Keluarga Adalah Tempat Pertama Anak Belajar

Jumat 04 September 2020, 08:27 WIB

Oleh: Santi Maelani

(Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nusa Putra)

Adanya pandemi Covid-19 Pendidikan kita sedang mengalami perubahan yang signifikan, pemakaian teknologi sangat di haruskan, system belajar bertransisi dari offline ke dunia online, dan sampai saatini Covid-19 belum berlalu pemerintah sudah berusaha untuk pendidikan tetap maju, karena kita ketahui pendidikan kita sedang menuju era baru.

Belajar? Bisa di katakan sebagai suatu kegiatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan

Mengajar? Dari yang tidak tahu menjadi tahu

Mendidik? Dari yang tidak dewasa menjadi dewasa

Apakah belajar, mengajar, dan mendidik hanya di sekolah saja?

Ketahuilah bahwa belajar bukan hanya sekedar di sekolah, bukan hanya seorang guru yang harus mengajar dan mendidik, lebih tepatnya Keluarga adalah tempat pertama dimana anak belajar, belajar baik dan tidaknya sesuatu hal, serta belajar apa yang ia pelajari di sekolahnya.

Tak dapat disangka, keluarga sangat erat kaitannya dengan pendidikan seorang anak, tetapi ketika keluarga menjadikan anak sebagai keharusan akan kepahaman apa yang ia perintah kan itu akan menjadikan suatu beban dan suatu kegelisahan bagi anak itu sendiri. Kadang orang tua menitik beratkan sekolah adalah pusat anak belajar dimana belajar di sekolah saja pun cukup, dan guru dijadikan sebagai tolak ukur dari keberhasilan anakya, padahal yang harus kita ketahui guru bukan hanya mendidik satu orang saja, guru bisa di ibaratkan sebagai bidan dimana guru hanya membantu seorang ibu (keluarga) melahirkan. Dengan terjadinya wabah, pembelajaran dilaksanakan di rumah dan otomatis keluargalah yang harus mendampingi si anak, banyak hal yang di keluhkan oleh orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di rumah.

Menengok system pendidikan saat ini cukup miris, kejenuhan yang menimbulkan emosional dan kekerasan fisik kerap terjadi ketika si anak tidak paham atas apa yang orang tua perintahkan, terkadang orang tua melakukan kekerasan fisik untuk mendisiplinkan anak tetapi itu hanya akan menyerang mental anak, system sarafnya akan terganggu, anak akan merasa takut, anak akan mengganggap orang tua adalah musuh, dan masalah akan masa depan anak karena kemungkinan ia tumbuh besar dengan menjadi orang tua yang kurang baik, anak akan mudah mengingat apa yang orang tuanya lakukan terhadapya.

Oleh karena itu, pendidikan merupakan system yang melibatkan beberapa unsur, dimana keluarga pun berperan penting harus tahu bagaimana cara mengajar dan mendidik seorang anak supaya ia tumbuh menjadi sosok yang baik, karena baik buruknya anak sangat tergantung pada pola asuh orang tua (keluarga).

Hendaknya semua orang tua menyadari akan kepentingan pendidikan bagi anak, tumbuhkanlah pribadi berkarakter jangan hanya sekedar menyerahkan ke sekolah saja, tetapi keluarga berperan serta dalam mengajar dan mendidiknya, itulah mengapa ibu (keluarga) adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Ketika anak melakukan kesalahan, bimbinglah dan jelaskan apa yang menurut anak kurang paham. Banyak orang tua yang menuntut sikap dan prilaku yang sopan santun, tetapi mereka sendiri lupa cara mencotohkannya. Orang tua pun harus menjadi teladan harus bisa mencontohkan hal-hal yang baik agar anak bisa mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya.

Allah tidak akan merubah suatu kaum kecuali dirinya sendiri yang merubahnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)