Pemahaman Mengenai Fraud Dalam Laporan Keuangan

Kamis 16 Januari 2020, 02:15 WIB

Oleh : Selsa Khairunisa Fadiya Haya

(Mahasiswa Universitas Nusa Putra Program Studi Manajemen)

Perusahaan tanpa adanya laporan keuangan tidak akan stabil atau berjalan dengan baik bahkan bisa mencapai kegagalan pada suatu perusahaan. Laporan keuangan merupakan sebuah data keuangan yang dapat memberikan informasi mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan kepada pihak yang berkepentingan, baik internal maupun eksternal. 

Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan yang disajikan dalam berbagai cara seperti sebagai laporan arus kas, atau laporan arus dana, catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian dari laporan keuangan. 

Tujuan laporan keuangan menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 (2015:3) adalah memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan dan arus kas entitas yang bermanfaat bagi sebagian besar kalangan pengguna laporan dalam pembuatan keputusan ekonomi.

Fraud atau kecurangan adalah suatu tindakan yang dilakukan secara sengaja dengan tujuan pribadi yang mengakibatkan kerugian pada sebuah perusahaan. Pada sebagian perusahaan kecurangan dilakukan dengan Income Smoothing (penataan laba), Earning Management (Pengaturan laba), dan kecurangan melalui manipulasi data.

Adapun pengertian menurut Albrecht et al. (2012:6) pengertian Fraud (kecurangan) dalam bukunya Fraud Examination yaitu “Fraud is a genetic term, and embraces all the multifarious means which human ingenuity can devise, which are resorted to by one individual, to get an advantage over another by false representations”. Artinya “kecurangan adalah istilah umum, dan mencakup bermacam-macam arti dimana kecerdikan manusia dapat menjadi alat yang dipilih seseorang untuk mendapatkan keuntungan dari orang lain dengan representasi yang salah.”

Adapun dasar hukum untuk orang yang melakukan Fraud atau kecurangan yaitu pasal 378 KUP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) yang berisi untuk menjerat pelaku kecurangan.

Kecurangan dibagi dalam tiga kelompok sebagai berikut :

•Kecurangan Laporan Keuangan (Financial Statement Fraud). Kecurangan Laporan Keuangan dapat didefinisikan sebagai kecurangan yang dilakukan oleh manajemen dalam bentuk salah saji material Laporan Keuangan yang merugikan investor dan kreditor. Kecurangan ini dapat bersifat financial atau kecurangan non financial.

•Penyalahgunaan aset (Asset Misappropriation). Penyalahagunaan aset dapat digolongkan ke dalam ‘Kecurangan Kas’ dan ‘Kecurangan atas Persediaan dan Aset Lainnya, serta pengeluaran-pengeluaran biaya secara curang.

•Korupsi (Corruption). Korupsi dalam konteks pembahasan ini adalah korupsi menurut ACFE (Association of Certified Fraud Examiners). Korupsi Menurut ACFE, terbagi ke dalam pertentangan kepentingan (conflict of interest), suap (bribery), pemberian illegal (illegal gratuity), dan pemerasan (economic extortion).

Penyebab terjadinya Kecurangan:

1.Pengendalian intern yang dilakukan terlalu lemah sehingga tidak efektif atau tidak adanya pengendalian sama sekali.

2.Pegawai melihat peluang keberhasilan dalam melakukan kecurangan sangat tinggi.

3.Pegawai dipekerjakan tanpa memikirkan kejujuran dan integritas mereka.

4.Pegawai diatur, dieksploitasi dengan tidak baik, disalahgunakan atau ditempatkan dengan tekanan yang besar untuk mencapai sasaran dan tujuan keuangan yang mengarah tindakan kecurangan.

5.Model manajemen sendiri melakukan kecurangan, tidak efisien dan efektif serta tidak taat terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

6.Pegawai yang dipercaya memiliki masalah pribadi yang tidak dapat dipecahkan seperti masalah keuangan, kebutuhan kesehatan keluarga, dan gaya hidup yang berlebihan.

7.Industri atau perusahaan tempat bekerjanya, memiliki sejarah atau tradisi kecurangan.

Contohnya pada kasus Kecurangan yang terjadi di perusahaan otomotif yaitu praktik kartel dengan cara memonopoli harga skuter matik (skutik) 110-125cc antara Honda dan Yamaha, semakin kuat. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), mengaku sudah memiliki dua alat bukti yang kuat. Ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, terdapat dua indikasi Honda dan Yamaha melakukan praktik kecurangan. 

Pertama, bukti dokumen melalui surat elektronik, di mana kedua perusahaan melakukan komunikasi mengenai harga. “Mereka berkoordinasi, buktinya dokumen yang membuktikan email-emailan untuk koordinasi harga”, ujarnya Kamis (21/7/2016). 

Dalam email tersebut, Syarkawi meminta tim marketing Yamaha Indonesia untuk menyesuaikan harga jual Yamaha dengan kenaikan harga Honda. “Yang paling ganjil dan menjadi temuan baru KPPU, yakni profit mereka yang terus bertambah, padahal penjualan motor mereka mengalami penurunan,” ujarnya.

Bukti lain, berupa angka biaya produksi yang mereka (Honda-Yamaha) keluarkan untuk tiap produksi satu unit skutik. “Kami tidak main-main, karena libatkan keterangan ahli untuk itu (analisa ekonomi),” ujarnya. Selain itu, keterangan saksi dan hasil penyelidikan para ahli yang memperkuat indikasi persekongkolan di industri otomotif tersebut. 

Menurutnya, keterangan saksi dan para ahli tersebut. dinyatakan cukup kuat untuk membawa perkara ke proses persidangan. “Kita akan buktikan di proses persidangan nanti,” tuturnya. 

Penyelidikan adanya dugaan praktik kartel ini, berawal dari begitu dominannya kedua perusahaan di pasar domestik. “Karena, komoditi paling banyak diminati masyarakat. Penguasaan pasar di skutik tersebut perusahaan besar, kita monitor terus perilakunya,” katanya. Sumber: http://nasional.kini.co.id/2016/07/21/16282/kartel-honda-yamaha-adaemail-soal-koordinasi-harga-skutik

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menghindari terjadinya Fraud atau kecurangan maka perusahaan harus melakukan pengendalian Internal dengan efektif. Keefektifan pengendalian internal ini berperan sangat penting untuk meminimalisir terjadinya Fraud atau kecurangan di dalam perusahaan. 

Adapun dengan memberikan training keuangan, menjalin komunikasi yang baik tanpa terlalu menekan, memberikan reward bagi yang melaporkan tindakan fraud atau kecurangan, dan perusahaan harus menentukan hukuman yang akan diterima apabila ada yang melakukan fraud atau kecurangan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)