Menu

Sabtu, 17 Agustus 2019, 11:23 WIB

Harusnya Libur Nasional, Karyawan PT. Clariant Adsorbents Indonesia di Sukabumi Tetap Kerja

| Sumber Foto:

Oleh: Yusuf Hidayat

Tepat tanggal 17 Agustus 2019 - Hari Libur Nasional Kemerdekaan Republik Indonesia. Disaat hampir seluruh bagian di tanah air merayakan peringatan Hari Besar Nasional Kemerdekaan dengan kegiatan upacara kenaikan bendera, pembacaan teks proklamasi serta bentuk kegiatan lainnya dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Lain hal dengan para karyawan PT. Clariant Adsorbents Indonesia yang berlokasi di Desa Neglasari Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi, yang seakan-akan masih terjajah (Baca: Belum Merdeka) dengan keharusannya tetap masuk kerja pada hari libur nasional kemerdekaan.

Sesuai dengan lembar PEMBERITAHUAN No.11/PB/CAI/VIII/2019 yang ditandatangani pada tanggal 15 Agustus 2019 Oleh Bapak Fri H. Simangunsong dan Bapak E. Sunaryana yang dipampang dikaca pos Scurity, tertulis bahwa Para karyawan PT. Clariant Adsorbents Indonesia khusus pada tanggal 17 Agustus 2019 ini yang menurut jadwal masuk shift-I mulai bekerja jam 09.00 s.d 20.00 WIB dan yang menurut jadwal masuk shift-III mulai bekerja jam 20.00 s.d 07.00 WIB, sedangkan untuk bagian Security tetap bekerja sebagaimana hari biasa dan pada hari besoknya 18 Agustus 2019 pabrik beroprasi normal kembali dengan 3 Shift. 

Sehingga tepat bersamaan sedang melaksanakan upacara kenaikan bendera dan pembacaan teks proklamasi sebagai bentuk penghormatan peringatan hari kemerdekaan. PT. Clariant Adsorbents Indonesia malah aktif memperkerjakan karyawannya.

Saat kami konfirmasi pada perwakilan pimpinan perusahaan yang ada, untuk mempertanyakan "alasan mengapa perusahaan ini tetap beroprasi tepat pada hari libur nasional kemerdekaan Indonesia", "jawabannya bahwa dirinya tidak berhak menjawab". Kemudian kami coba kembali menanyakan, "apakah masuknya kerja hari ini berdasarkan kesepakatan antara karyawan dengan perusahaan atau hanya perusahaan memutuskan sepihak", lagi-lagi tidak mendapatkan jawaban yang diharapkan, malah mengatakan "apapun yang ditanyakan pada saya, saya tidak akan menjawab karena bukan kapasitasnya". Namun sayangnya pada saat itu, pimpinan perusahaan tidak sedang berada dilokasi, sehingga kami tidak dapat mengkonfirmasinya secara langsung. Padahal banyak sekali informasi yang ingin kami gali.

Menurut informasi dari masyarakat sekitar, perusahaan PT. CAI ini memang sudah biasa beroprasi meskipun pada Hari Libur Keagamaan atau Hari Libur Nasional, seperti misalnya Hari Raya Idul Adha kemarin ungkapnya. Kata masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya.

Serta kami juga dapat informasi bahwa pihak muspika Lengkong sudah merencanakan akan mendatangi perusahaan untuk menyikapi hal ini. Namun sampai saat berita ini ditulis, pihak muspika belum datang ke perusahaan PT. Clariant Adsorbents Indonesia. Sehingga belum kami dapatkan informasi tentang bagaimana pernyataan sikap dari muspika kecamatan lengkong terkait hal ini.

Hingga sampai berita ini selesai dibuat, kami belum juga mendapatkan informasi penuh mengenai atas dalih apa perusahaan ini tetap beroprasi pada hari libur nasional kemerdekaan, apakah upah karyawannya yang kerja hari ini sesuai dengan aturan, apakah keputusan masuk kerja ini berdasarkan kesepakatan perusahaan dan karyawan, serta apakah pemerintah mengetahui dan mengijinkan bahwa PT. CAI ini tetap beroprasi bersamaan hari kemerdekaan, seperti Dinas Ketenaga Kerjaan salah satunya. Semua pertanyaan ini belum kami dapatkan informasi. - Pungkasnya (YH)

| yusufhidayat10111993@gmail.com |

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, diprotes masyarakat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Cidadap (FKMC), Kamis (21/11/2019). FKMC menuntut hasil Pilkades Desa Cidadap...

SUKABUMIUPDATE.com - Manajemen jadi salah satu Prodi (program studi) yang paling diminati calon mahasiswa. Alasan utamanya karena prospek kerja lulusan manajemen sangat luas. Hampir semua perusahaan atau organisasi, baik...

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa dan masyarakat menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan dengan melakukan aksi demo di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi, Kamis (21/11/2019). Organisasi PB HIMASI dan Forum Rakyat Miskin...

SUKABUMIUPDATE.com - BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi mengakui memiliki tunggakan puluhan miliar ke belasan rumah sakit yang bekerjasama. Tercatat ada sekitar 17 rumah sakit di Kota dan Kabupaten Sukabumi serta...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya