Pembangunan Jalan Tol BOCIMI Untuk Membangun Perekonomian Sukabumi

Rabu 29 April 2020, 11:10 WIB

Oleh: Agung Wahyudin

(Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra Sukabumi)

Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Jalan Tol Bocimi adalah jalan tol yang membentang sepanjang 53,6 kilometer yang menghubungkan Kota Bogor dan Kabupaten Bogor dengan Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Jalan tol ini terhubung dengan jalan tol Jagorawi di sebelah utara. Jalan tol bocimi juga direncanakan akan terus bersambung dengan rencana jalan tol Sukabumi-Cianjur dan jalan tol Cianjur-Padalarang.

Jalan tol ini awalnya diharapkan mulai dibangun pada tahun 2011 dan sempat terkendala beberapa masalah seperti pembebasan lahan. Pembangunannya sendiri dibagi dalam empat seksi yaitu Ciawi-Cigombong (Seksi 1) sepanjang 15.35 Kilometer, Cigombong-Cibadak (Seksi 2) Sepanjang 12 Kilometer, Cibadak-Sukabumi barat (Seksi 3) sepanjang 14 Kilometer, dan seksi empat Sukabumi Barat-Sukabumi Timur. Seksi 1 telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 desember 2018, dan pembangunan seksi dua dimulai Januari 2019 dan diperkirakan selesai pada 2021.

Ada beberapa manfaat yang dapat kita rasakan ketika jalan tol dibagun di daerah kita, di antaranya:

1.Memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang, sudah menjadi rahasia umum bahwa jalur Sukabumi-Bogor rawan kemacetan terutama di daerah Cibadak, Cicurug dan Ciawi. Tetapi hal tersebut dapat diminimalisir ketika jalan tol Bocimi sudah diresmikan, kendaraan-kendaraan besar yang rata-rata penyebab kemacetan akan memilih menggunakan jalan tol untuk efisiensi dan kemacetan pun akan terurai. Hal ini pula berakibat pada distribusi kebutuhan pokok menjadi lebih cepat dan kelangkaan  dapat diminimalisir.

2.Membuka jalan bagi para investor untuk berinvestasi di sukabumi, dengan banyaknya investor akan banyak dibuka lapangan pekerjaan dan otomatis mengurangi angka kemiskinan. Hal ini tentunya merupakan peluang yang bagus untuk para penduduk setempat agar mereka bisa meningkatkan perekonoian mereka.

Selain lapangan pekerjaan, tercipta pula peluang usaha lain seperti pengusaha retail, pengusaha properti, penyedia jasa transportasi angutan kota dan para pedagang kecil yang akan mengalami kenaikan omset penjualan. Selain itu, para pengemudi transportasi berbasis daring atau online pun akan merasakan efeknya. Dengan adanya keramaian di daerah Sukabumi, permintaan akan jasa transportasi tersebut akan meningkat.

3.Dari sektor pariwisata pun akan merasakan efeknya, dengan dibangunnya jalan tol Bocimi akan meningkatkan minat para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di daerah sukabumi seperti pantai Pelabuhan Ratu, Cigunung Suspension Bridge, Geopark Ciletuh, Penangkaran Penyu dan wisata air terjun di kawasan Sukabumi yang semula hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal di sekitar Sukabumi saja.

Hal itu akan mempengaruhi pula kepada para pelaku usaha yang berhubungan dengan sektor pariwisata, contohnya para pelaku usaha rumah makan yang tempatnya akan ramai dikunjungi para wisatawan yang kelaparan selepas berwisata, toko oleh-oleh dan cindera mata yang akan kebanjiran pelanggan, dan para pemilik usaha penginapan atau hotel akan mengalami peningkatan pengunjung karena meningkatnya wisatawan yang mengunjungi Sukabumi.

Dari ketiga manfaat tersebut, akan berakibat pada pendapatan daerah Sukabumi yang meningkat dari sektor pariwisata, pajak perusahaan, pajak kendaraan, pajak bumi dan bangunan dan lain-lain. Dan juga akan meringankan beban pemerintah Sukabumi terkait masalah sosial dan perekonomian seperti pengangguran, kemiskinan, kelangkaan bahan pokok, tingginya bahan pangan dan akan berpotensi menjadi sebuah daerah yang maju.

Hingga peresmian jalan tol seksi satu (Ciawi-Cigombong), ada beberapa manfaat yang mulai terasa bagi warga Sukabumi dan perbatasan Sukabumi-Bogor, seperti terurainya kemacetan yang biasa terjadi di daerah Ciawi sehingga jarak tempuh yang lebih cepat dari dan ke Sukabumi yang mengakibatkan lancarnya distribusi bahan pokok dan keperluan masyarakat sehingga kelangkaan dapat diminimalisir.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati
Sukabumi26 April 2024, 14:10 WIB

Kerugian Rp 928 Juta! Polisi Bongkar Investasi Bodong Berkedok Koperasi di Sukabumi

YK diduga melakukan penipuan dan penggelapan dengan modus mencari dan membujuk korban untuk menginvestasikan sejumlah uang dan sewa hunian.
YK (53 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota. YK adalah ketua koperasi Murni Berkah Jaya yang diduga melakukan penipuan dalam kasus investasi bodong. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat26 April 2024, 14:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Normal? Simak Kisarannya Berdasarkan Usia

Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat.
Ilustrasi - Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Sehat26 April 2024, 13:30 WIB

8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Inilah Sejumlah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Produk26 April 2024, 13:21 WIB

Simak Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Peserta yang Meninggal Dunia

Saldo JHT peserta dapat diklaim oleh ahli warisnya yang sah.
Ilustrasi dari BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: BPJS Ketenagakerjaan
Bola26 April 2024, 13:00 WIB

Persis Solo vs Persita Tangerang di Liga 1, Pendekar Cisadane Terancam Degradasi!

Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo.
Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo. (Sumber : X/@persisofficial/@Persitajuara).
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).
Bola26 April 2024, 11:46 WIB

Saingan Prabowo Gibran? Netizen dan Media Korsel Kompak Usung Shin Tae-yong jadi Presiden RI 2029

Ucapan selamat dan meme bertebaran di media sosial.
Media Korsel: Shin Tae-yong Calon Presiden Indonesia 2029-2034 (Sumber: Tangkap layar Twitter)