpulkan dukungan 2285 suara, cukup jauh dibandingkan raihan suara empat calon lainnya di Desa Makasari. 

Heni Mulyani, perempuan yang satu ini juga mampu meraih kemenangan di Pilkades Cikujang Kecamatan Gunungguruh. Dengan nomor urut 3, Heni adalah mantan kades (bukan incumbent) yang kembali merebut kursi Kepala Desa Cikujang yang pernah ditinggalkan dalam pilkades periode sebelumnya. Dengan 1229 suara, Ia mengalahkan calon incumbent dan dua calon lainnya di Pilkades Cikujang 2019.

BACA JUGA: Pilkades Berujung Perselisihan? Analis Kebijakan Publik Sukabumi: Ada Dua Jalan Penyelesaian

Srikandi lainnya yang mampu mendapatkan kepercayaan mayoritas warga untuk menjadi Kepala Desa Semplak Kecamatan Sukalarang periode 2019 – 2025 adalah Nura Widarnangti. Calon nomor urut 2 ini mampu mengalahkan empat pesaingnya di Pilkdes Semplak dengan raihan 982 suara.

Inilah sembilan srikandi yang berhasil menjadi kades terpilih dalam ajang pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi tahun 2019. Mereka akan segera mengikuti pembekalan sebagai pejabat baru pemerintah daerah sebelum dilantik.

“Ada pembekalan dulu sebagai pemula dan selanjutnya langsung pelantikan kades terpilih 2019,” singkat Dedi Kusnadi, Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa (Adpemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Rabu (20/11/2019). 

 

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ekonom senior, Emil Salim memohon kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi membatalkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12 Tahun 2020 yang mengizinkan 318 juta ekor benih...

SUKABUMIUPDATE.com - Jenazah Zayyan Dhiyandra Hanifan (18 tahun) wisatawan yang tenggelam terseret ombak di Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi berhasil ditemukan, Minggu (9/8/2020) sekitar pukul 16.45 WIB. Informasi yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Minuman es kelapa muda dengan gula merah atau gula aren tidak hanya menyegarkan tenggorokan, namun juga bagus untuk tubuh kita. Apalagi kalau es kelapa nan segar itu...

SUKABUMIUPDATE.com - Saan Mustopa, politisi senior sekaligus Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat menyebut kawasan objek wisata selatan Jawa Barat, khususnya Unesco Global Geopark Ciletuh - Palabuhanratu memiliki potensi...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya