Manfaatkan Kreatifitas dan Digitalmu Menjadi Pundi-pundi Uang Saat Pandemi

Rabu 28 Oktober 2020, 04:19 WIB

oleh: Sapteri Mashudi

Mahasiswa Universitas Nusa Putra Prodi Manajemen

Pandemi COVID-19 membawa dampak negatif yang sangat besar di berbagai sektor, termasuk ekonomi. Namun, dampak virus Corona ini juga dapat menjadi kesempatan bagi kita untuk menciptakan peluang usaha sendiri dimasa sulit ini. Saat ini perilaku belanja masyarakat semakin mengarah pada layanan online untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi transaksi offline. Banyak peluang yang bisa kita manfaatkan.

Akibat pandemi saat ini pengangguran di Indonesia diprediksi meningkat 3,5juta orang, 70 persen pendapatan rumah tangga masyarakat menurun. Selain supir dan ojek, beberapa pedagang lain merupakan profesi yang mengalami penurunan pendapatan selama pandemi.

Dan sektor-sektor ekonomi lain yang berpotensi lesu antara lain tour & travel, otomotif,  dan juga pendidikan. Sedangkan sektor ekonomi yang berpotensi naik atau berkembang antara lain kesehatan, food processing, agriculture, e-commerce, teknologi informasi dan komunikasi.

Berikut ini yang bisa kita coba dimasa transisi pandemic maupun setelah pandemi ini berakhir untuk mempertahankan UMKM, yaitu:

1.Memanfaatkan kreatifitas

Daripada kita melamun gak jelas banyak sekali peluang kreatifitas yang bisa kita bangun untuk menjadikan bisnis di masa pandemic seperti saat ini maupun setelah pandemic. Misalnya, membuat kerajinan tangan yang menarik dan sekiranya menjadi barang yang digunakan sehari hari atau bisa juga kerajinan tangan untuk hiasan dalam maupun luar ruangan. 

Contohnya:

• Do It Yourself (DIY)

Membuat kerajinan tangan di rumah saat pandemi bisa menjadi aktivitas alternatif dalam mengasah kreativitas. Beberapa kreasi DIY yang patut dicoba seperti dekorasi, papercraft hingga melukis. 

• Membuat Aksesori.

Bagi anak perempuan, membuat perhiasan atau aksesori dengan ibunya seperti, kalung dan gelang dari manik-manik bisa membuat kita lebih hangat karena bekerja sama.

• Membuat tempat pensil dan hiasan dinding 

Bagi yang mempunyai kreativitas yang tinggi kita bisa membuat tempat pensil dan hiasan dinding dari stik eskrim bekas. Dan bisa menghasilkan karya yang cukup bagus dan mempunyai daya jual yang lumayan tinggi.

Semuanya bisa menjadi peluang bisnis bagi kita dan bisa dijual ditoko terdekat maupun secara online dengan kemasan yang menarik.

2. Memanfaatkan digital

• Jualan online

Sudah tidak asing lagi jualan online menjadi wadah untuk menjual berbagai macam prodok. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu

a) inovasi produk berdasarkan kebutuhan

Membuat inovasi produk berdasarkan kebutuhan adalah salah satu strategi untuk bertahan di tengah pandemi.

b) Tetap perhatikan standar kualitas produk 

Mempertahankan kualitas produk salah satunya adalah memastikan produk dikirim dalam keadaan baik ke tangan konsumen. mengingat banyak toko yang tidak bisa beroprasi. Manfaatkan momen dengan membuat paket ekonomis agar produk bisa bertahan. 

c) Maksimalkan layanan pengiriman hari yang sama 

Bisnis UKM di jalur daring harus dibarengi dengan kebutuhan layanan logistik. UKM dapat memanfaatkan layanan pengiriman dalam hari yang sama agar produk bisa diterima secara cepat oleh konsumen.

• Jasa Editing/Desain 

Selain jualan online kita juga bisa memperkembangkan jasa keterampilan editing foto, video, audio dan sebagainya. Skill editing maupun desain dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti pembuatan vlog, podcast dan berbagai konten di media sosial. 

Contoh jasa desain adalah;

a) Pembuatan undangan pernikanan digital, foto maupun video.

Saat ini undangan pernikahan digital sangat banyak peminatnya dikarenakan masih di terapkan protocol kesehatan yaitu jaga jarak. Selain itu bisa juga mengurangi biaya pernikahan

b) Jasa pembutan logo

Tidak sedikit juga orang menggunakan jasa editing logo untuk brand prodok maupun komunitas. Tsb

3. Berwirausaha di rumah

Selain pemanfaatan kreatifitas dan degital diatas kita juga bisa berwirausaha di rumah, contohnya buka warung, tapi selain buka warung kita juga bisa berwirausaha dimulai dari Hobi/Passion, diantaranya:

• Di bidang fashion

Misalnya kita Punya hobi menjahit, di bidang ini menjahit bisa di eksplore menjadi usaha di bidang fashion.

• Di bidang memasak

Bagi kita yang mempunyai hobi memasak bisa di eksplore menjadi usaha di bidang kuliner

Jadikan hobi yang selama ini yang hasilnya hanya untuk dipakai dan dinikmati sendiri bisa dijual yang kemudian dipakai dan dinikmati orang lain. 

Menjadi wirausaha berarti kita telah berkontribusi menurunkan angka pengangguran. Karena selain menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri kita juga menciptakan lapangan kerja untuk orang lain, dan untuk banyak orang.

Yang terpenting adalah kita harus percaya pada diri sendiri bahwa kita memiliki kemampuan dalam menjalankan usaha, dan tetap berusaha belajar menjadi lebih baik sehingga kita bisa mengembangkan usaha. Kuncinya harus membangun percaya diri terus-menerus dan buat target-target kecil yang dapat dicapai.

Orang-orang sukses adalah pembelajar yang baik, belajar bisa dari manapun dan kapanpun tidak terbatas waktu dan ruang. Apa yang kita lakukan harus berproses untuk mewujudkan keberhasilan. Impian akan menjadi impian jika tidak ada realisasi.

Dari pembahasan ketiga di atas, mana nih yang menarik bagi kalian? Apapun yang kalian akan ambil sebainya rencanakan matang matang terlebih dahulu supaya hasil akhirnya bisa menguntungkan bagi kita semua. Dan jangan lupa juga tetap jaga kesehatan dan kebersihan diri dan produk yang akan kalian kemas ya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy