Menu

Senin, 08 Oktober 2018, 09:27 WIB

Desa Tangkil Cidahu Sukabumi Dilirik Tim Dokumenter TVRI

Tim produksi dokumenter TVRI sedang pengambilan scene ambulan jemput seorang ibu yang kan melahirkan. | Sumber Foto:Rawin Soedaryanto

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Tangkil Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, jadi salah satu rujukan pengelolahan Zakat Infaq Sedekah (ZIS) oleh Kementrian Desa RI. Apa yang dilakukan Pemerintah Desa Tangkil ini didokumentasikan oleh TVRI, yang sejak beberapa hari terakhir melakukan peliputan khusus.

Kepala Desa Tangkil Ijang Sehabudin mengaku senang ketika ZIS desa Tangkil menjadi lokasi  pembuatan dokumenter dari TVRI.  Proses pembuatan dokumenter ini berlangsung selama empat hari, berakhir Minggu (7/10/2018).

Ijang menambahkan berdirinya ZIS di Desa Tangkil dilatari tingginya kebutuhan pelayanan sosial, kesehatan serta pembangunan, yang tidak bisa terakomodir dalam anggaran desa.

BACA JUGA: Pemdes Tangkil Sukabumi Rehab Rutilahu Janda Tua

Pemdes kemudian menyelenggarakan musdes (Musyawarah desa) melibatkan tokoh agama, tokoh masayarakat, ketua RT, RW yang akhirnya sepakat akhirnya lembaga zakat infak Sodaqoh (ZIS), sebagai salah satu solusi mensejahterahkan rakyat.

Pelaksanaan pengumpulan ZIS diawali dari unsur pemerintah desa, BPD dan lembaga lainnya. Pemdes mengeluarkan kebijakan pungutan ZIS dalam setiap pembagian siltap (Penghasilan Tetap) dan insentif.

Pengelolaan ZIS kemudian meluas kepada masyarakat dengan dukungan Peraturan Desa tentang ZIS.

BACA JUGA: 102 Warga Desa Tangkil Sukabumi Dapat ATM BPNT Kemensos

"Ini solusi namun kita awalnya dihadapkan pada rendahnya kesadaran warga untuk ber zakat,  imfak dan sedekah,  ini yang kita coba atasi dan alhamdulilah kesadaran masyarakat untuk program ZIS disini terus meningkat seiring waktu."

Pemdes Tangkil juga terus melakukan  pembekalan pengurus ZIS,  salah satunya belajar dari kesuksesan Desa Nanggerang,  Kecamatan Cicurug,  Kabupaten Sukabumi sebagai pelopor ZIS tingkat nasional.

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERKAIT

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi berikan bantuan benih padi merah sebanyak 400 kilogram kepada penyuluh pertanian swadaya (PPS) Desa Cimanggu. Benih tersebut nantinya akan disalurkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi berikan bantuan benih padi merah sebanyak 400 kilogram kepada penyuluh pertanian swadaya (PPS) Desa Cimanggu. Benih tersebut nantinya akan disalurkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Masa kampanye Calon Legislatif (Caleg) sudah dimulai sejak 23 September 2018. Namun, yang terjadi banyak pohon yang dijadikan sasaran pemasangan spanduk, baliho, poster, dan lain sebagainya. Seperti yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Pencurian sepeda motor terjadi di Kampung Gandasoli RT 1 RW 6, Desa Cipurut, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Minggu 7 Oktober kemarin. Aksi pelaku saat membawa kabur motor...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya