Menu

Kamis, 16 November 2017, 12:08 WIB

SMA Negeri I Cibadak Raih Juara Satu dan Dua Lomba Debat Bahasa Inggris

Para siswa SMA Negeri I Cibadak yang tampil sebagai juara. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Predikat SMA Negeri I Cibadak, sebagai salah satu sekolah unggul di Kabupaten Sukabumi, sudah tidak diragukan lagi. Siswa maupun gurunya seringkali menorehkan prestasi, baik akademik maupun non akademik ditingkat kabupaten, provinsi, bahkan tingkat nasional.

Salah satu ajang bergengsi yang berhasil dipertahankan siswa SMA Negeri I Cibadak, adalah lomba debat Bahasa Inggris, antar siswa SMA se Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan, pada 30-31 Oktober 2017 di SMA PU Albayan Cibadak.

Dua tim debat yang masing-masing terdiri dari tiga orang, berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan menyisihkan 23 tim dari 17 SMA, baik negeri dan swasta dalam ajang tahunan bergengsi tersebut.

Tim A dan tim B berhasil masuk babak final, setelah di babak semifinal mengalahkan tim SMA Negeri I Sukaraja, dan SMA Negeri I Nagrak.

Dalam perebutan juara satu, dan dua, tim SMA Negeri I Cibadak A dan B beradu argumen bertemakan “This House Would Rise More Budget for Infrastructure than Education.” Tema yang diberikan secara mendadak oleh juri berhasil ditampilkan dengan baik, oleh kedua tim, selama 1,5 jam.

Ketua dewan juri lomba debat Bahasa Inggris, Erik Chandra Pertala mengaku kesulitan menentukan tim terbaik dari kedua tim yang berlaga.

“Kedua tim tampil luar biasa, sehingga kami bertiga agak kesulitan, menentukan siapa yang berhak menjadi The Champion. Tapi karena kami harus memutuskan satu tim terbaik, maka berdasarkan diskusi yang alot dengan tim juri, akhirnya memutuskan tim SMA Negeri I Cibadak B menjadi juara pertama, dan tim SMA Negeri I Cibadak A sebagai juara kedua,” kata Erik, sesaat setelah pengumuman pemenang.

Sementara pembimbing tim SMA Negeri I Cibadak yang juga guru Bahasa Inggris, Jasmansyah mengapresiasi pencapaian yang diraih anak didiknya.

“Prestasi tahun ini (2017) melampaui target kami. Awalnya, kami menargetkan salah satu tim SMA Negeri I Cibadak masuk final. Alhamdulillah, kedua tim melenggang jauh ke babak final (all finalists). Perjuangan mereka luara biasa dalam mempersiapkan lomba tersebut. Mereka pantas menjadi Jawara,” kata Jasmansyah yang juga ketua IGI Kabupaten Sukabumi tersebut.

Kepala SMA Negeri I Cibadak, Dedi Sofyan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada siswa dan para guru pembimbing yang telah berhasil mengantarkan sekolahnya sebagai juara, bahkan hingga memboyong dua tropi sekaligus, yaitu juara satu, dan dua.

“Pencapaian yang diraih saat ini adalah buah dari perjuangan dan ikhtiar para siswa serta guru pembimbingnya. Prestasi ini semakin mengokohkan SMA Negeri I Cibadak, sebagai sekolah yang unggul dalam berbagai bidang, termasuk bidang Bahasa Inggris,” kata Dedi, melalui sambungan telepon.

Seperti diketahui, tahun 2016 SMA Negeri I Cibadak, meraih juara serupa (juara satu), dalam lomba debat tingkat kabupaten, dan mewakili Kabupaten Sukabumi, ke tingkat provinsi.

Sumber : Istimewa
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya