Menu

28 Nov 2016, 17:40 WIB

Si Cakra Asal Caringin Kabupaten Sukabumi Peraih Piala Presiden

SUKABUMIUPDATE.COM - Kualitas domba pentas terbaik asal Kabupaten Sukabumi, mampu unjuk gigi ditingkat nasional. Belum lama ini, Si Cakra domba asuhan Padepokan Talaga Manggung, di Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi mendapatkan penghargaan domba terbaik dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam ajang Kontes Seni Ketangkasan Domba Garut di Istana Presiden Bogor.

Pimpinan Padepokan Talaga Manggung, H Asep Saepudin, atau yang tenar dipanggil Asep HK mengatakan, pada tanggal 27 Agustus 2016 lalu, pihaknya mendapatkan undangan resmi dari Presiden Indonesia.

“Alhamdulilah, dari masing-masing perwakilan peternak domba di kota/kabupaten ini membawa 100 ekor domba. Dan salah satu domba saya yang ikut kontes ini, meraih penghargaan terbaik tingkat nasional,” ujarnya saat ditemui di Padepokan Talaga Manggung, Kecamatan Caringin, Senin (28/11).

Pria yang menjabat sebagai Ketua Himpunan Peternak Domba, Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Sukabumi, ini mengaku sempat diminta oleh Presiden untuk terus meningkatkan kualitas peternak domba, khususnya di Jawa Barat. "Presiden mengatakan domba garut itu tidak boleh dijual ke luar negri, karna itu untuk meningkatkan kualitas di Indonesia khususnya Jawa Barat," terangnya.

Masih kata Asep HK, untuk meningkatkan kualitas domba tetap terjaga adalah keberlangsungan ajang seni ketangkasan. "Kontes ini merupakan salah satu hal yang wajib agar kualitas domba-domba tetap terjaga," jelasnya kepada sukabumiupdate.com.

HPDI mencatat ada 12 kecamatan dan 600 peternak domba garut di Kabupaten Sukabumi. "Ya alhamdulilah peternak domba dan para pecinta kontes domba ini kian menjamur, meskipun baru hanya ada 12 kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang masuk di HPDI," pungkasnya. 

Reporter : UJANG HERLAN/Kontributor
Redaktur : Fit NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

oleh: Indra Gunawan - PGSD Penjas, FPOK, UPI(@indragoen_ , indragunawan161198@gmail.com-netizen)Beberapa bulan kebelakang ini, telah terjadi persoalan yang sangat menggegerkan dunia, jutaan orang sudah terpapar dan dinyatakan positif terkena dampaknya....

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat memutuskan tidak memperpanjang penerapan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB proporsional yang berakhir pada 2 Juli, dan memilih memasuki fase pra adaptasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Pencurian sepeda gunung (MTB/Montain Bike) di Perumahan Babakan Damai, Cisaat Kabupaten Sukabumi terekam kamera pengintai CCTV. Pelaku diduga melancarkan aksinya Rabu Subuh kemarin, menyusuri halaman rumah dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Lina Ruslinawati memulai rangkaian reses III di tahun 2020, dengan melakukan kunjungan ke desa-desa di wilayah Kabupaten Sukabumi. Kunjungan pertama Kamis (2/7/2020)...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya