Menu

Rabu, 10 Juli 2019, 11:26 WIB

Selamat HUT Bhayangkara, Apa Kabar Pasar Pelita?

Aksi PMII Kota Sukabumi. | Sumber Foto:

Oleh: Isep Ucu Agustina - Ketua Umum PC PMII Kota Sukabumi

Kita patut berbahagia, Korps Bhayangkara tengah merayakan hari jadinya yang ke-73. Di kota kita tercinta, rangkaian demi rangkaian seremoni turut menyemarakan ingar-bingar kemeriahan HUT Bhayangkara.

Secara kasat mata, kita bisa melihat bagaimana para pelindung dan pengayom kita menunjukan bahwa mereka masih punya daya dan kuasa untuk menegakan hukum dengan sebenar-benarnya. Sampai detik sekarang.

Namun kesampingkan dulu euforia. Kalau kita boleh bersuara, bagaimana kabarnya penegakan hukum di Kota Sukabumi, kota kita tercinta. Jangan lupa, kita masih punya satu catatan merah. Apalagi kalau bukan soal Pasar Pelita. Pasar ikonik penuh konflik yang menjadi wajah Kota Sukabumi sejak lama.

Kita masih ingat bagaimana jatuh bangun sejarah yang mewarnai perjalanan Pasar Pelita dalam pembangunan. Kita ingat bagaimana pedagang kecil jadi korban sampai berujung di meja pengadilan. Kita ingat bagaimana persoalan ini bikin kita heran.

Yang paling baru, atas nama pembangunan, pedagang dipaksa menghuni sebuah tempat bernama Soedirman Market dengan jaminan keramaian. Alih-alih memindahkan pusat keramaian, yang ada tempat baru sepi seperti kuburan.

Apa pemerintahnya hobi gusur-gusuran? Atau karena minim kajian? Maunya asal ada anggaran? Atau bahkan ada permainan? Akankah terungkap kebenaran? Entahlah, jawabannya kapan-kapan.

Kami gelisah, wahai nyonya dan tuan. Kalau bukan kalian, siapa lagi yang bisa kami percaya dalam menegakan keadilan? Dengar kami dan mereka yang punya jeritan. Ketika kami turun ke jalan, percayalah itu bukan sekedar jalan-jalan. 

Baik pemerintah, kepolisian dan kejaksaan mestinya masing-masing ambil peran. Bukan peran lawakan atau dagelan, apalagi kemunafikan. Jangan asal-asalan bikin kebijakan. Gunakan kuasa kalian dengan penuh kebijaksanaan.

Kami takkan sungkan untuk selalu mengingatkan. Kau, aku, kalian dan mereka adalah kawan. Sama-sama kita punya kewajiban. Agar Kota Sukabumi yang nyaman bisa kita wujudkan.

Sukabumi, 10 Juli 2019

| Isepagustina123@gmail.com |

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

Oleh: Intan Mistriyanti - Kopri PMII Kota Sukabumi PATRIARKI adalah suatu sistem dimana laki-laki lebih diutamakan dari perempuan. Masyarakat patriarkal menempatkan laki-laki sebagai superior dan perempuan sebagai subordinasi sehingga tempat dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemilu Serentak tahun 2019 sudah selesai sekitar dua bulan yang lalu. Banyak cerita yang menghiasi perhelatan akbar demokrasi tersebut, salah satunya adalah banyaknya petugas KPPS yang meninggal...

SUKABUMIUPDATE.com - Sampah juga menjadi persoalan serius di Kota Sukabumi. Banyak lokasi yang dijadikan tempat sampah liar oleh warga karena kurangnya keberadaan tempat penampungan sementara (TPS). Salah satu yang mudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Upacara puncak perayaan HUT Bhayangkara ke 73 tingkat Kota Sukabumi di lapangan merdeka, Rabu (10/7/2019) diwarnai kisah dramatis sosok polisi melawan keganasan geng motor. Minggu dini hari...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya