Menu

07 Nov 2019, 15:00 WIB

Penanaman Nilai Moral melalui Parenting Mendongeng di Sukabumi

| Sumber Foto:Istimewa.

Oleh: Suci Sundusiah

(Ketua Komunitas Mendongeng Lebah Madu)

Permasalahan pendidikan anak di Kecamatan Caringin berdasarkan wawancara dengan beberapa guru TK memerlukan perhatian yang serius. Hal tersebut dapat dilihat dari dampak kemajuan teknologi, seperti mudahnya mengakses segala informasi melalui gawai. Kemajuan ini juga berdampak ke daerah pedesaan, yakni adanya pergeseran tradisi dari masyarakat sederhana dan religius ke arah masyarakat konsumtif dan hedonis.

Sikap yang seharusnya dilakukan untuk mengimbangi kemajuan teknologi adalah kemampuan literasi, baik itu literasi teknologi, literasi media dan literasi informasi. Literasi informasi ini dapat diwujudkan dalam bentuk mendongeng. Menurut Sulistyorini (2009), mendongeng merupakan media yang efektif dalam penanaman nilai moral dan estetika kepada anak. Demi terwujudnya tujuan tersebut, kegiatan mendongeng ini pun memerlukan kolaborasi antara guru dan orang tua/wali TK/ RA.

Pelatihan merupakan wadah yang tepat untuk memberikan kesempatan guru dan orang tua/wali untuk berkolaborasi. Oleh karena itu kami menyelanggarakan kegiatan Parenting Mendongeng di TK Alam Lebah Madu dan TK Al-Hikmah, Kec. Caringin, Kab. Sukabumi. Kegiatan ini dilakukan oleh tim yang terdiri atas saya sendiri, Dr. Suci Sundusiah, M.Pd., Ibu Dr. Yulianeta, M.Pd., Ibu Halimah, M.Pd, dan Ibu Yostiani Noor A. H.. Selain itu pengabdian ini dibantu oleh tiga mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI, Sri Ulina Br Sembiring, Nafidza Nur Shabrina, dan Nanda Tania Permatasari.

Menurut saya, kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk membina dan menumbuhkan potensi positif para guru dan orang tua/wali TK/RA di Kec. Caringin, Kab. Sukabumi. Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian dari dua kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Bidang Ilmu Universitas Pendidikan Indonesia.

Kegiatan pertama bertema “Pentingnya Mendongeng dan Teknik Membacakan Buku untuk Anak” (03/08/19). Pada kesempatan ini, Ibu Dr. Yulianeta, M.Pd. selaku pemateri  berkesempatan mempraktikkan cara mendongeng yang baik untuk anak. Peserta yang terlibat dalam acara ini sekitar 50 orang yang terdiri atas guru, dan orang tua/ wali siswa TK Alam Lebah Madu. Orang tua/ wali siswa tampak antusias menyimak pematerian dan turut mempraktikkan cara mendongeng untuk anak. Kegiatan kedua bertema “Mendongeng dengan Media Peraga” (13/09/19).

Pematerian kedua disampaikan oleh saya dengan dihadiri sekitar 50 orang yang terdiri atas guru, dan orang tua/ wali siswa TK Al-Hikmah.

Jadi kegiatan parenting mendongeng ini bermanfaat untuk penanaman nilai moral dan estetika pada anak. Manfaat tersebut dapat diperoleh apabila guru dan orang tua/wali mempraktikkan cara mendongeng yang baik dan benar untuk anak secara berulang.

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Tim Sukabumi FC (Football Club) U-18 pernah mengukir prestasi gemilang tahun 2012 silam, jadi juara turnamen Suratin Jawa Barat. Delapan tahun berlalu, kini skuad Sukabumi FC...

SUKABUMIUPDATE.com - Vihara Nam Hai Kwam Se Im Pu Sa melakukan persiapan menjelang perayaan Imlek tahun 2020. Nampak vihara yang biasa disebut Vihara Dewi Kwan Im di Kampung Citaringul, Desa Sangrawayang,...

SUKABUMIUPDATE.com - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya memberikan layanan terbaik dan apresiasi bagi pelanggan. Mewujudkan itu, PT. Telkom Regional Jawa Barat...

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah milik warga Kampung Bojonggenteng RT 06/02, Desa Bojonggenteng, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi disegel bank Koperasi Simpan Pinjam Dian Mandiri (Diman). Penyegelan dilakukan sejak Selasa 7 Januari...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya