Memanfaatkan Bisnis Online Sebagai Media Penghasilan Tambahan

Sabtu 31 Oktober 2020, 02:47 WIB

Oleh: Salman Nurjaman

Mahasiswa Universitas Nusa Putra

Di era pandemi covid19 seperti yang kita rasakan saat ini, pekerjaan-pekerjaan yang formal khususnya, seperti guru, pedagang, petani, dosen, pemborong, arsitek  dan masih banyak pekerjaan lainnya yang terhambat pekerjaanya, bahkan mereka yang melakukan pekerjaan itu tidak kerja karena dalam situasi covid19, yang takutnya terjadi penularan-penularan yang tidak di inginkan.

Bahkan bukan hanya pekerjaan formal yang berhenti aktivitasnya, tetapi lembaga-lembaga khususnya seperti sekolah, perkuliahan, perkantoran, perdagangan pasar, itu semua di berhentikan ,dan digantikan dengan cara online. pemberhentian aktivitas ini akan membawa dampak yang besar bagi perekonomian masyarakat kecil khusunya ,yaitu akan terjadi kemerosotan pendapatan, gazi berkurang , kelaparan , dan masih banyak dampak negatif yang akan terjadi pada situasi covid19 sekarang.

Nah! Kita semua jangan takut dengan dampak semua itu ,cukup dengan menggunakan smartphone kita miliki untuk memulai bisnis, karena masyarakat mayoritas pasti memiliki smartphone, selain mudah dibawa berkomunikasi, ternyata smartphone juga dapat mengahasikan uang lho!! Yaitu salah satunya dengan melakukan bisnis online, dengan melakukan bisnis online ini  sangatlah membantu untuk pengahasilan tambahan, kita melakukannya bisa sambil kerja, rebahan, santai, terutama dalam situasi covid19 pasti sering berdiam diri di rumah sambil main handphone.

Bisnis online ini ternyata banyak jenisnya ternyata, namun penulis akan menjelaskan dua saja, karena yang dua ini sangatlah gampang dan mudah dijangkau oleh masyarakat ,terutama bagi anak sekolah, mahasiswa, dan yang lainnya.  yuk simak apa aja sih ! 

1.Bisnis reseller online 

Bisnis ini adalah bisnis yang menjual kembali produk yang dibeli dari produsen ke lapangan .model bisnis reseller online ini sangat terjangkau sekali terutama bagi pemula, mahasiswa yang sedang daring, dan yang sedang bekerja dalam bidangnya untuk dijadikan sampingan penghasilan tambahan.

Sebagai reseller mudah sekali, Karena pada dasarnya tugas menjadi reseller adalah hanya sebagai perantara antara produsen dan pelanggan, menjual lagi produk orang lain, dan kita hanya cukup memasarkannya bisa melalui status whats App, instagram, facebook ,dan masih banyak lagi media lainnya untuk memasarkannya. jadi pada dasarnya kita tidak perlu membuat produk sendiri, tetapi kita masih memiliki pilihan produk yang luas untuk dipilih dan di sebar luaskan untuk di jual. 

Keuntungan menjadi reseller reatif besar, salah satunya yaitu :

a. bisa menentukan harga jual sendiri kepada pembeli. dengan kita menjadi reseller kita bebas untuk menentukan harga jual kepada konsumen karena barang yang yang kita sudah beli dari distributor demikian, sekarang adalah milik kita seutuhnya, dan kita bebas untuk menjual harga barang tersebut .

b. belajar mengelola keuangan. dengan kita melakukan pembelian kepada distributor lalu kita juga menjual lagi kepada konsumen, itu akan menjadikan kita lebih teliti dalam keuangan, dan jangan sampai produk yang kita beli dari distributor harganya lebih kecil daripada kita membelinnya,  karena itu akan rugi untuk kita sendiri.

2. Bisnis online dropshipping

Bisnis online dropshipping adalah sistem penjualan barang secara offline atau online, tetapi karena kita dalam situasi covid19 pasti menggunakan sistem online karena juga akan lebih mudah dalam melakukan bisnis tersebut, kita cukup memasarkannya di sosial media yang kita pakai. dengan bisnis ini kita  tidak mesti mempunyai modal, jadi tanpa modal pun jadi , dan bakan tidak mesti punya barang sendiri .

Bisnis dropship ini sejatinya lumayan sipel dan peraktis, karena kita dapat menentukan sebagian  barang dari distributer yang hendak dijual, setelah itu kita bisa juga mengambil sebagian barang dari gambar yang kita promosikan, terus kita dapat menguplodnya ke  media promosi. apabila barang kita dibeli, hingga konsumen menetukan barang yang mau dibeli serta mengirimkan uangnya, setelah itu kita hanya melanjutkan proses pembayaran tersebut ke distributor barang serta memberikan data barang yang mau dibeli beserta informasi pembeli kita.

Untuk melakukan bisnis ini kita tidak pelu mempunyai modal, kita hanya menjual barang dari distributor secara online lewat media sosial gratis seperti dengan facebook, blog gratis , line, shoope, marketplace, lazada dan lainnya .terus keuntungan bisnis ini yaitu beragamnya barang jualan, jadi kita tidak perlu memilii barang atau produk sendiri, barang dapat dipilih dan ditentukan jenis barang apa saja yang akan dijual dan di ambil sebagai lapak. Bahkan kita dapat bekerjasama dengan banyak distributor produk langsung tanpa harus mengeluarkan modal.

Nah, setelah kita mengetahui dari kedua jenis bisnis online di atas ,pasti ada gambaran dong pastinya buat kita untuk memilih mana yang lebih mudah dan menguntungkan di antara keduanya. intinya kita harus bisa bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang kita tekuni, apa saja itu pekkerjaannya, khusunya di bidang bisnis yang sedang kita jalankan atau baru memulai bisnis, kita harus bisa bertanggung jawab, baik kepada distributor, kepada konsumen, pelanggan, dan dan pihak yang lainnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)