Menu

31 Jan 2018, 20:07 WIB

Masuk Zona Inti Geopark Ciletuh, Pemdes Ciwaru Sukabumi Genjot Sektor Wisata

Foto bersama kepala dan aparatur Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi akan menggenjot pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata. Terlebih wilayahnya termasuk dalam zona inti kawasan Geopark Ciletuh.

Kepala Desa Ciwaru, Taopik Guntur mengatakan, dengan adanya wisata Geopark Ciletuh, pembangunan infrastruktur terus dilakukan pemerintah daerah. Hal tersebut merupakan sebuah mukjizat bagi wilayahnya.

BACA JUGA: Sayang Banget, Indahnya Pantai Karang Bolong Desa Sukatani Sukabumi Belum Didukung Sarana Jalan

"Kita bisa melihat, akses jalan yang sudah terbangun. Seperti jalur Waluran-Tamanjaya sampai Pantai Palangpang. Begitupun dengan Jalan baru dari Loji-Puncak Darma," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (30/1/2018).

Tak hanya itu, kata Taopik, sejumlah fasilitas di beberapa destinasi kawasan Geopark Cilteuh pun sudah dibangun. "Yang belum dibangun, kami sepakat terutama kepala desa untuk mendorong infrastruktur di kawasan inti Geopark Ciletuh yang ada di Kecamatan Ciemas," terangnya.

BACA JUGA: Bangun Situ Sukarame Jadi Wisata Alam, Muspika Parakansalak Kabupaten Sukabumi Siapkan Konsep

Selain sektor pariwisata, sambung Taopik, sektor pertanian pun merupakan program prioritas desanya. "Bagi kami, lagi-lagi ini terkendala masalah akses jalan. Seperti jalan Kabupaten jalur Ciwaru-Tamanjaya dan Mekarsakti (CITAMASAKI) kondisinya rusak parah. Padahal, jalur tersebut merupakan akses pertanian," bebernya.

Taopik bersama kades lainnya berharap, masalah infrastruktur tersebut bisa segera dibenahi. Hal ini sangat penting sekali kaitannya dengan suksesnya Geopark Ciletuh.

"Kami punya kesamaan dan sudah sepakat bersama para kades lain , terutama dalam  mensukseskan Geopark Nasional Ciletuh," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : MULVI MN
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah mobil pick up bermuatan tabung gas elpiji meledak dan terbakar di SPBU Warungkondang, Jalan Raya Sukabumi, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Kamis (22/10/2020) petang. Kebakaran diduga...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudi Suryadikrama diminta oleh petani untuk segera menangani kelangkaan pupuk bersubsidi. Hal itu disampaikan oleh petani pada saat Reses yang dilakukan di...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kolaborasi yang solid antara berbagai elemen masyarakat santri dan pesantren penting untuk mewujudkan akselerasi perekonomian rakyat di tengah pandemi yang beri dampak...

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Alternatif Nagrak, tepatnya di Kampung Pamuruyan, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (22/10/2020) siang sekitar pukul 11.30 WIB. Mobil bak terbuka atau...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya