Menu

Selasa, 05 Maret 2019, 18:57 WIB

Dulu Tempat Sampah Liar, Kini Jadi Taman Legok Jodoh di Tenjolaya Cicurug Sukabumi

Slide foto sebelum dan sesudah, di pinggir jalan raya Kampung Pangkalan, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Garis Nurbogarullah.

SUKABUMIUPDATE.com - Kotor dan bau itulah kondisi salah satu sudut jalan kabupaten yang berada di Kampung Pangkalan RT 02/02, Desa Tenjolaya, Kecamatan Cucurug. Tempat sampah liar ini kemudian disulap warga, bersama pemerintah desa dan pihak swasta sekitar menjadi taman yang asri.

Awalnya, area badan jalan tersebut dijadikan tempat membuat sampah warga yang melintas. Bau, kotor dan tentunya mengundang penyakit.

Spanduk bertuliskan larangan membuang sampah yang dipasang di lokasi tersebut mampu menyetop kebiasaan jorok warga. "Kita lakukan pendekatan dengan para tokoh supaya bagaimana tidak menjadi tempat penampungan sampah kembali, akhirnya kita benahi manajemen sampah setiap seminggu sekali, dari situ kita kumpulkan disatu ke RTan lalu kita angkut, " jelas kepala desa Tenjolaya, Aryo Bangun Adinoto kepada sukabumiupdate.com, Selasa (5/3/2019).

BACA JUGA: Disperkimsih Kabupaten Sukabumi Minta Masyarakat Sadar Kebersihan Lingkungan

Setelah manajemen sampah berjalan, lokasi tempat sampah liar ini akhirnya dibangun dan dipercantik menjadi taman desa. Namanya taman legok jodoh, yang saat ini mempercantik sudut jalan tersebut.

“Kita berharap ini dijaga bersama, termasuk membangun budaya bersih sehat dengan membuang sampah pada tempatnya,” pungkas kades.

Reporter : GARIS NURBOGARULLAH
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Program membayar pajak dengan sampah anorganik, berupa botol plastik Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Kabupaten Sukabumi II Palabuhanratu diapresiasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi. Kepala DLH...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Dewi Asmara siap menindak lanjuti perlunya regulasi tentang ekspor sampah ke luar negeri seperti ekspor sampah yang dibutuhkan negara Swedia. Hal ini...

SUKABUMIUPDATE.com -Masyarakat dari berbagai elemen dan komunitas berinisiatif membersihkan sampah yang mencemari sepanjang Sungai Cikakak, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (2/3/2019). Aksi bersih-bersih dimulai dari kolong Jembatan Cibarehong. Elemen yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi turun ke lokasi bencana longsor di Kampung Garehong, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Minggu (6/1/2019). Mereka turun untuk membersihkan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya