Menu

22 Mei 2020, 05:15 WIB

Strategisnya Pendirian Perguruan Tinggi di Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi

Didin Sadillah, masyarakat Kalapanunggal/penggiat pendidikan. | Sumber Foto:Istimewa

 

Oleh: DIDIN SADILLAH | Masyarakat Kalapanunggal/Penggiat Pendidikan

Assalamualaikum Wr.Wb

Bapak dan ibu serta saudaraku sekalian, ijinkan saya merespon serta memberikan kontribusi pemikiran atas situasi dan kondisi pendidikan di Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi.

Alhamdulillah, pendidikan di Kecamatan Kalapanungal mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari tingkat kesadaran masyarakat tentang pendidikan sampai ke fasilitas pendidikan di semua jenjang satuan pendidikan.

Hal tersebut tidak lepas dari kerja keras pengelola yang didukung oleh masyarakat serta kebijakan pemerintah.

Beberapa waktu lalu saya pernah diajak diskusi oleh beberapa tokoh serta praktisi pendidikan, tentang peningkatan layanan pendidikan bermutu di jenjang satuan pendidikan, khusunya di Kecamatan Kalapanunggal. 

Kami mencoba mengevaluasi serta melakukan kajian sederhana untuk mendapatkan bahan-bahan yang nantinya bisa menjadi masukan terbaik, yang akan disampaikan kepada para pihak.

Dari sudut pandang perubahan tentang perkembangan pendidikan, saya mencoba menarik kesimpulan:

1. Semangat perubahan pendidikan di Kecamatan Kalapanunggal sangat baik, walaupun terjadi perbedaan pandangan, namun saya percaya bahwa perbedaan tersebut adalah warna-warni intelektualitas yang patut dihormati dan dihargai.

2. Perlu mendorong peningkatan layanan  pendidikan bermutu di semua jenjang satuan pendidikan yang sudah ada di Kecamatan Kalapanunggal, agar menjadi lembaga yang survive serta menghasilkan lulusan yang sesuai.

Namun saya pun memakai sudut pandang kebutuhan pendidikan kedepan, dengan melihat data-data tahun pelajaran 2019/2020, sebagai berikut :

Persentase minat melanjutkan pendidikan yang terukur terkecil persentasenya adalah ke Perguruan Tinggi, padahal minat melanjutkan lebih dari itu, hal tersebut disebabkan beberapa faktor, dan yang paling mendasar adalah terukur di bidang ekonomi.

Sehingga, apabila di Kecamatan Kalapanunggal berdiri Perguruan Tinggi, Insya Allah, bisa memfasiltasi dan meningkatkan minat melanjutkan terukur, karena beban biaya kuliah akan lebih ringan, tingkat pengawasan akan berjalan baik dan dengan sendirinya para mahasiswa akan tergerak untuk membangun tanah kelahirannya.

Disamping itu, akan terbuka peluang usaha baru disekitar kampus, mulai dari sewa kos-kosan untuk mahasiswa yang berasal dari luar Kalapanunggal, warung makan, toko Alat Tulis Kantor (ATK) serta akan menyerap cukup banyak tenaga kerja. Dan yang paling penting, biaya yang dikeluarkan mahasiswa akan berputar di daerah sendiri, sehingga akan meningkatkan transaksi ekonomi di masyarakat.

Maka, dilihat dari berbagai sudut pandang dan aspek, berdirinya Perguruan Tinggi di Kalapanunggal sangatlah strategis, karena didukung oleh banyaknya SLTA/sederajat yang ada di wilayah Kecamatan Kalapanunggal dan beberapa kecamatan sekitar yaitu Kecamatan Kabandungan, Parakansalak, Bojonggenteng dan Kecamatan Cidahu.

Semoga menjadi inspirasi untuk investasi pendidikan Kalapanunggal kedepan.

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya