Light Dark

Jelang Akhir Masa Jabatan, Ini Permintaan Kades Nanggerang Sukabumi

News | 05 Jul 2018, 16:18 WIB

Jelang Akhir Masa Jabatan, Ini Permintaan Kades Nanggerang Sukabumi

News | 05 Jul 2018, 16:18 WIB
Kades Nanggerang Ade Daryadi. | Rawin Soedaryanto

SUKABUMIUPDATE.com – Semua program kegiatan yang telah berjalan dan aset Desa harus bisa dilanjutkan oleh kepala Desa yang akan datang, siapapun yang nantinya akan menjabat. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Naggerang Ade Daryadi usai menggelar halal bihalal di halaman kantor desa Nanggerang, Kamis (5/6/2018).

Menurutnya semua itu merupakan hasil kerja keras Pemdes Nanggerang dan masyarakat, oleh karenanya sebelum mengakhiri masa jabatan dirinya meminta segenap lapisan masyarakat tetap menjaga kerukunan dan menjaga seluruh aset desa.

"Kerukunan antar warga dan aset yang telah terbangun harus bisa dilanjutkan kades mendatang, sebab semua itu hasil kerja keras semua pihak," ucap Ade kepada sukabumiupdate.com.

Dikesempatan yang sama, Camat Cicurug Agung Gunawan menyampaikan, Kades Nanggerang selain menginspirasi Desa lain juga banyak inovasi yang dirasakan langsung oleh masyarakat. 

“Salah satunya mengangkat Desa ini dari tertinggal menjadi Desa maju, perjuangan ke arah tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan tetapi  ia (Ade Daryadi) mampu dan berhasil,” ungkapnya.

Lanjut Agung, Innovasi yang dilakukan Kades Nanggerang antara lain pipanisasi sepanjang enam belas kilo meter dari Gunung Gede Pangrango yang dirasakan sangat tidak mungkin, namun kepemimpinan Ade serta  keyakinan dan kekompakan warganya kini air bersih telah dirasakan oleh seluruh warga Desa Nanggerang.

BACA JUGA: Hadiri Acara Perpisahan Sekolah, Kades Waluran Sukabumi Apresiasi Tampilan Seni Tradisonal

Hal yang lebih menakjubkan adalah Desa Nanggerang menjadi inspirator Zis, bagi desa-desa se-kabupaten Sukabumi  bahkan Se-Jawa Barat. Sehingga pelaksanaan dan pengelolaan zakat infaq shodaqoh (ZIS). Kades Nanggerang menjadi pilot projeck di Jawa barat.

"Keberadaan Zis Nanggerang mendorong Ade Daryadi sebagai Ketua Forum ZIS Kabupaten Sukabumi, tak heran jika Ade menjadi nara sumber tentang ZIS, bukan hanya di Jawa Barat namun juga di tingkat nasional.

Agung menambahkan, Bahkan pengelolaan air bersih ini menjadi pilot projeck Desa lain serta Pengelolaan sampah yang menjadi pusat study tidak hanya Pemkab Sukabumi dan Jawa Barat juga wilayah lainnya," Jelasnya.

BACA JUGA: Gagahnya Jembatan Baru Cariu Desa Cijengkol Caringin Sukabumi

Sementara Dewan Pembina Forum ZIS Kabupaten Sukabumi KH.Raden Ahmad Gondar Hibatullah meminta," Warga Desa Nanggerang tetap menjaga ukhuwah Islamiyah yang telah ditanamkan Kades Ade Daryadi. Dia juga meminta warga dan kades mendatang menjaga seluruh aset yang telah dibangun dan dimanfaatkan masyarakat.

"Semua yang telah ditanamkan Kades Ade Daryadi harus mampu dipertahankan tidak hanya kades mendatang tapi juga warga," Pungkas.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

RAWIN SOEDARYANTO

Reporter