Pentingnya Aspek Manajemen Keuangan dalam Pelaksanaan Berwirausaha

Selasa 21 Januari 2020, 13:45 WIB

Oleh: Susan Melia

(Mahasiswa Universitas Nusa Putra, Prodi Manajemen)

Di zaman milenial ini banyak sekali anak muda yang lebih tertarik pada dunia wirausaha dibanding mencari pekerjaan, di samping sedikitnya lapangan pekerjaan, mereka yang memilih berwirausaha lebih tertarik dengan pendapatannya, juga sebagai investasi masa depan. Selain itu, juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

Namun tentu menjalankan wirausaha tidak semudah yang dibayangkan. Banyak aspek yang harus dipahami, salah satunya mengenai aspek manajemen keuangan. Aspek ini sangatlah penting untuk keberlangsungan usaha yang sedang atau akan kita jalankan.

Adapun pendapat mengenai pengertian manajemen keuangan yang disampaikan oleh Weston dan Copeland adalah "Aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh sumber modal yang 

semurah–murahnya dan menggunakannya seefektif, seefesien, seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba”.

“Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawabnya berlainan disetiap perusahaan, tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi; keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian dividen suatu perusahaan”.

Sedangkan fungsi dari manajemen keuangan yaitu planning, budgeting, controlling, auditing, dan reporting. Manajemen keuangan pun membantu para pelaku usaha untuk mengetahui hal–hal penting bagi perusahaan, seperti; perhitungan aset, arus kas yang baik, untuk menstabilkan harga produk, perencanaan pajak yang baik, dan menjamin kesejahteraan karyawan.

Dari situlah kita bisa memahami dan mengatur usaha serta maju mundurnya perusahaan dan apa saja yang harus dilakukan dan dihindari selama menjalankannya.

Manajemen keuangan dilaksanakan oleh sang manajer perusahaan, maka baik atau tidaknya perjalanan perusahaan berada di pundak sang manajer. Oleh karena itu, penguasaan aspek manajemen keuangan sangatlah penting untuk diperhatikan.

Bukan tidak mungkin perusahaan tidak mampu bersaing bahkan bisa saja gulung tikar jika tidak dilaksanakan dengan baik. Contohnya di daerah Sukabumi, banyak sekali usaha baru yang bermunculan di bidang kuliner, yang hanya bertahan dalam jangka waktu sebentar dan kalah bersaing dengan pelaku usaha yang sudah lama di bidang tersebut.

Karena selain mengedepankan tempat yang asik untuk bersantai, beristirahat, atau menikmati hidangan, dari sisi estetik pun menjadi salah satu nilai plus dari konsumen yang tentunya sangat penting bagi perusahaan.

Maka dari itu, melalui manajemen keuangan kita bisa mengetahui kemampuan perusahaan dalam berpromosi. Tidak menutup kemungkinan, meskipun keberadaan kita terbilang baru dan banyak pesaing di bidang yang sama,  kita mampu bersaing bahkan lebih baik dari yang sudah ada.

Adapun fungsi dari manajemen keuangan;

1.Planning atau Perencanaan Keuangan, untuk mengetahui arus dan laba serta rugi yang didapat oleh perusahaan sehingga dapat memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan. 

2.Budgeting atau Anggaran Perencanaan, penerimaan dan pengalokasiaan semaksimal mungkin dan tepat sasaran untuk menghindari dana yang seharusnya tidak perlu di keluarkan ataupun dapat 

digunakan sebagai cara penekanan anggaran semaksimal mungkin. 

3.Controlling atau Pengendalian, bertujuan untuk mengevaluasi dan perbaikan jika di rasa terdapat kekurangan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan dalam proses menjalankannya.

4.Auditing atau Pemeriksaan Keuangan, harus betul – betul dilakukan dengan baik dan diawasi guna menjaga asset dan menghindari penyimpangan yang bisa saja terjadi. Hal ini sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan yang baru saja kita rintis.

5.Reporting atau Pelaporan Keuangan, merupakan informasi penting bagi perusahaan mengenai kondisi keuangan perusahaan serta menjadi bahan analisa rasio laporan keuangan.

Dari situlah keberhasilan usaha bisa dilihat, yaitu jika manajemen bisa dilakukan dengan baik dan tepat. Maka kita mampu mengembangkan usaha bahkan hingga memiliki berbagai cabang nantinya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).