Menu

23 Apr 2018, 22:57 WIB

Peringati Isra Miraj, Pemdes Mandrajaya Sukabumi Gelar Istighosah dan Salurkan ZIS

Kepala Desa Mandrajaya, Agustina Abdul Hasanudin saat menyalurkan ZIS. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi  menggelar  istighosah dan penyaluran Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) dalam rangkaian peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW  yang dipusatkan di halaman SDN Cikadal, Senin (23/4/2018) malam.

"Rangkaian kegiatan  keagamaan yang kami laksanakan bekerjasama dengan MUI Kecamatan Ciemas. Karena pada kegiatan itu, ada pelaksanaan  Istiqosah dan penyaluran ZIS ," ujar  Kepala Desa Mandrajaya, Agustina Abdul Hasanudin, kepada sukabumiupdate.com

BACA JUGA:  Pemdes Mandrajaya Sukabumi Kembangkan Produk Makanan Hutan Mangrove

Dirinya menjelaskan, pendistribusian ZIS kali ini untuk sebanyak 34 warga Desa Mandrajaya yang menuntut ilmu agama di pondok pesantren (ponpes) salafiyah yang ada di Kabupaten Sukabumi. Adapun besaran nominalnya Rp200 ribu per orang.

Selain dari hasil pengumpulan  ZIS selama lima bulan, sambungnya, dana tersebut juga didapat dari sumbangan pribadi. Baik masyarakat maupun perangkat desa. 

“Saya pribadi menginfaqan setengah gaji  sebesar  Rp. 1,5 juta sedangkan perangkat desa lainnya sebesar  Rp100 ribu tiap bulan. Adapun masyarakat seikhlasnya,” bebernya.

Agustina menambahkan, penyaluran ZIS tersebut tak hanya untuk santri saja melainkan juga bagi  renovasi sarana ibadah seperti masjid, mushola dan tempat pengajian.

BACA JUGA: Lestarikan Budaya, Pemdes Mangunjaya Sukabumi Kembangkan Sanggar Seni

Lebih lanjut Agustina menjelaskan, kegiatan Istiqosah ini merupakan bentuk rasa syukur pada Allah SWT yang telah  memberikan potensi sumber daya alam melimpah salah satunya potensi wisata.

“Maka dari itu hal ini bagian dari upaya kami menyambut Geopark yang religius tanpa harus merusak budaya atau kebudayaan setempat serta tidak menghilangkan nilai-nilai religius," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : KHAERU SOBRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kepolisian Daerah Metro Jaya menangkap predator anak asal Prancis di kamar hotel di kawasan Taman Sari, Jakarta Barat. Pria bernama Francois Abello Camille alias Fran alias Mister,...

SUKABUMIUPDATE.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Sukabumi belum memasukan informasi kesembuhan mantan TKW (Tenaga Kerja Wanita) warga Kecamatan Ciracap ke dalam data nasional. H (33 tahun)...

SUKABUMIUPDATE.com - Polisi memastikan penyebab kematian Riyan (28 tahun) pemuda Kampung Mayak, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar yang ditemukan menggantung di pohon rambutan, Kamis (9/7/2020) akibat bunuh diri. Hal itu didapat...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar, mengatakan penyaluran Dana Desa sudah mencapai 99 persen. “Sampai 8 Juli, desa yang telah menerima Dana Desa...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya