Apakah Perubahan Iklam Mampu Mempengaruhi Sebuah Output Negara?

Sabtu 02 Mei 2020, 04:30 WIB

Oleh: Rustandi 

(Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra Sukabumi)

Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi. Beberapa variabel meteorologi yang biasanya di ukur adalah suhu, kelembapan, tekanan atmosfer, angin, dan curah hujan.

Perubahan iklim di tandai dengan anormali iklim dan suhu seperti meningkatnya suhu secara drastis, musim hujan lebih pendek, dan kekeringan yang menyebabkan penyebaran penyakit. Hal ini tentu saja menyebabkan ancaman kesehatan dan produktifitas.

Yang paling terdampak adalah orang-orang yang hidupnya bergantung pada alam seperti petani dan nelayan.

Jika dalam ilmu ekonomi iklim bisa menjadi faktor pemicu terjadinya sebuah proses aspek pendukung maupun penghambat dalam perekonomian terkhusus dalam luang lingkup makro.

Pengaruhnya dalam pembangunan ekonomi dapat bersifat langsung maupun tidak langsung. Memiliki pengaruh langsung ketika aktifitas ekonomi tersebut banyak bergantung pada iklim dan cuaca seperti pertanian dan aktifitas nelayan di laut. Dan pengaruh tidak langsung terjadi ketika bencana akibat perubahan iklim itu menyebabkan terganggunya aktifitas ekonomi seperti bencana banjir yang menyebabkan perekonomian masyarakat lumpuh.

Akhir-akhir ini petani mulai mengeluh akan ketidakjelasannya musim tanam dan musim panen dikarenakan faktor iklim yang sulit diprediksi, musim kemarau yang kadang datang lebih awal atau musim hujan yang melewati batas normal menjadi penyebab.

Bahkan banjir dan kekeringan di sejumlah wilayah menjadi penyebab gagal panen, sehingga bertambah lagi bencana bagi petani akibat perubahan iklim yang terjadi.

Perlu adaptasi terhadap jenis tanaman dan perhitungan masa iklim yang matang harus segera dilakukan untuk menangani masalah yang terjadi pada para petani kita ini.

Bukan hanya petani saja ternyata yang mendapatkan efek langsung dari perubahan iklim. Nelayan juga mengalami hal yang demikian, pendapatan ikan mereka menurun lantaran ikan-ikan semakin menjauh dari tepi laut yang sudah semakin panas sehingga ikan-ikan mencari habitat yang lebih dalam. Jika ingin mendapatkan ikan yang lebih banyak mereka harus menambah biaya berlayar.

Hal ini tidak saja meningkatkan biaya produksi, tetapi juga bahkan dapat menyebabkan kelangkaan. Apabila kita mengaitkannya saja dengan salah satu logika ekonomi, apabila penawaran menurun sementara permintaan tetap atau bahkan meningkat akan menyebabkan harga komoditas naik, dan itu yang terjadi dengan harga beras serta harga ikan yang terus mengalami kenaikan. Terutama di saat-saat cuaca sedang meningkat.

Konsekuensi adanya perubahan iklim adalah tantangan yang signifikan terhadap lingkungan, ekonomi global, dan kesehatan manusia dengan perubahan yang mempengaruhi generasi  mendatang.

Pembangunan  berkelanjutan sangatlah krusial dalam kerangka mitigasi yang sukses terhadap perubahan iklim. Dampak yang ada meluas sampai di wilayah kecil yang berbatasan langsung dengan wilayah pantai.

Hal ini juga berdampak terhadap generasi mendatang terhadap ancaman bahaya yang ada. Tindakan nyata dalam mitigasi bencana adalah fokus pada  keadilan dan kesinambungan pembangunan dengan bekerja pada berbagai tingkatan, bekerja sama secara konstruktif pada tingkat internasional, dan kebijakan nasional yang kuat juga secara individual.

Hal ini juga berdampak terhadap generasi mendatang terhadap ancaman bahaya yang ada. Tindakan nyata dalam mitigasi bencana adalah fokus pada keadilan dan kesinambungan  pembangunan dengan bekerja pada berbagai tingkatan, bekerja sama secara konstruktif   pada tingkat internasional, dan kebijakan nasional yang kuat juga secara individual.

Karena perubahan iklim tidak dapat dihentikan, bahkan kecenderungannya terus meningkat semenjak revolusi industri, maka yang dapat kita lakukan adalah selain berusaha memperlambat laju perubahannya dengan memulai gaya hidup yang ramah lingkungan.

Kita juga harus mulai beradaptasi dan meningkatkan penelitian dan pengembangan sistem pertanian, sistem perikanan, serta tata kota dan pembangunan sehingga kita bisa lebih tahan terhadap perubahan iklim yang secara langsung maupun tidak langsung berdampak terhadap perekonomian Negara.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Bola26 April 2024, 13:00 WIB

Persis Solo vs Persita Tangerang di Liga 1, Pendekar Cisadane Terancam Degradasi!

Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo.
Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo. (Sumber : X/@persisofficial/@Persitajuara).
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).
Bola26 April 2024, 11:46 WIB

Saingan Prabowo Gibran? Netizen dan Media Korsel Kompak Usung Shin Tae-yong jadi Presiden RI 2029

Ucapan selamat dan meme bertebaran di media sosial.
Media Korsel: Shin Tae-yong Calon Presiden Indonesia 2029-2034 (Sumber: Tangkap layar Twitter)
Life26 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Beberapa Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?
Ilustrasi. Rebahan Malas Gerak. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Freepik)
Life26 April 2024, 11:13 WIB

Ini 5 Cara untuk Mengajari Anak Berpikir Sendiri, Salah Satunya Berikan Contoh

Mengambil langkah mundur dan membiarkan anak-anak berpikir sendiri mungkin merupakan tugas yang sulit bagi orang tua.
Ilustrasi mengajari anak berpikir sendiri. | Foto: Freepik
Life26 April 2024, 11:03 WIB

Perhatikan Dampaknya, Terapkan 6 Cara Ini untuk Mengajari Anak Bersikap Baik

Mengajarkan Anak tentang kebaikan merupakan hal yang sangat penting agar mereka memiliki rasa empati terhadap sesama.
Ilustrasi anak bersikap baik. | Foto: Freepik/@freepik
Aplikasi26 April 2024, 11:00 WIB

Mudah dan Gak Perlu Ribet! 3 Cara Menambahkan Tanda Tangan Online di PDF

Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF. (Sumber : Freepik.com).
Life26 April 2024, 10:43 WIB

Tetapkan Peraturan, Terapkan 5 Tips Berikut untuk Mengasuh Anak Keras Kepala

Mengasuh anak yang berkemauan keras terkadang bisa menjadi tantangan. Namun inilah yang direkomendasikan para ahli untuk membantu hubungan Anda dengan anak Anda berkembang.
Ilustrasi anak keras kepala. | Foto: Freepik/@stocking
Life26 April 2024, 10:32 WIB

Coba Berbohong, 6 Masalah Umum Perilaku Anak Prasekolah dan Cara Mengatasinya

Semua anak pasti bertingkah laku, namun masalah perilaku tertentu pada anak usia 3 tahun dan 4 tahun tidak boleh diabaikan. Inilah cara menangani perilaku menentang pada anak prasekolah Anda.
Ilustrasi anak prasekolah. | Foto: Freepik