Menu

Selasa, 30 Januari 2018, 09:07 WIB

Peningkatan Pelayanan Kesehatan Jadi Prioritas Desa Ciemas Kabupaten Sukabumi

Sosialiasi dan musyawarah pembangunan pos kesehatan desa oleh Pemdes Ciemas kepada warga. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi memprioritaskan program peningkatan kesehatan. Program ini salah satunya diaplikasikan melalui pengadaan tempat kesehatan berupa Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di Kampung Ciporeang RT 3 RW 8, Dusun Mekarsari II, Senin (29/1/2018).

Pembangunan pos kesehatan disosialisasikan dalam musyawarah antara Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Ciemas.

"Aspirasi warga kedusunan Mekarsari II, memang sejak dulu menginginkan adanya pos kesehatan," tutur Ketua BPD Ciemas, Ujang Muhtar.

Selama ini, lanjut Ujang, warga terbiasa pergi ke Puskesmas Pembantu (Pustu) di desa tetangga, yakni Desa Ciwaru. Jarak menuju Puskesmas Desa Ciemas terlalu jauh.

"Oleh karena itu, kami sepakat untuk membangun Pos Kesehatan Desa pada anggaran tahun 2018," tutur pria yang akrab disapa kang Cutay ini.

Sementara itu Kades Ciemas Dede Rukmana menjelaskan, peningkatan pelayanan kesehatan menjadi bagian dari visi misi Desa Ciemas. Terutama, pengadaan sarana prasarananya.

Alasannya, jumlah penduduk di Kedusunan Mekarsari II cukup banyak dan perlu sarana prasarana kesehatan yang memadai serta dekat. Sekadar diketahui, terdapat 213 kepala keluarga di Kedusunan Mekarsari II.

"Kami bermusyawarah dan sekaligus sosialisasi dengan tokoh masyarakat dan warga di kedusunan tersebut, mereka menyambut baik dengan pembangunan Poskesdes tersebut," jelas Kades Dede Rukmana.

Sementara itu, PLD Ciemas M Padilah Wardan menambahkan, pihaknya berupaya memfasilitasi Desa Ciemas untuk menyelenggarakan musyawarah dengan warga, ketua RT, RW, dan Kadus. Sekaligus sosialisasi pelaksanaan pembangunan Poskesdes di Kampung Ciporeang.

"Sumber dananya dari APBDes Ciemas tahun anggaran 2018, " pungkas.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : MULVI MN
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya