Tahun 2018, Peredaran Narkoba Makin Gila!

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia akan jadi surga narkoba? Itulah yang membuat Kepala BNN, Komjen Budi Waseso (Buwas) khawatir. Buwas mengingatkan kita agar menjaga anak-anak dan keluarga dari “tembakan candu” narkoba.

Tahun 2017, misalnya, diakhiri dengan penangkapan sebuah truk bermuatan 1,3 ton ganja. Ini penangkapan terbesar ganja selama dekade terakhir.

Pada 31 Desember 2017 sekitar pukul 22.00, anggota Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat menghentikan dan mengamankan truk di depan pintu masuk Pelabuan Bakauheni, Lampung," kata Kepala Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Suhermanto, Kamis (4/1/2018). Ternyata dalam penggeledahan itu, ditemukan ganja 1.300 paket yang masing-masing berbobot 1 kg atau total 1,3 ton.

Sebelumnya, menjelang akhir tahun 2017, polisi juga berhasil menggrebeg pabrik air neraka di sebuah diskotik di Tubagus Angke, Jakarta Barat. Tepatnya di Diskotk MG Internasional. Kemasan air neraka – nama lain narkoba cair – itu nyaris tak terdeteksi aparat BNN (Badan Narkotika Nasional). Maklumlah kemasannya nyaris sama dengan kemasan air minum aqua. Jangankan orang awam, polisi pun sulit mendeteksinya. Peredaran air neraka itu, menurut Kepala BNN Jakarta, Brigjen Pol Johny Latupeirisa, sudah berlangsung empat tahun. Kenapa  selama ini tak ketahuan? Kepala BNN Komjen Budi Waseso menduga, ada oknum aparat yang melindunginya.

Air neraka dengan kemasan air minum biasa (yang sejatinya air mengandung amfetamin, bahan dasar narkotika), adalah modus baru peredaran narkoba yang berhasil dilacak BNN. Sebelumnya, berbagai modus peredaran narkoba juga berhasil dideteksi BNN.  Seperti narkoba dalam bentuk permen, kueh kering, bubuk susu, bubuk kopi, minuman ringan, dan macam-macam. Peredarannya juga tidak hanya menyasar kalangan tamu diskotik, tapi juga pegawai kantoran, politisi, mahasiswa, anak-anak SMA, bahkan anak-anak SD. Tragisnya, kini narkoba tidak hanya beredar di kota-kota besar. Tapi juga di kota-kota kecil, bahkan di kampung-kampung.

Peredaran narkoba di Indonesia saat ini, benar-benar sudah sangat memprihatinkan. Bisa dikatakan, Indonesia sekarang sudah dalam kondisi SOS Narkoba. Jika hal ini tak mendapat perhatian serius, Indonesia masa depan akan sangat berbahaya. Indonesia tak hanya jadi pusat produksi dan distribusi terbesar narkoba di Asia, juga konsumen terbesar narkoba di dunia. Dampaknya, masa depan bangsa akan hancur!

Ketika berbicara di depan Mukernas PPP Ancol  Juli 2017, Budi Waseso (Buwas) menjelaskan bahwa teknologi para produsen dan pengedar narkoba, jauh lebih tinggi dibanding teknologi yang dimiliki kepolisian.  Mereka punya uang banyak dan bisa membeli teknologi terbaru untuk memproduksi dan mendistribusikan narkoba. Sementara kepolisian dan BNN, masih menggunakan teknologi lama. Akibatnya, jumlah produsen dan pengedar narkoba yang tertangkap jauh dibandingkan yang tumbuh. Ibaratnya, yang tertangkan 10 orang, yang tumbuh 40 orang. Jika demikian, kapan “epidemi” narkoba  bisa dihentikan?

Benar, apa kata Buwas! Kita masih ingat bagaimana BNN membongkar penyelundupan narkoba (sabu) seberat 1,3 ton senilai Rp 2 Trilyun di Serang, Banten, Juli lalu melalui jalur laut Pantura. Pelakunya empat warga Negara Cina --  Lin Ming Hui, Chen Wei Cyuan, Liao Guan Yu, dan Hsu Yung Li. Tanpa kerjasama dengan orang Indonesia yang "sudah ahli dan tahu medan" niscaya mereka tak akan tahu "jalur aman" laut Serang di atas.

Sabu seberat itu bisa merusak jutaan anak-anak muda Indonesia. Keberhasilan polisi menggagalkan penyelundupan narkoba seberat 1,3 ton itu, sama artinya menyelamatkan 5 juta generasi muda.Luar biasa jahatnya mereka!

Tragisnya, tak lama kemudian, November 2017, polisi kembali membongkar penyelundupan pil ekstasi dengan jumlah 2.630.000 biji di Surabaya.  Terakhir, menjelang tutup tahun 2017,  polisi menggrebek Diskotik MG Internasional di Jakarta Barat yang memproduksi air neraka tadi. Berapa botol air neraka yang sudah beredar?  Pastinya banyak sekali. Karena air neraka ini sudah diproduksi selama empat tahun. Botol kemasan air neraka itu tak hanya beredar di Jakarta. Tapi juga kota-kota besar lain. Kita bisa membayangkan, ratusan ribu -- bahkan jutaan orang -- sudah rusak sarafnya akibat minum air neraka tersebut.

Menurut Badan Narkotika Nasional (BNN), berdasarkan data April 2016 lalu, penduduk Indonesia yang memakai narkoba jumlahnya mencapai 3,1 juta; 1,6 juta mencoba memakai, 1,4 juta teratur memakai, dan 943 kategori pecandu.Menurut Buwas --panggilan akrab Budi Waseso -- jumlah pemakai narkoba terus meningkat tiap tahun. Dan peningkatannya sangat signifikan.  Buwas menggambarkan, saat BNN menangkap pengedar narkoba seberat satu ton -- yang beredar di masyarakat jumlahnya empat ton. Jika demikian, peningkatan pemakaian narkoba di Indonesialuar biasa.  Dari yang terdata saja, peningkatannya tiap tahun 51,3 persen. Yang tidak terdata, niscaya lebih banyak lagi.  Ini karena pemakaian narkoba dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Berarti peningkatan 51,3% tersebut hanyalah  peningkatan puncak gunung es!  Peningkatan sebenarnya jauh lebih besar lagi.

Suplai narkoba ke Indonesia, jelas Buwas, berasal dari 11 negara dan dikendalika oleh 72 jaringan mafia. Kesebelas negara itu, antara lain, beberapa negara di Afrika Barat, Iran, Tiongkok, Pakistan, Malaysia dan sejumlah negara di Eropa. Menurut Kepala BNN, jaringan-jaringan tersebut satu sama lain tidak saling berhubungan. Mereka bersaing untuk mengedarkan narkobanya di Indonesia. Penghasilan setiap jaringan dalam setahun mencapai Rp 3,6 Triliun.

Saat ini, menurut Buwas, Indonesia menjadi pasar narkoba terbesar di Asia. Bahkan mungkin dunia. Tiap hari, 50 orang  lebih mati sia-sia akibat mengonsumsi narkoba.  Jutaan lainnya hidup nelangsa, tak berguna, dan berbahaya akibat kecanduan narkoba. Bangsa Indonesia nyaris tersandera oleh jaringan narkoba internasional tersebut.

Lantas, apa solusinya? Menurut Dr. Reni Marlinawati, Ketua Fraksi PPP, pemerintah harus serius memberantas narkoba, mulai dari hulu sampai hilir. Di hulu, ungkap Reni, pemerintah harus bekerjasama dengan negara-negara yang ditengarai menjadi pemasok dan tempat jaringan mafia narkoba. Kerjasama ini harus dijalankan secara disiplin dan terintegrasi dengan badan-badan antinarkoba dunia.

Bila perlu – lanjut Ketua  Poksi Pendidikan Komisi X DPR RI ini -- Indonesia bisa meniru gaya Presiden Filipina, Rodrigo Duterte dalam memberantas narkoba. Duterte mengumumkan perang habis-habisan melawan gembong narkoba dengan cara menembak langsung dan membunuh mereka tanpa ampun. Ketika PBB  memperingatkan Duterte  bahwa pembunuhan terhadap gembong narkoba itu melanggar HAM, Sang Presiden  menyatakan bahwa yang melanggar HAM justru para mafia narkoba. Mereka penjahat luar biasa yang membunuh  jutaan rakyat Filipina. Lalu, dunia pun mengagumi keberanian Duterte dalam memerangi gembong narkoba tersebut. Tak ada cara lain yang lebih efektif untuk membasmi narkoba kecuali memusnahkan "hulu"nya.

Sementara di hilir, polisi dan (bila perlu tentara) harus diberdayakan secara maksimal untuk memutus distribusi, perdagangan, dan “outlet-outlet individual” yang memasok narkoba kepada perorangan. Last but not least, penyuluhan terhadap masyarakat, terutama generasi muda akan bahaya narkoba harus makin diintensifkan. Bila perlu ada semacam “posyandu” yang memberikan informasi terhadap bahaya narkoba dan menjadi sarana pemantau di masyarakat terhadap gerakan orang-orang yang dicurigai sebagai “agen kecil pemasok” atau pemakai narkoba.

Bila kita melihat peredaran narkoba di tahun 2017 yang makin meningkat, bukan tidak mungkin di tahun 2018, kondisinya lebih parah lagi. Peredaran narkoba akan meruyak di tanah air. Tak hanya di kota besar dan kota kabupaten. Tapi juga di desa-desa. Untuk itulah,  kata Reni, masyarakat harus saling membantu untuk menceguah penyebaranb narkoba. Bila ada salah satu anggota keluarga kita – entah anak, ponakan, saudara dan lain-lain – yang perilakunya aneh, sebaiknya segera dibawa ke dokter. Apakah ia kecanduan narkoba. Sebelum terlanjur parah harus segera direhabilitasi. Mungkin dia hanya korban. Tapi tak tertutup kemungkinan, dia terseret jaringan narkoba. “Inilah yang harus kita waspadai bersama,” tambah Reni.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat28 Maret 2024, 15:39 WIB

Air Rebusan vs Air Galon untuk Minum Lebih Sehat Mana? Simak Penjelasannya!

Updaters harus mengetahui plus minus meminum air rebusan dan air galon agar tidak salah memilih untuk konsumsi rumah tangga.
Ilustrasi. Air minum. Perbedaan air rebusan dan air galon. Sumber foto : Pixabay/Pexels
Sehat28 Maret 2024, 15:30 WIB

5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah

Berikut ini berbagai infused water yang bisa membantu mengatasi serangan asam urat
Ilustrasi - 5 Infused Water Untuk Mengatasi Asam Urat yang Mudah Dibuat di Rumah (Sumber : Freepik/picoftasty)
Keuangan28 Maret 2024, 15:15 WIB

Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil?

Warganet ramai membahas pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dengan skema terbaru khususnya yang diterapkan pada bulan diterimanya THR 2024
Ilustrasi - Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil? (Sumber : Freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)
Sehat28 Maret 2024, 14:51 WIB

Kolang-kaling Bisa Bikin Awet Muda? Ini 7 Manfaat Caruluk untuk Kesehatan!

Kolang Kaling atau buah Atap, juga disebut Caruluk oleh orang Sunda Sukabumi. Caruluk seringkali memang dijadikan penganan manis, terutama saat bulan puasa. Padahal, Kolang Kaling penuh manfaat jika dikonsumsi sehari-hari hingga mencegah penuaan dini.
Manfaat buah Kolang Kaling untuk kesehatan tubuh. Sumber foto : YouTube / Galeri Rasa Channel
Life28 Maret 2024, 14:34 WIB

5 Alasan Posisi Tidur Telentang Bikin Awet Muda Menurut Kesehatan

Posisi tidur dengan gaya telentang bisa membuat awet muda pada wajah. Maka dari itu, yuk coba membiasakan diri tidur dengan posisi telentang.
Ilustrasi. Posisi tidur telentang bikin awet muda. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat28 Maret 2024, 14:30 WIB

Baik Untuk Penderita Hipertensi, 7 Air Rebusan Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Berikut ini berbagai air rebusan yang dinilai bisa membantu menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk penderita hipertensi
Ilustrasi - Baik Untuk Penderita Hipertensi, 7 Air Rebusan Ini Bisa Bantu  Turunkan Tekanan Darah (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Food & Travel28 Maret 2024, 14:23 WIB

Manis dan Segar Banget! Intip Resep Es Kolang Kaling Cocopandan Untuk Takjil Puasa Ini

Kolang Kaling merupakan salah satu buah yang sering jadi olahan takjil puasa. Contohnya seperti resep Es Kolang Kaling Cocopandan ini.
Resep minuman manis dan segar, Es Kolang Kaling Cocopandan | Foto :  YouTube / Frisian Flag Indonesia
Sukabumi28 Maret 2024, 14:12 WIB

Paripurna DPRD: Bahas LKPJ Bupati Sukabumi 2023 dan Rencana Pembangunan Daerah

LKPJ yang disampaikan merupakan laporan penyelenggaraan urusan pemerintahan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan LKPJ tahun anggaran 2023 pada Rapat Paripurna DPRD di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Palabuhanratu, Kamis (28/3/2024). | Foto: Dokpim Kabupaten Sukabumi
Sehat28 Maret 2024, 14:00 WIB

Mengenail Gamaphobia: Ketakutan untuk Menikah dan Berkomitmen dengan Seseorang

Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan.
Ilustrasi - Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan. (Sumber : Pixabay.com/@trx555)