Menu

21 Jan 2020, 20:45 WIB

Pentingnya Aspek Manajemen Keuangan dalam Pelaksanaan Berwirausaha

Susan Melia, Mahasiswa Universitas Nusa Putra, Prodi Manajemen. | Sumber Foto:Istimewa.

Oleh: Susan Melia

(Mahasiswa Universitas Nusa Putra, Prodi Manajemen)

Di zaman milenial ini banyak sekali anak muda yang lebih tertarik pada dunia wirausaha dibanding mencari pekerjaan, di samping sedikitnya lapangan pekerjaan, mereka yang memilih berwirausaha lebih tertarik dengan pendapatannya, juga sebagai investasi masa depan. Selain itu, juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

Namun tentu menjalankan wirausaha tidak semudah yang dibayangkan. Banyak aspek yang harus dipahami, salah satunya mengenai aspek manajemen keuangan. Aspek ini sangatlah penting untuk keberlangsungan usaha yang sedang atau akan kita jalankan.

Adapun pendapat mengenai pengertian manajemen keuangan yang disampaikan oleh Weston dan Copeland adalah "Aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh sumber modal yang 

semurah–murahnya dan menggunakannya seefektif, seefesien, seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba”.

“Manajemen keuangan dapat didefinisikan dari tugas dan tanggung jawabnya berlainan disetiap perusahaan, tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi; keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha dan pembagian dividen suatu perusahaan”.

Sedangkan fungsi dari manajemen keuangan yaitu planning, budgeting, controlling, auditing, dan reporting. Manajemen keuangan pun membantu para pelaku usaha untuk mengetahui hal–hal penting bagi perusahaan, seperti; perhitungan aset, arus kas yang baik, untuk menstabilkan harga produk, perencanaan pajak yang baik, dan menjamin kesejahteraan karyawan.

Dari situlah kita bisa memahami dan mengatur usaha serta maju mundurnya perusahaan dan apa saja yang harus dilakukan dan dihindari selama menjalankannya.

Manajemen keuangan dilaksanakan oleh sang manajer perusahaan, maka baik atau tidaknya perjalanan perusahaan berada di pundak sang manajer. Oleh karena itu, penguasaan aspek manajemen keuangan sangatlah penting untuk diperhatikan.

Bukan tidak mungkin perusahaan tidak mampu bersaing bahkan bisa saja gulung tikar jika tidak dilaksanakan dengan baik. Contohnya di daerah Sukabumi, banyak sekali usaha baru yang bermunculan di bidang kuliner, yang hanya bertahan dalam jangka waktu sebentar dan kalah bersaing dengan pelaku usaha yang sudah lama di bidang tersebut.

Karena selain mengedepankan tempat yang asik untuk bersantai, beristirahat, atau menikmati hidangan, dari sisi estetik pun menjadi salah satu nilai plus dari konsumen yang tentunya sangat penting bagi perusahaan.

Maka dari itu, melalui manajemen keuangan kita bisa mengetahui kemampuan perusahaan dalam berpromosi. Tidak menutup kemungkinan, meskipun keberadaan kita terbilang baru dan banyak pesaing di bidang yang sama,  kita mampu bersaing bahkan lebih baik dari yang sudah ada.

Adapun fungsi dari manajemen keuangan;

1.Planning atau Perencanaan Keuangan, untuk mengetahui arus dan laba serta rugi yang didapat oleh perusahaan sehingga dapat memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan. 

2.Budgeting atau Anggaran Perencanaan, penerimaan dan pengalokasiaan semaksimal mungkin dan tepat sasaran untuk menghindari dana yang seharusnya tidak perlu di keluarkan ataupun dapat 

digunakan sebagai cara penekanan anggaran semaksimal mungkin. 

3.Controlling atau Pengendalian, bertujuan untuk mengevaluasi dan perbaikan jika di rasa terdapat kekurangan atas keuangan dan sistem keuangan perusahaan dalam proses menjalankannya.

4.Auditing atau Pemeriksaan Keuangan, harus betul – betul dilakukan dengan baik dan diawasi guna menjaga asset dan menghindari penyimpangan yang bisa saja terjadi. Hal ini sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan yang baru saja kita rintis.

5.Reporting atau Pelaporan Keuangan, merupakan informasi penting bagi perusahaan mengenai kondisi keuangan perusahaan serta menjadi bahan analisa rasio laporan keuangan.

Dari situlah keberhasilan usaha bisa dilihat, yaitu jika manajemen bisa dilakukan dengan baik dan tepat. Maka kita mampu mengembangkan usaha bahkan hingga memiliki berbagai cabang nantinya.

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Astra Financial, sebagai salah satu dari tujuh divisi bisnis yang ada dalam Grup Astra di bawah PT Astra International Tbk, kembali hadir untuk berbagi, seiring dengan meningkatnya...

SUKABUMIUPDATE.com - Kecelakaan lalu lintas terjadi di wilayah Lembursitu Kota Sukabumi, tepatnya di sekitar pertigaan Jeruk Nyelap. Seorang pengendara sepeda motor tewas di tempat akibat tertabrak mobil ambulans dari salah...

SUKABUMIUPDATE.com - Anak-anak banyak belajar dari lingkungannya. Seperti tanah liat, karakter mereka mudah dibentuk seseuai keinginan orang tua. Anda dapat memberinya ceramah tentang bagaimana menjadi orang yang baik. Tapi...

SUKABUMIUPDATE.com - Selain daunnya, buah kelor juga memiliki banyak khasiat yang tak kalah hebat. Buah yang sering disebut moringa ini berpotensi untuk mencegah berbagai penyakit. Jika daun dan bunganya...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya