Menu

Jumat, 19 Oktober 2018, 15:32 WIB

Pemdes Cimanggu Sukabumi Salurkan 400 Kilogram Bantuan Benih Padi Merah

Kepala Desa Cimanggu menyerahkan bantuan benih beras merah kepada PPS dan Poktan. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi berikan bantuan benih padi merah sebanyak 400 kilogram kepada penyuluh pertanian swadaya (PPS) Desa Cimanggu. Benih tersebut nantinya akan disalurkan kepada 12 kelompok tani (Poktan).

"Benih padi merah 400 kilogram itu akan ditanam ke lahan seluas 15 hektar," ujar Ketua Poktan Lohjinawai merangkap PPS Desa Cimanggu Entis kepada sukabumiupdate.com, Jumat (19/10/2018).

Menurut Entis pada 1982 di Desa Cimanggu sudah terkenal dengan beras merah, namun mengalami penurunan budidayanya karena umur panen terlalu panjang. Bahkan massa panen hingga empat bulan lamanya, sehingga membuat petani menjadi malas.

"Untuk bibit padi merah yang akan ditanam tahun ini punya keunggulan tersendiri. Padi ini bisa panen sampai 90 hari," ucapnya.

Benih tersebut, kata Entis hasil dari penakaran Poktan Lohjinawai. Bahkan sudah pernah dicoba, sekali tanam hasilnya cukup memuaskan.Dari tiga batang mencapai 40 sampai 50 batang perumpun.

"Proses persemaian dalam waktu 15 hari bisa pindah tanam ke sawah, sedangkan jarak tanam 18 x 30 x 50 (sistem legowo) tanamnya dua sampai tiga batang.

BACA JUGA: Memasuki Musim Hujan, Pemdes Tenjojaya Cibadak Sukabumi Fokus Bangun Drainase

Perhakter benih yang diperlukan 18 kilogram, perkiraan bisa menghasilkan 9 - 12 ton," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Cimanggu Anton Muharom, menambahkan akan terus berupaya dan mendukung program one vilage one produk (Satu desa satu produk-Red) unggulan.

"Ini salah satu program kerja kami. Nantinya akan menjadi produk unggulan Desa Cimanggu," singkatnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Demi terciptanya lingkungan yang bersih, Dinas Kebersihan Kabupaten dan Kota Sukabumi gotong royong bersihkan sampah di wilayah perbatasan. Kepala bidang Kebersihan pada Dinas perumahan rakyat dan permukiman dan...

SUKABUMIUPDATE.com - RZ (41 tahun). Warga Desa Selawi, RT 01/07, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi diciduk anggota Polsek Sukaraja. Ia terlibat kasus penipuan dengan modus mengaku-ngaku dapat membebaskan tahanan. Kapolres Sukabumi...

SUKABUMIUPDATE.com - Rombongan Kirab Satu Negeri yang dikomandoi Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor tiba di Kota Sukabumi, Jumat (19/10/2018). Rombongan disambut di Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahussaadah, Cigunung,...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Unit Pengelola Kegiatan Dana Bergulir Masyarakat (UPKDBM) Kecamatan Cimanggu, Ridwan Heryadi mengaku gencar promosikan destinasi wisata Panorama Alam Cikondang. Salah satunya pada milangkala pertama Minggu, (7/10/2018)...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya