Menu

Rabu, 23 November 2016, 14:21 WIB

TPK Sukabumi, Wadahi Pemuda yang Ingin Berwirausaha

Yono berambut panjang, t-shirt hitam keempat dari kiri. | Sumber Foto:Dok. TPK Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.COM - Bila Anda googling dan mengetik kata pergaulan remaja masa kini, search engine terbesar di dunia ini akan mengarahkan Anda ke ribuan konten yang akan menimbulkan rasa khawatir.

Pergaulan anak muda rata-rata digambarkan negatif, runut saja beberapa kejadian yang membuat orang tua geleng-geleng kepala, mulai dari persoalan pacaran, gank-gank-an, bullying, serta tindak kekerasan, bahkan gara-gara status facebook, bisa berbuah pengeroyokan antar pemuda. Miris!

Menyadari hal ini, sekelompok pemuda tergabung dalam Team Pemuda Kreatif (TPK) Sukabumi yang digagas namanya Yono MK (42), bergerak dari desa ke desa. Menurut sang penggagas, TPK Sukabumi merupakan wadah bagi anak muda agar mempunyai kegiatan positif.

"Awalnya kita hanya ngumpul dan diskusi di basecamp, lalu muncul kesadaran untuk berbuat dan peduli. Ternyata banyak juga dampak negatif era globalisasi ini,” ungkapnya Yono sukabumiupdate.com, Rabu (23/11).

Sejak itu, anak muda yang sering berkumpul di Jalan Sriwedari No. 4, Kota Sukabumi tersebut, mulai menggali semua potensi yang bisa dikembangkan di kalangan pemuda. Gerakan dimulai dari mengembangkan potensi diri anggotanya sebagai individu, sekaligus mengembangkan laju ekonomi pedesaan melalui gerakan komunal.

Untuk itu, Yono membentuk TPK di masing-masing desa yang di Kabupaten Sukabumi, dengan anggota terdiri dari empat hingga delapan orang. Salah satunya ada di wilayah Pajampangan, Komunitas Baja alias Barisan Anak Jampang yang dimotori Bambang (37).

"Belum semua desa dibentuk TPK, sekarang sedang fokus di wilayah enam Kabupaten Sukabumi dulu, seperti di Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan,” jelas Yono.

Untuk bidang perdagangan, Yono berharap, pemuda desa setempatlah yang harus jadi pengepul hasil pertanian warga desa setempat. Dari situ, TPK harus andil membantu distribusi dan pemasaran ke wilayah lainnya.

Selain perdagangan hasil pertanian seperti palawija, TPK juga melakukan penetrasi ke kantor-kantor desa untuk pemutakhiran sarana dan prasarana kantor desa, di antaranya sosialisasi melek internet melalui pemasangan jaringan internet.

“Contoh di depan Kantor Desa Cipeuteuy, sudah terpasang running text bertuliskan Selamat Datang di Kantor Desa Cipeuteuy. Running text tersebut, juga bisa dijadikan media penyampaian informasi lainnya kepada warga desa" ungkap Yono.

Lebih jauh Yono berharap, TPK mampu menumbuhkembangkan mentalitas positif dan kreativitas pemuda. Dalam gerakannya, selain memberikan peluang kerjasama anak-anak muda di desa dengan berwirausaha, sekaligus menangkal pengaruh negatif dari pergaulan yang dinilainya sudah mengkhawatirkan.

Reporter : DANANG HAMID
Redaktur : ANISA SITI RIZKIA
Sumber : Dok. TPK Sukabumi
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya