Menu

Jumat, 04 November 2016, 06:24 WIB

Mimpi Kades Cipeuteuy Kecamatan Kabandungan Segera Terwujud

H. Kutub, H. Omang, bersama Kapten Dikdik. | Sumber Foto:Dok. Desa Cipeuteuy

SUKABUMIUPDATE.COM - Desa Cipeuteuy berada di ujung Barat Daya Kabupaten Sukabumi, dan berbatasan langsung dengan Provinsi Banten di sebelah Selatan, serta di Barat dengan Kabubaten Bogor. Desa yang asri dengan luas wilayah 3.756,6 hektare (ha) ini, berada di Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.  

Desa Cipeteuy dihuni 6.500 jiwa, mayoritas warganya mengandalkan sektor pertanian sebagai sumber pendapatan. Pertanian memang layak menjadi andalan warga desa, mengingat tanahnya yang subur dengan bentang wilayah berupa perbukitan, 750-800 meter di atas permukaan air laut (dpl). Wilayah ini memiliki curah hujan rata-rata 2.600 milimeter kubik per tahun, dengan suhu harian rata-rata 24-32 derajat Celcius.

Cipeuteuy juga merupakan salah satu pintu masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), dan Kasepuhan Cipta Gelar. Posisinya yang strategis itulah yang menjadi pertimbangan untuk segera dibangun Markas Komando Rayon Militer (Koramil) di Cipeuteuy.

“Karena desa kita berbatasan dengan provinsi dan kabupaten lain, maka saya mengusulkan agar dibangun Markas Koramil. Untuk memberi rasa aman bagi warga, karena desa ini menjadi tempat lalu lalang pendatang dari wilayah lain, bahkan orang asing,” ungkap Kepala Desa Cipeuteuy Ujang Supriatna.

Menurut Ujang, masyarakatnya sangat antusias dengan dibangunnya Markas Koramil di wilayahnya. Dan saat ini sudah memasuki proses penguatan struktur tanah dengan memanfaatkan lahan bekas kantor desa. "Dananya bukan dari desa, kita hanya menyiapkan tanah saja,” terangnya.

Dalam akun facebook Ujang Halimun, Kepala Desa Cipeuteuy ini berharap, mimpinya beberapa bulan lalu akan segera terwujud. Ujang mengaku mengidamkan kelak desa yang dipimpinnya itu, memiliki Markas Koramil, Pos Polisi, rumah bersalin 24 jam, dan terminal bus untuk singgah.

“Insha Allah prosesnya semua berjalan lancar. Tadi sempat mengobrol dengan Danramil  Kalapanunggal Kapten Infanteri Dikdik, di rumah Haji Kutub bersama Haji Omang, dan Babinsa (Bintara Pembina Desa-red) Pa Ganep,” terang Ujang.

Reporter : CEPY ARIANA
Redaktur : DANANG HAMID
Sumber : Dok. Desa Cipeuteuy
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya