Menu

Rabu, 30 Januari 2019, 14:17 WIB

Pemdes Girimukti Sukabumi Gelar Sosialisasi Program PTSL

Sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 di aula kantor Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Rabu (30/1/2019). | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pemdes Girimukti menggelar sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 di aula kantor Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Sosialisasi dihadiri sekitar 200 warga Desa Girimukti dan perwakilan Muspika Ciemas serta Ketua PTSL tim 6 Aam Daryana mewakili kepala kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi.

"Kami melakukan beberapa tahapan sebelum pelaksanaan PTSL, seperti hari ini ada penyuluhan oleh petugas BPN, diikuti oleh warga peserta PTSL, "kata Kepala Desa Girimukti Akung Samsudin, Kepada sukabumiupdate.com, Rabu (30/1/2019). 

Setelah sosialisasi, tahapan selanjutnya adalah pendaftaran. Nantinya petugas akan mengklarifikasi riwayat tanah, yakni siapa pemilik tanah, dasar kepemilikan (hibah, warisan, jual beli), dan pajak (BPHTB /PPh). 

"Untuk biaya PTSL per bidang Rp 150 ribu, dan ditambah biaya warkah surat bukti kepemilikan tanah yang belum ada. Sebelumnya kami juga sudah melakukan sosialisasi atau penyuluhan kepada warga, terutama yang mempunyai tanah belum disertifikatkan," jelasnya.

BACA JUGA: Dapat Jatah 5.000 Bidang Tanah, Pemdes Ciwaru Sukabumi Sosialisasikan PTSL

Desa Girimukti memiliki kuota sebanyak 5.000 bidang bisa terserap. Apabila ada sisa kuota, bisa dilimpahkan ke desa yang lain di Kecamatan Ciemas, dengan koordinasi kepala kantor Pertanahan," pungkasnya.

 

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com- Hujan disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (30/1/2019) sore. Peristiwa pohon tumbang ini terjadi di jalan Jenderal Sudirman Blok Jajaway, di...

SUKABUMIUPDATE.com - DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar rapat paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD sisa masa jabatan 2014-2019 dari partai NasDem, di aula rapat gedung...

SUKABUMIUPDATE.com - Pasca dihantam bencana longsor dan banjir, Pada Jumat (24/1/2019) lalu, warga Kampung Cicadas dan Ciroay Desa Neglasari, Kecamatan Cibadak, masih tinggal di pengungsian hingga kini. Warga mengungsi sebab rumah rusak diterjang...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya